Breeding murai batu: NSM BF tambah materi indukan dari SWD

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Memasuki tahun kedua, penangkaran murai batu Niki Sae Mas Bird Farm (NSM BF) Bogor milik H Kuwadi terus berbenah. Untuk memperbarui materi indukannya, NSM BF terus berburu calon materi indukan dari trah juara, sekaligus untuk menghasilkan produk-produk unggulan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Seperti biasanya, Om Kuwadi acapkali menambah materi indukan baru dari SWD BF Klaten, breeder murai batu berkualitas milik H Suwadi. Om Suwadi juga dikenal sebagai pemain papan atas di Blok Tengah.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Om Kuwadi (kiri) bersama Om Suwadi.

NSM BF memang kerap melakukan jebol kandang terhadap pasangan induk SWD. Materi induk SWD yang baru saja masuk ke kandang ternak NSM antara lain Bintang Medan, Blorok, dan Raja Ngeplay.

Ketiganya sekarang menjadi kandang favorit, karena peminatnya harus antre, bahkan indent terlebih dulu. Padahal harga anakan murai batu dari ketiga kandang ini dibanderol cukup mahal, yakni Rp 7,5 juta / ekor.

Selain ketiga materi induk tersebut, NSM BF juga mendatangkan Kenzin, Lyon, Ontoseno, dan Cobra. Semuanya pernah menjadi materi unggulan SWD BF Klaten, namun sekarang sudah pindah kandang ke markas NSM di kawasan Ciawi, Bogor.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Murai batu Ontoseno dan pasangannya kini di kandang ternak NSM BF Bogor.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

“Semuanya sudah diangkut ke Bogor, dan hampir semanya sudah produksi,” jelas Om Suwadi, yang mengantar langsung beberapa induk murai batu dari Klaten ke Bogor.

Ketujuh materi indukan baru ini makin melengkapi koleksi induk trah juara yang ada di NSM, seperti Jalu, Casper, Bima, Monster, Setan Banteng, dan Tyson. Selain sebagian menggunakan produk SWD, Om Kuwadi juga menggunakan materi dari Maestro BF (Jogja).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Anakan MB Bintang Medan sudah dipesan pelanggan.

Jawara-jawara yang baru tersebut kini sudah menemukan betina pasangannya dan sudah jodoh, siap produksi. NSM BF memiliki 100 petak kandang lebih yang dibangun di atas lahan seluas 800 m2 di Ciawi, Bogor.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Penjemuran anakan-anakan murai batu.

Harga trotolan murai batu yang dipasarkannya memang bervariasi. Sebab ada juga yang dibanderol seharga Rp 2,5 juta, tergantung kualitas induknya.

Setiap bulan, NSM bisa memanen sedikitntya 30 ekor anakan murai batu. Produk baru dijual apabila sudah berumur 1,5 – 2 bulan, atau sudah bisa makan sendiri. Pembeli bebas memilih produk sesuai dengan seleranya. (d’one)

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Om Kuwadi sedang merawat anakan murai batu.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.