Pleci Play Boy dan Banaspati nyeri di Latpres PCMI Chapter Brebes

Latpres PCMI Chapter Brebes digelar di Gantangan Walisongo BC Jalan Slamet Riyadi Gang Nanas RW 06 Desa Cigedog, Kecamatan Kersana, Brebes, Jumat (25/3). Gantangan ini sekaligus menjadi sekretariat PCMI Chapter Brebes.

Even ini mengangkat tema Kopdarnas PCMI. Sebab pada hari yang sama berlangsung Kopdarnas PCMI di Bali, dan berakhir Sabtu (26/3) lalu.

Tim juri berasal dari PCMI Chapter Pekalongan, Tegal, dan Brebes. Ada suasana baru dalam penjurian ini, terutama penerapan nominasi terbuka. Melalui sistem nominasi terbuka, maka bendera koncer terpisah sesuai dengan pengajuan juri yang bertugas. Kemudian dikumpulkan korlap dan tim rekap PCMI.

Latpres PCMI Chapter Brebes
Latpres PCMI Chapter Brebes: Lima kelas full gantangan.

Setiap kelas dari pengajuan juri ke korlap ini melibatkan penonton untuk ikut melihat nomor gantangan yang diajukan, dan langsung direkap bersama korlap serta disaksikan penonton.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pada sistem nominasi terbuka,  juri tidak berkesempatan diskusi / ngobrol, sehingga kemampuan setiap juri benar-benar terlihat, apalagi penonton ikut menjadi saksi.

Dari delapan kelas yang dilombakan, Q-Most Team sukses menjuarai dua kelas, yakni Kelas PCMI Brebes dan Pantai Randu Sanga. Semuanya melalui aksi pleci Play Boy. Dalam even ini, Q-Most memperkuat Tegal Bersatu.

Om Waud Q-Most dan pleci Play Boy
Om Waud Q-Most moncer bersama pleci Play Boy.

Kemenangan ini membuktikan Q-Most Team mampu bersaing dengan gaco-gaco hebat dari daerah lain, terutama Kuningan, Cirebon, Pemalang, dan tuan rumah Brebes.

Selain Play Boy, ada satu pleci lagi yang sukses meraih double winner. Dialah pleci Banaspati kepunyaan Om Saevul (PCMI Divisi Cirebon Timur). Banaspati terbaik di Kelas Juber, mengalahkan Scoter koleksi Om Badi Wong (DC Team Kuningan) dan Si-Baret andalan Om Doni Bayu dari Tegal Bersatu.

Gelar kedua diraih Banaspati di Kelas Ndog Asin. Kali ini, Banaspati mengungguli pleci Mie Rebus orbitan Om Ardhie NNC (PCMI Divisi Cirebon Timur) dan Jibril milik Om Componk.

Tegal Bersatu juga sukses memenangi Kelas Pemula Batik Salem, melalui pleci Kliwon orbitan Om Hadi K. Kliwon mengungguli pleci Casmen milik Om Eko (Cikandang, Kertasari) serta Ronggeng besutan Om Dwi Agus (DC Team Kuningan).

Plecimania Tegal Bersatu
Plecimania Tegal Bersatu mampu bersaing dengan tim lainnya.

Kalau Tegal Bersatu mendulang tiga trofi juara 1, maka Team Prdam PCMI Kuningan di bawah komando Mr Yudha / Hendra kebagian dua gelar juara 1, melalui dua burung yang berbeda.

Pleci Kamaru besutan Om Yudha / Hendra terbaik di Kelas Waduk Malahayu, unggul atas Play Boy milik Q-Most dan Casper andalan Om Componk (Team Componk Brebes).

Team Componk Brebes
Team Componk Brebes terbukti bukan jago kandang.

Om Yudha / Hendra juga menurunkan pleci Chinmi, yang berhasil menjuarai Kelas Bawang Merah. Juara kedua dan ketiga diraih pleci Senang milik Om Sartono (Bulakamba, Brebes) dan Borink koleksi Om Iing dari PCMI Divisi Cirebon Timur.

Satu kelas lagi, yakni Brebes Berhias, dimenangi pleci Vita milik Om Gugun (Kurawa 220 Volt Kuningan). Juara kedua dan ketiga diraih pleci Casper dan Chinmi.

Om Gugun
Om Gugun: Pleci Vita terbaik di Kelas Brebes Berhias.

Even ini juga dihadiri Om Iwan (ketua PCMI Chapter Brebes), Om Eko Ebest (pembina PCMI Brebes), dan Om Ardhie NNC (ketua PCMI Divisi Cirebon Timur).

Om Ardhie NNC dan Om Ipul Sangkar
Om Ardhie NNC (kiri) dan Om Ipul Sangkar.

Mereka berharap, ajang koloni bareng antarpleman di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini dapat terus dipertahankan. Selain menjadi ajang silaturahmi, even ini juga bisa menjadi ajang sharing tentang perawatan dan settingan pleci agar berprestasi.

PCMI Divisi Cirebon Timur
PCMI Divisi Cirebon Timur aktif berlomba di perbatasan Jabar-Jateng.

PCMI Chapter Brebes rutin mengadakan latber mingguan di lapangan yang sama, setiap Jumat mulai jam dua siang. Lokasinya di sebelah selatan lampu merah Pasar Kersana Brebes. Tiketnya pun murah-meriah, yakni Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 15.000. (Kontributor: Nahdiana Kersana)

Om Gugun dan Om Ipul Sangkar (kanan) dari Kurawa 220 V
Om Gugun, Om Ipul Sangkar (kanan) dari Kurawa 220 V bersama Prdam PCMI Kuningan.

Hasil Latpres PCMI Brebes (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

    • Oles2 tipis saja TBB setara kepala pentol korek api ke buah pisang yang ditusuk2 dulu agar TBB masuk. Sedikit saja dan oles2 tipis agar burung tetap doyan makan pisangnya.

Komentar ditutup.