Kicauan ngebas pleci auri untuk masteran dan memancing bunyi

Banyak pleman yang berburu burung pleci jenis auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer). Jenis ini digemari lantaran punya kicauan yang ngebas. Berikut ini ragam audio pleci auri untuk masteran dan memancing bunyi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pleci auriventer memiliki suara kicauan yang ngebas
Pleci auriventer memiliki suara kicauan yang ngebas.

Dari data avibase, yaitu situs penyedia database burung di seluruh dunia, wilayah persebaran pleci auri cukup luas, meliputi beberapa kawasan Asia, mulai dari Myanmar, Malaysia, Sumatera, Riau, Kalimantan, Natuna, dan Pulau Bangka.

Karena wilayah persebarannya yang luas itulah, pleci auri cukup dikenal di kalangan plecimania Asia, khususnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Bahkan jenis pleci ini menjadi burung favorit di setiap lomba burung.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Sepintas, penampilan pleci auriventer sangat mirip dengan pleci buxtoni (Zosterops paspebrosus buxtoni). Tapi jika diperhatikan lebih teliti, akan ditemukan beberapa perbedaan cukup mencolok. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

  • Ukuran tubuhnya sedikit lebih besar daripada pleci buxtoni.
  • Tubuh bagian bawah lebih pucat.
  • Tubuh bagian atas memiliki warna yang lebih kekuningan, sedangkan pleci buxtoni sedikit lebih gelap dan cenderung kehijauan, dengan garis kuning pada bagian perut yang lebih tegas.
  • Bentuk lingkar mata putih / cincin mata lebih lebar, sedangkan pleci buxtoni cenderung sempit.
  • Suara panggilan terdengar keras bergetar, mirip petikan senar gitar yang kendor.
  • Suara kicauannya lebih ngebas dan tajam.

Selain beberapa perbedaan di atas, banyak kicaumania yang tertarik memelihara pleci auriventer karena memiliki mental bertarung yang bagus dan mau bunyi ketika ditempel burung sejenis.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini beberapa audio kicauan burung pleci auriventer yang bisa dimanfaatkan sebagai masteran atau untuk memancing bunyi burung sejenis.

  • Audio kicauan pleci auri – variasi 1
  • Audio kicauan pleci auri – variasi 2
  • Audio kicauan pleci auri – variasi 3
  • Audio kicauan pleci auri – variasi 4

Unduh semua audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.