Mascot BF Depok budidayakan murai batu asal Bahorok dan Pasaman

Mascot Bird Farm (BF) termasuk salah satu penangkaran murai batu terbesar di Kota Depok. Pada awal tahun ini, Om Kurnia WS selaku pemilik membangun 22 petak kandang baru, sehingga jumlah kandang indukan saat ini ada 122 petak.

Pembangunan kandang baru dibarengi dengan penambahan materi indukan. “Sebagian indukan adalah eks jawara. Adapun jenis murainya beragam. Ada yang berasal dari kawasan Leuser, dan kini bertambah lagi dengan materi induk dari Bahorok dan Pasaman,” kata Om Basuki yang dipercaya mengelola Mascot BF.

Breeding murai batu Mascot BF Depok
Om Basuki (kanan): Mascot BF bangun 22 petak kandang baru.

Dengan demikian, pembeli bebas memilih murai batu sesuai dengan selera, atau berdasarkan wilayah asal induknya. Setiap bulan, Mascot BF bisa memanen sekitar 60 ekor anakan. Ini hanya berasal dari 100 petak kandang yang sudah ada sebelumnya, belum termasuk produksi dari 22 petak kandang baru.

Om Kurnia selama ini dikenal sebagai kicaumania lawas spesialis murai batu. Banyak murai andalannya yang berprestasi di lapangan. Salah satunya adalah Smash yang masih eksis sampai saat ini. Dalam even Kebumen Bird Champion di Cibubur, 24 Januari lalu, Smash tampil sebagai juara pertama.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu Smash
Smash, murai batu andalan Mascot BF di lapangan.

Om Basuki yang sehari-hari bertanggung jawab di Mascot BF menjelaskan, kandang penangkaran terbagi dalam dua kavling, masing-masing di di lantai bawah dan lantai dua.

Setiap petak kandang berukuran panjang 3 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3,6. Di dalamnya terdapat pepohonan yang menyerupai taman kecil, bak air yang selalu terjaga kebersihannya, dan kotak sarang dari bahan tripleks yang ditempatkan di pojok atas kandang.

Untuk meredam panas, sebagian lantai kandang diplester dan dilapisi pasir. Selain itu, terdapat paralon air di bagian atas kandang yang berfungsi menyemprotkan air ke seluruh bagian kandang jika suasana sangat panas.

Breeding murai batu Mascot BF Depok
Anakan murai umur sekitar 5 hari dipanen.

Pakan untuk indukan terdiri atas voer, cacing, dan jangkrik. Jangkrik disediakan dalam bak plastik dalam jumlah tak terbatas. Burung bisa memilih sendiri dan makan sekenyangnya. Karena kebutuhan jangkrik lumayan tinggi, Mascot BF juga beternak serangga tersebut.

Anakan murai batu dipanen dari kandang pada umur 5 hari lebih, ditempatkan dalam boks khusus yang dilengkapi lampu penghangat. Pakan untuk anakan murai berupa jangkrik halus, diselingi adonan voer dan kroto bersih.

Perawatan anakan murai batu
Perawatan anakan murai batu.

Memasuki umur 2 minggu, anakan dipasangi ring dengan kode Mascot. Setelah berumur 2 bulan, atau sudah bisa makan sendiri, trotolan murai batu sudah siap dipasarkan dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp  5 juta per ekor.

Anakan murai batu bahorok
Anakan murai batu bahorok.
Anakan murai atu pasaman.
Anakan murai batu pasaman.
Anakan murai batu leuser
Anakan murai batu leuser.

Selain beternak murai batu, Mascot BF juga sukses menangkar kacer. Sudah puluhan ekor kacer dengan ring Mascot yang moncer di lapangan, termasuk anakan-anakan kacer Dewa Langit yang tiga tahun lalu kerap menjuarai even di Jabodetabek. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.