Pengaruh cahaya lampu warna merah dan hijau di peternakan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Hasil penelitian terbaru mengungkap pengaruh cahaya lampu terhadap produktivitas peternakan, termasuk ternak / breeding burung kicauan. Para ilmuwan dari Universitas Banaras Hindu, India, menemukan fakta bahwa burung-burung dalam kandang ternak yang diterangi cahaya lampu berwarna merah dan hijau itu ternyata lebih produktif ketimbang cahaya warna lain seperti biru dan putih.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pengaruh cahaya lampu warna merah dan hijau di penangkaran
Pengaruh cahaya lampu warna merah dan hijau di kandang penangkaran.

Penelitian yang dipublikasikan dalam pertemuan tahunan para peneliti dari Society for Experimental Biology di Brighton itu mengamati perilaku dan perkembangan burung puyuh (Coturnix japonica) dalam sebuah peternakan ketika diberikan pencahayaan dengan lampu berwarna merah, hijau, dan putih.

Hasil penelitian menemukan bahwa kelompok burung yang diberi pencahayaan dari lampu berwarna merah atau hijau akan memiliki bobot tubuh lebih besar daripada burung yang selalu mendapatkan cahaya lampu warna putih atau biru, dengan intensitas dan hari yang sama panjangnya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Bukan hanya itu, penggunaan lampu merah dan hijau juga membantu meningkatkan produktivitas burung indukan yang sedang diternak.

“Setelah 35 minggu, puyuh yang dirawat di bawah lampu merah dan hijau memiliki kelenjar kloaka yang lebih besar. Artinya, mereka memiliki perkembangan reproduksi yang lebih baik,” kata Dr Suneeta Yadav selaku pimpinan dari penelitian tersebut.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung betina umumnya akan lebih memilih kawin dengan pejantan yang memiliki kelenjar kloaka yang lebih besar, karena dianggap memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi.

Menariknya, para ilmuwan juga menemukan bahwa penggunaan lampu warna biru justru memberikan efek kurang baik terhadap burung yang sedang dipelihara atau diternak. Sebab, kelompok puyuh yang memperoleh cahaya biru umumnya memiliki kondisi yang kurang sehat dibandingkan kelompok lainnya.

Penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan tersebut diharapkan bisa membantu para pemilik burung dan unggas dalam meningkatkan produtivitas penangkarannya.

Sebelumnya, penelitian mengenai dampak warna cahaya lampu juga pernah dilakukan para ahli dari Netherlands Institute of Ecology. Mereka mengungkapkan bahwa lampu berwarna putih cenderung membuat stres burung. Info lengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut ini:

Cahaya lampu warna putih bisa bikin stres burung

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.