Dicabut dari kandang ternak, lovebird Iyem juara di Lapangan BPK dan ILF Jambi

Lovebird Iyem milik Om Andi LB sebenarnya merupakan burung induk di kandang ternak. Tetapi awal pekan lalu, sang pemilik ingin melombakan lovebird Iyem. Dikondisikan selama beberapa hari saja, burung ini langsung menuai kemenangan dalam even di Lapangan BPK dan ILF Jambi.

Om Andi LB sehari-hari bekerja sebagai sales sparepart sepeda motor. Kicaumania ini mengandalkan lovebird Iyem setiap kali turun ke lapangan.

“Sudah satu bulan ini lovebird Iyem saya masukkan kandang ternak, sekalian mengurangi lemaknya. Jumat (15/7) lalu, saya menurunkannya dalam latihan di Lapangan Effentta Jambi. Lumayan, masuk peringkat enam,” ujar Om Andi LB.

Om Andi LB
Om Andi LB, pemilik lovebird Iyem.

Dua hari berselang, Minggu (17/7), lovebird Iyem kembali meraih juara 1 dan 5 dalam lomba burung di Lapangan BPK, Jl Pangeran Hidayat Km 7 (belakang kantor BPK) Kota Jambi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Puncaknya terjadi Rabu (20/7) kemarin, LB Iyem tampil tiga kali dalam even Launching Lapangan ILF Jambi di Talang Sari, Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Selain juara 1 di Kelas Umum, Iyem juga meraih juara 3 Kelas Bintang dan juara 5 Kelas Sejati.

Lovebird Iyem
Lovebird Iyem, jawara di Lapangan BPK dan ILF Jambi.

Selalu moncer pada tiga sesi yang diikutinya menunjukkan kestabilan prestasinya, juga stamina yang prima, meski belum lama dicabut dari kandang ternak. “Lovebird Iyem benar-benar fit, meski tampil tiga kali,” tutur Om Andi LB yang juga memiliki lovebird berprestasi bernama Sonic.

Lovebird Sonic milik Om Andi LB
Lovebird Sonic, gaco berprestasi lainnya milik Om Andi LB.

Perawatan lovebird Iyem sebenarnya relatif sederhana. Setiap pagi, burung dikeluarkan dan dibawa ke teras untuk dianginkan sebentar.

Pukul 08.00, burung mandi pagi, kemudian dijemur sampai benar-benar puas. Mandi sore juga rutin dilakukan sekitar pukul 18.00, lalu dianginkan hingga pukul 19.30.

Pakan harian hanya milet dan jagung muda. Untuk pakan tambahan / extra fooding (EF), Om Andi LB rutin memberikan kangkung seminggu sekali. (Kelana Lana)

Om Andi LB
Om Andi LB (2 dari kiri) saat naik podium dalam Launching Lapangan IBF Jambi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.