Tips Om Brian BMBS Jogja orbitkan cucak hijau Marvell

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Untuk urusan cucak hijau, Om Brian dan keluarga H Kirno yang tinggal di Barek, Jalan Kaliurang Jogja, memang jagonya. Sudah banyak cucak hijau orbitannya yang menjuarai lomba serta mengharumkan nama BMBS Jogja.

Salah satu cucak hijau orbitan Om Brian BMBS Jogja adalah Marvell. Burung ini turun tiga kali dalam even Lawu Award / Launching BnR Karanganyar, Minggu (31/1) lalu, dan selalu masuk tiga besar.

Ya, dalam lomba yang berlangsung meriah itu, cucak hijau Marvell sukses  menjuarai Kelas Pendekar Lawu, serta juara 2 Kelas Lawu Jaya dan juara 3 Kelas BnR Lawu Jaya. Marvell bersaing ketat dengan cucak hijau Bledek andalan H Jayen (SKBC Kudus) yang meraih double winner.

Marvell sebenarnya sudah lama di tangan Om Brian. Burung ini didapatkannya dalam even latberan di Tlogorejo, Jogja, beberapa waktu lalu. “Terus terang, mengenai perawatan cucak hijau, Bapak (H Kirno) memang paling telaten. Hasilnya pun selalu nyata,” tutur Om Brian.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Om Brian BMBS dan cucak hijau Marvell
Om Brian BMBS bersama cucak hijau Marvell.

Om Kicau lantas berbincang-bincang dengan H Kirno yang sejak dulu dikenal spesialis mengorbitkan cucak hijau ke level jawara. Menurut dia, cucak hijau itu mesti diperlakukan seperti priyayi. Lho, kok begitu?

“Secara umum, cucak hijau memang seperti priyayi. Jadi, tidak bisa disamaratakan dengan beberapa jenis -burung lainnya. Disendirikan lebih baik. Kalau terpaksa harus bareng burung lain, misalnya saat dijemur, maka posisinya gantangannya harus lebih tinggi daripada burung lainnya,” jelas H Kirno.

Dua tips mendasar dari H Kirno ini bisa dijadikan referensi bagi kalangan ijomania lainnya yang ingin mengorbitkan jagoannya.

Bagaimana dengan asupan pakannya? Om Brian BMBS menambahkan, awalnya dia menerapkan trial and error, alias proses coba-coba selama beberapa waktu. Porsi extra fooding (EF) antara cucak hijau yang satu dan cucak hijau lainnya tidak selalu sama.

“Untuk Marvell, saya berikan empat ekor jangkrik pada pagi hari, lalu empat ekor lagi pada sore hari. Penjemuran dilakukan sampai jam sepuluh pagi,” tuturnya,

Untuk EF buah-buahan, dia biasa memberikan pisang dan pepaya, tapi diselang-seling tiap hari. Nah, kalau mau istirahat, burung disimpan dalam ruang sendirian, tidak boleh ada burung lainnya. Hal ini merupakan kunci setelan dan perawatan yang paling tepat untuk Marvell.

Dengan perawatan seperti itulah, cucak hijau Marvell terus berprestasi di lapangan. Selain moncer di Lawu Award, Marvel juga berprestasi dalam Anniversary Mercu Buana Jogja (juara 3, 6), DPRD Cup Salatiga (juara 3, 5), Wharehouse BnR Jogja (juara 3, 5), Dan Dodiklatpur Cup Klaten (juara 1, 5), dan Suara Hati Mulya Klaten (juara 3).

Bagi sobat kicaumania yang ingin sharing mengenai perawatan cucak hijau, silakan kontak Om Brian BMBS di nomor 0857 2943 3300 / Pin BB  2BOFD74B. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.