Jalak mawar, burung pendatang yang bersuara mirip kaset kusut

Cari Artikel Berdasar Kategori

PERHATIAN: Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendownload file MP3 dari blog ini, mohon disampaikan pada artikel apa file MP3 yang tidak bisa di-download tersebut. Terima kasih.

Dari berbagai jenis burung jalak yang tersebar di Indonesia, jalak mawar atau rosy starling merupakan pendatang yang tercatat sebagai jenis baru di kawasan Indonesia. Sebagian kicaumania menyebutnya sebagai jalak papua atau si kaset kusut, lantaran suaranya yang ramai mirip kaset kusut.

Jalak mawar dengan jambulnya yang khas
Burung jalak mawar memiliki jambul yang khas.

Jalak mawar atau dikenal juga dengan nama rose-coloured starling (Pastor roseus) adalah jenis burung jalak dengan ukuran sedang (panjang 19-22 cm). Tubuhnya berwarna merah muda. Adapun jambul, kepala, leher, sayap, tunggir, dan ekornya hitam. Paruhnya pendek berwarna merah muda, dan berubah jadi kecokelatan pada musim dingin.

Penampilan burung jantan dan betina memiliki kemiripan. Namun kita masih bisa membedakannya dari warna bulu. Jalak mawar betina memiliki bulu dengan warna cenderung lebih pucat dan jambul lebih pendek.

Burung remaja tidak berjambul, dengan tubuh bagian atas cokelat. Sayap dan ekornya pucat gelap. Tubuh bagian bawah cokelat muda, dengan warna paruh kuning.

Jalak mawar jantan (kiri) dengan betina yang warnanya sedikit lebih pucat
Jalak mawar jantan (kiri). Burung betina (kanan) memiliki warna sedikit lebih pucat.

Jalak mawar memiliki pembawaan yang lebih tenang ketimbang kerabatnya, jalak biasa. Pembawaan yang tenang dan cepat beradaptasi membuat burung ini tidak mudah panik dan grabagan, apalagi jika dipelihara sejak bakalan / muda hutan.

Sejatinya jalak mawar merupakan burung migran. Wilayah persebarannya meliputi kawasan Ukraina, wilayah utara Tiongkok, Turki, dan Iran. Di luar musim kawin, spesies ini bermigrasi hingga ke India, Sri Lanka, hingga Indonesia. Di negeri kita, burung ini pernah singgah di Bandung, Jogja, dan Bali.

Saat musim kawin, jalak mawar kerap mendiami kawasan padang rumput yang banyak dihuni serangga, terutama belalang dan jangkrik. Tidak jauh dari sumber pakannya, pasangan burung ini akan bersarang dalam celah / lubang pohon atau lubang pada bangunan buatan manusia.

Musim dingin bermigrasi hingga ke wilayah Indonesia
Musim dingin bermigrasi hingga ke wilayah Indonesia

Ketika bermigrasi, spesies ini kerap ditemukan di padang rumput dan lahan pertanian terbuka untuk mendapatkan pakan berupa serangga dan buah-buahan. Mereka kerap terlihat dalam kelompok besar bersama jenis jalak lainnya.

Di beberapa tempat di Jawa, spesies ini sering ditemukan bersama dengan kelompok jalak china dan jalak kerbau di kawasan perkotaan yang masih banyak terdapat pepohonan besar.

Suara kicauan jalak mawar cenderung ramai, dengan lagu-lagu yang oleh sebagian kicaumania disebut sebagai suara kaset kusut. Saking ramainya, suaranya bisa memancing burung peliharaan lain untuk segera bunyi.

Namun, tidak seperti burung jalak kerbau atau jalak suren, jalak mawar tidak begitu pandai dalam menirukan suara atau mimikri. Berikut ini beberapa suara kicauan burung jalak mawar:

  • Suara kicauan jalak mawar – versi 1 
  • Suara kicauan jalak mawar – versi 2 

Unduh suara kicauan jalak mawar di sini

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).
loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.