Suara kicauan burung rio-rio (jalak tunggir-merah) untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagian besar kicaumania lebih hafal nama aliasnya ketimbang nama aslinya. Ya, itulah burung jalak tunggir-merah / grosbeak starling (Scissirostrum dubium), yang lebih popular disebut burung rio-rio atau jalak rio. Nama jalak tunggir-merah ini merujuk pada bulu pada pangkal ekornya yang berwarna kemerahan. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jalak tunggir merah (Grosbeak starling) atau rio-rio
Jalak tunggir-merah / grosbeak starling atau burung rio-rio.

Tidak sedikit kicaumania yang sengaja mencari burung rio-rio untuk dijadikan masteran bagi burung kesayangan mereka, terutama murai batu.

Rio-rio merupakan burung endemik Sulawesi. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, keberadaannya pernah ditemukan dalam kelompok kecil di kawasan Gunung Dubbs (Balikpapan) dan Panaruban (Subang).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Penemuan ini sempat memunculkan pertanyaan, karena selama ini spesies ini dianggap tidak memiliki kemampuan bermigrasi. Kemungkinan terbesar, itu merupakan burung piaraan yang terlepas dan terbang di alam liar.

Suara burung rio-rio atau jalak rio kerap dimanfaatkan sebagai masteran. Saat berkicau, burung ini memiliki gaya yang unik, yaitu mengangkat kepala sambil geleng-geleng kiri-kanan dengan mengangkat ekor dan menggetarkan sayapnya.

Perawatan jalak rio terbilang mudah, apalagi spesies ini dikenal cepat beradaptasi. Untuk membuatnya rajin bunyi, Anda perlu menyediakan buah-buahan yang menjadi favoritnya seperti pisang atau pepaya. Selain itu, pastikan juga bahwa burung yang dipelihara berjenis kelamin jantan.

Adapun tips perawatan lebih lengkap serta bagaimana cara membedakan jenis kelaminnya, silakan buka lagi tulisan berikut ini:

Perawatan burung rio-rio untuk masteran murai batu

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suara kicauan jalak rio terdengar nyaring dan tajam. Besetannya mirip burung cililin. Burung ini juga mempunyai kemampuan meniru suara burung lainnya, teutama yang mempunyai karakter suara. Berikut ini beberapa suara kicauan jalak rio untuk masteran burung kesayangan Anda.

  • Suara masteran jalak rio – variasi 1
  • Suara masteran jalak rio – variasi 2

  • Suara masteran jalak rio – variasi 3

Unduh semua audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.