Penanganan burung stres dan mogok bunyi setelah perjalanan panjang

Bukan hanya manusia, burung kicauan pun rentan mengalami mabuk perjalanan yang berakibat pada stres, mogok bunyi, bahkan sakit. Kondisi tersebut umumnya dipicu oleh suhu di dalam kendaraan yang terlalu panas atau karena terlalu sering terpapar aliran udara dari AC (air conditioner) yang terus menyala.

Penanganan burung yang stres setelah perjalanan panjang
Penanganan burung yang stres setelah perjalanan panjang

Selain itu, terlalu ketatnya kerodong yang digunakan untuk menutupi sangkar atau ukuran sangkar yang terlalu kecil juga dapat memperparah keadaannya, terutama karena kurangnya sirkulasi udara / oksigen.

Stres dan mogok bunyi akibat perjalanan panjang itu sering dialami para pemain lomba yang hendak membawa burungnya ke even besar yang lokasinya cukup jauh, burung yang dibeli / take-over dari pemain lainnya, bahkan sobat kicaumania yang mudik lebaran dengan membawa burung kicauan sebagai oleh-oleh.

Adapun beberapa gejala yang muncul ketika burung mengalami stres akibat mabuk perjalanan ini antara lain:

  • Burung tampak lemah dan cenderung kurang aktif.
  • Burung jarang mengeluarkan suara kicauannya.
  • Kotorannya terlihat encer.
  • Burung lebih sering minum daripada makan. Akibatnya, air minum dalam cepuknya cepat habis.
  • Burung mengalami perubahan perilaku dari jinak menjadi liar, atau bahkan sebaliknya.

Untuk mengatasinya, maka beberapa perawatan berikut ini bisa diterapkan pada burung stres akibat mabuk perjalanan atau setelah melalui perjalanan cukup panjang.

  • Kalau dalam perjalanannya burung menggunakan sangkar yang terlalu kecil, maka setibanya di tempat tujuan harus segera dipindah ke dalam sangkar harian yang lebih luas, atau sesuai peruntukannya.
  • Gantang burung di tempat tenang, sejuk, dengan sirkulasi udara yang baik, serta jauh dari keberadaan burung lain yang bersuara kencang.
  • Hindari mempertemukannya dengan burung sejenis selama beberapa hari, sebelum kondisinya benar-benar pulih.
  • Pada hari pertama tiba di rumah, sebaiknya hindari memandikan burung apalagi sampai basah kuyup. Tetapi pada hari-hari berikutnya, Anda boleh memandikannya.
  • Berikan air minum yang sudah dicampur dengan multivitamin seperti BirdVit.
  • Berikan buah-buahan segar yang banyak mengandung serat dan air seperti pepaya, untuk mempercepat proses pemulihan staminanya.
  • Jemur burung dengan durasi sedikit lebih lama daripada biasanya.
  • Untuk burung pemakan serangga, berikan pakan full EF seperti jangkrik, ulat, dan kroto dalam jumlah lebih banyak selama beberapa hari untuk memulihkan staminanya.
  • Untuk burung pemakan bijian seperti lovebird, pakan tambahan yang bisa diberikan adalah jagung manis atau full kangkung selama beberapa hari.
  • Biasakan memberi full kerodong pada malam hari, agar burung bisa lebih total beristirahat.

Setelah melakukan perawatan secara teratur dan tepat, maka dalam beberapa hari burung yang stres dan mogok bunyi akibat perjalanan panjang itu akan kembali pulih kondisinya seperti semula. Setelah itu, Anda bisa mulai memberikan perawatan harian sebagaimana mestinya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.