Ragam terapi untuk cucak cungkok yang stres dan macet bunyi

Burung cucak cungkok / orange-bellied leafbird (Chloropsis hardwickii) kini makin digemari. Meski harganya terbilang tinggi, tak sedikit kicaumania sengaja mencarinya untuk dipelihara di rumah. Burung ini memang memiliki suara yang merdu dan bervariasi. 

Ragam terapi untuk cucak cungko yang stres dan macet bunyi
Ragam terapi untuk cucak cungko yang stres dan macet bunyi.

Cucak cungkok memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan burung cucak hijau, dan sama-sama berasal dari keluarga Chloropseidae. Selain warna bulunya yang cerah dan cantik, cucak cungkok juga punya suara kicauan yang merdu, bahkan lebih dahsyat daripada suara burung cucak hijau.

Namun karena harganya yang tinggi, tidak semua kicaumania bisa menikmati kemerduannya suaranya di rumah. Apalagi tidak semua kios burung mempunyai stok atau persediaan burung ini. Tapi pada saat tertentu, burung ini bisa dijumpai di sejumlah pasar burung, terutama di kota-kota besar.

( lihat juga Burung cucak cungkok beredar di pasaran )

Karena memiliki suara dengan besetan-besetan tajam, tak jarang cucak cungkok digunakan sebagai masteran bagi jenis burung kicauan lainnya seperti murai batu, cucak hijau, dan kacer.

Untuk menambah variasi suaranya, cucak cungko pun dapat dimaster dengan burung-burung lainnya, seperti cililin, lovebird, ciblek, dan burung gereja.

Perawatan cucak cungkok stres dan macet bunyi

cucak cungkok di Aviary Jaya
Stok cucak cungkok di Aviary Jaya.

Perawatan harian burung cucak cungkok relatif mudah, hampir sama seperti perawatan harian cucak hijau. Namun, sebagaimana jenis burung lainnya, cucak cungkok juga bisa stress dan macet bunyi. Untuk mengatasinya, beberapa tindakan berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

  • Pisahkan cucak cungkok dari burung peliharaan lain untuk sementara waktu, kemudian gantang sangkarnya di tempat sejuk dan tenang.
  • Lakukan pengembunan dan penjemuran secara rutin.
  • Berikan nektar, atau bisa juga nektar buatan yang cara pembuatannya bisa disimak di sini.
  • Berikan pakan full EF (extra fooding), terutama jangkrik, ulat hongkong, dan ulat bambu.
  • Sesekali gantang sangkarnya pada tempat yang lebih tinggi daripada biasanya.

Selain perawatan tersebut, Anda juga dapat melengkapinya dengan cara lain yang cukup efektif, yaitu memutarkan audio terapi yang bisa mengurangi dampak stres dan membuatnya kembali aktif dan rajin berkicau.

Audio terapi ini bisa diputarkan pada pagi hari saat pengembunan, atau saat burung beristirahat pada siang dan sore harinya. Untuk hasil maksimal, sebelum memulai terapi, sangkar burung harus dalam kondisi full kerodong.

Cucak cungkok
Cucak cungkok bagus untuk masteran.

Berikut ini beberapa audio terapi untuk cucak cungkok yang stres dan macet bunyi.

  • Audio terapi 1 untuk cucak cungkok stres / macet bunyi
  • Audio terapi 2 untuk cucak cungkok stres / macet bunyi
  • Audio terapi 3 untuk cucak cungkok stres / macet bunyi
  • Audio terapi 4 untuk cucak cungkok stres / macet bunyi

Unduh semua audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.