Latber RE Pasar Muci: Kenari Hyuga kembali ke jalur juara

Lama absen, kenari Hyuga andalan Bang Ai (Perum) kembali menyita perhatian para juri dan peserta lainnya dalam Latber Rasyid Enterprise (RE) di Pasar Modern Mutiara Karawaci (Musi) Tangerang, Sabtu (27/2).

Latber RE Pasar Muci Tangerang
Suasana Latber RE di Pasar Muci Tangerang, Sabtu (27/2).

Turun dua kali, gaco lawas yang dulu kerap menjuarai even ini langsung menyodok ke posisi teratas. Kenari Hyuga sukses memenangi Kelas RE, mengalahkan kenari Amazamiru andalan Om Anton (ARM Tangerang) dan Pandora milik Om Dendy (RYS).

Kenari Hyuga bahkan nyaris meraih double winner. Namun Amazamiru mampu melakukan revans di Kelas B dan memaksa Hyuga di posisi kedua.

Bang Ai dan kenari Hyuga
Bang Ai kembali eksis bersama kenari Hyuga.

Panitia yang dikomandani Om Kuncoro SH, dengan penasihat Om Eko Cikande, membuka lima kelas pleci, dua di antaranya pleci ngeriwik. Seperti biasa, kelas pleci selalu full gantangan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ki Dalang milik Om Wawan 2000 (Kol Cur Bit) menjuarai Kelas Ngeriwik A, mengunguli Krisna koleksi Om Rakam (Cibodas) yang harus puas di posisi kedua. Juara 3 pleci Marmud milik Om Bambang, juga dari Kol Cur Bit.

Pleci Krisna sukses menjuarai Kelas Ngeriwik B, mengalahkan Junior Jr koleksi Om Tahnian (G2K PAP) dan Rikuda milik Om Ican dari KPMV. Dalam latpres pekan lalu, Junior Jr tampil sebagai juara 1.

Penampilan Dolpino di kelas bergengsi Pleci Bebas A sangat memukau. Jagoan Om Dadang (Boncau Tangerang) ini mengeluarkan suara lantangnya, sambil buka paruh lebar-lebar. Juri pun memilihnya sebagai juara 1, diikuti Pelda milik Bang Inen, juga dari Boncau. Bunglon andalan Om Kubil (Komplet) harus puas di posisi ketiga.

Namun Bunglon sukses menjuarai Kelas B, mengalahkan Pelda dan Ferari, keduanya milik  Bang Inen. Kelas C didominasi gaco-gaco orbitan Sondong (Perum 1), yang meraih juara 1 dan 2 lewat pleci Kecil dan Paijan. Juara ketiga diraih Popeye milik Dens Abun (Kp Peusar Team).

Latber RE Pasar Muci - juara kelas pleci
Para pemenang di kelas pleci.

Ciblek Sniper andalan HOB United Tangerang / KCT Team nyaris double winner. Di Kelas A, burung ini meraih juara 1, mengalahkan ciblek Djibril kepunyaan OM Marwan, juga dari KCT Team.

Sayangnya, Sniper harus puas di urutan kedua Kelas B. Sesi ini dimenangi ciblek Rambo milik Om Eka M (Mutiara Curug). Jaka Gledhek, gaco lain milik HOB United, nangkring di posisi ketiga.

HOB United
HOB United bersama KCT Tangerang.

Tiga kelas lovebird dimenangi burung yang berbeda. Lovebird Sarkem koleksi Camoexs Rusdi (Sinden BF) terbaik di Kelas RE, unggul atas Frozen milik Om Wawan S (Karawaci) dan Manis milik Om Narto (LBMT).

Kelas RE full (60) gantangan. Bahkan sebagian besar peserta mampu mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang-panjang dan rajin bunyi. Dalam persaingan sengit inilah, Sarkem menunjukkan kualitas terbaiknya.

Om Camoexs Rusdi
Om Camoexs Rusdi: Lovebird Sarkem juara 1 Kelas RE.

Kelas B dimenangi lovebird Buluk. Gaco milik Om Agus Koplak (Benteng BC) ini mengalahkan lovebird Jelita besutan Om Ruri Boster (BMC Bitung BC) dan Frozen.

Sesi kedua ini benar-benar berjalan tertib, sama sekali tanpa teriakan peserta dan penonton. Tim juri pun bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.

Benteng BC
Benteng BC berjaya di kelas lovebird

Lovebird Ceklis andalan Kapten Ireng (Citra Raya) terbaik di Kelas C. Juara kedua diraih Madona milik Om Ahmad (Cikoneng), disusul Jelita di posisi ketiga.

Kelas murai batu yang sebelumnya mengalami penurunan jumlah peserta, dalam latber kali ini dapat meningkat kembali. Tercatat ada 32 jagoan yang turun di Kelas RE.

Om Mamas (Perum) menurunkan murai batu Black dan sukses meraih juara satu. Urutan berikutnya MB Mbah Dukun orbitan Om Dono (Perum 2) dan Bruno kepunyaan Om Revly (Harkit).

Kelas B dijuarai murai batu Bontot. Burung orbitan Om Arie Jambul (Binong Team) ini memaksa Bos Irama andalan Om Ari Poteh (Tangerang) bertengger di posisi kedua.

Cucak ijo Bull Dog dan Gempur harus berbagi gelar. Bull Dog, gaco andalan Om Bambang Arema (Jati BC) terbaik di Kelas RE. Cucak hijau Bromo orbitan Om Eka M (Mutiara Curug) meraih juara kedua.

Cucak ijo Bull Dog milik Om Bambang Arema
Cucak ijo Bull Dog milik Om Bambang Arema juara 1 Kelas B.

Kelas B dijuarai cucak hijau Gempur milik Om Rus Bayu (Asia Paper BC), setelah menaklukkan Bromo dan Semper andalan Om Slo (Jatake).

Kelas kacer juga dimenangi burung berbeda. Raden Gedhek milik Om Nano (Bencongan SF) terbaik di Kelas RE, sedangkan Soneta andalan Om Cahyo (Perum) memenangi Kelas B.

Meski tak kebagian gelar juara 1, penampilan kacer Carok 77 juga mengesankan. Debutan baru milik Om Ipan (Perum) ini dua kali menempati posisi runner-up, menandakan kestabilan prestasinya.

Om Ipan dan kacer Carok 77
Om Ipan orbitkan kacer Carok 77, nyeri juara 2.

Secara keseluruhan, Latber RE Pasar Muci yang diampu juri-juri independen JBC ini berlangsung sukses, lancar, dan tertib, serta diikuti sekitar 600 peserta. Rasyid Enterprise rutin mengadakan latber setiap Selasa dan Sabtu di tempat yang sama mulai pukul 13.00. (*)

Panitia RE Pasar Muci
Panitia RE dan tim juri siap sajikan yang terbaik.

Hasil Latber Rasyid Enterprise Tangerang (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.