Kenari Sekar Jagad, LB Sherly, dan pleci PBM 2 nyeri di GRB Mondokan Sragen

“Halal bi Halal sembari Gantang”. Itulah tema yang diusung panitia Latpres GRB (Guyub Rukun Berkicau) di Desa Kedawung, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Sabtu (9/7) lalu.

Acara yang dimulai sekitar pukul 13.30 itu berlangsung meriah, diikuti sekitar 700 peserta dari berbagai daerah seperti Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Purwodadi, Semarang, Grobogan, dan Sragen.

Beberapa kicaumania yang mudik ke Sragen dan wilayah sekitarnya juga menyempatkan hadir mengikuti lomba. Misalnya Om Prayogo dari Batu dan Om Carka dari Indramayu. Keduanya bahkan sukses meraih trofi juara 1 di kelas masing-masing.

Panitia yang digawangi Om Tikno Gondrong (ketua pelaksana) membuka tiga kelas (Spesial, VIP, Bintang) yang terdiri atas 19 sesi. Lovebird dimainkan enam sesi, dua di antaranya dijuarai lovebird Sherly koleksi Om Carka (Indramayu).

Sherly sukses menjuarai Kelas VIP B, unggul atas LB Bintang orbitan Om Hafid (Crazy BC) dan Munaroh 2 milik Om Supri Herr (Putra Munaroh SF). Kelas Bintang B juga dimenangi Sherly, disusul Angel milik Arya Birdshop (Duta GnR Gemolong) dan Princes andalan Om Bayu dari Team Ceria Sragen.

Putra Munaroh SF
Om Supri dan Om Darto dari Putra Munaroh SF.

Pada dua sesi lainnya, lovebird Sherly juga tetap moncer, dengan bertengger pada posisi kedua Kelas VIP A dan juara 4 Kelas Spesial A. Kedua kelas itu masing-masing dimenangi lovebird Captain Hok koleksi Om Yugo 81 (KRG SF) dan Bandrol milik Om Kentonk (Sragen).

Kelas Spesial B dijuarai lovebird Dea milik Om Dwi dari Nogosari, mengungguli Kyube besutan Om Reza AP (Wana Sakti) dan Luna kepunyaan Om Yayan Maja (KWS Team).

Lovebird Munaroh 2 terbaik di Kelas Bintang A, disusul Suci milik Om Arrohim Putra Ragil (Bakul Sepatu BC) dan Bety orbitan Om Pedeth dari Crazy BC.

Kenari Sekar Jagad milik Om Alit (Mojosongo Solo) tampil paling menawan di kelasnya. Turun di seluruh (tiga) kelas yang dilombakan, Sekar Jagad mampu menjuarai dua kelas (Spesial dan Bintang) serta juara 4 d Kelas VIP.

Kelas VIP dimenangi kenari Sniper besutan Om Djunot dari Papburi Sragen. Juara kedua dan ketiga diraih kenari Pesona milik Om Bima (Gemolong) dan Nobita andalan Om Harry PBB BC (Papburi Sragen).

Hasil nyeri juga ditorehkan pleci PBM 2. Gaco andalan Om Prayogo (Prayogo SF Batu) ini menjuarai Kelas VIP dan Bintang.

Prayogo SF Batu
Prayogo SF Batu menyapubersih dua kelas pleci.

Pleci Raja Koar, langganan juara milik Om Fajar dari Efajaya Birdshop (Leho Team), harus puas menjadi runner-up pada kedua sesi tersebut.

Pleci Raja Koar
Pleci Raja Koar milik Om Fajar (Efajaya BS) dua kali juara 2.

Dua kelas kacer dimenangi burung yang berbeda. Monik, kacer milik Om Fandi (Teken Karanganyar), menjuarai Kelas VIP. Juara kedua diraih kacer Quin andalan Om Hedy (Gesi Lor-X).

Adapun Kelas Bintang dimenangi kacer Birong kepunyaan Om Ulixs (Sragen), setelah mengalahkan kacer Rajo Langit milik Om Surya (Tanon) dan Quin.

Kacer Birong milik Om Ulixs
Kacer Birong milik Om Ulixs terbaik di Kelas Bintang.

Hal serupa juga terjadi di kelas murai batu. Nita Jay, murai batu milik Om Ricky (Crazy BC), harus berbagi gelar juara dengan Ranjau Biroe kepunyaan Om Suprapto (Tangen). Nita Jay terbaik di Kelas VIP, Ranjau Biroe jawara di Kelas Bintang.

Panitia juga membuka satu kelas murai borneo. Pemenangnya adalah Rambo, gaco milik Om Hafidz dari Kailoso (Solo), disusul Bottom Bit besutan Om Angga dari Moogey Say SF. Cendet hanya dimainkan sekali dan dimenangi Thole milik Om Sasongko (Jati Tengah, Sukodono).

Cendet Thole
Cendet Thole milik Om Sasongko juara 1.

Cucak hijau Kolor Ijo nyaris meraih double winner. Di Kelas VIP, gaco milik Om Jatmino (Mondokan) ini bertengger di posisi teratas, unggul atas Falcao 99 milik Om Tono Kentonk (Sragen) dan Belalang Tempur orbitan Om Riyanto Totok (Kaligandu).

Namun di Kelas Bintang, Kolor Ijo harus puas di urutan kedua. Kelas ini dimenangi cucak hijau Raden Janoko milik Om Wahyu Sasongko (Slendro SF), sedangkan Shuliwa andalan Om Arif W (Kukun, Tanon) di peringkat ketiga.

Secara keseluruhan, Latpres GRB Mondokan berlangsung lancar tanpa kendala, kendati pelaksanaannya agak molor dari waktu yang ditentukan. Namun semua itu tak mengurangi antusias para peserta.

“Jadwal lomba agak mundur, karena banyak peserta yang terlambat hadir lantaran terjebak kemacetan di jalan. Ya, maklum saja, ini kan suasana lebaran. Jalanan macet di mana-mana,” kata Om Tikno.

Mewakili seluruh kru panitia GRB Mondokan, Om Tikno Gondrong mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada sobat kicaumania di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Sragen dan sekitarnya. (Budi Karyanto)

Hasil Latpres  GRB Mondokan Sragen (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.