Beberapa solusi mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan

Banyak lovebird mania yang galau melihat perilaku burungnya yang suka gesek tangkringan (gestang). Memang tak mudah untuk mengembalikan kondisinya seperti semula, apalagi jika hal ini sudah menjadi kebiasaan burung sehari-hari. Namun dengan melakukan beberapa perawatan rutin dan teratur, masalah gesek tangkringan itu bisa teratasi. Berikut ini beragam solusi mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan.

Beberapa cara mengatasi lovebird sering gesek tangkringan
Beberapa solusi untuk mengatasi lovebird yang suka gesek tangkringan.

Masalah lovebird gesek tangkringan umumnya dialami burung jantan, meski tidak menutup kemungkinan ada juga lovebird betina yang mengalami hal tersebut. Sebagian kicaumania menganggapnya sebagai perilaku buruk, karena bisa mengurangi penampilannya dan menghambat produktivitas penangkaran.

Lovebird yang suka gesek tangkringan tentu tidak bisa tampil maksimal, meski burung sudah rajin bunyi / gacor. Bahkan tak jarang ada burung yang menolak mengawini pasangannya ketika diberikan burung lain sebagai pasangan untuk mengurangi perilaku gesek tangkringan tersebut.

Untuk membantu mengatasi atau mengurangi perilaku lovebird yang suka gesek tangkringan, berikut ini beberapa solusinua untuk Anda;

1. Ganti sangkar yang digunakan

Seperti disebutkan dalam tulisan sebelumnya di sini, lovebird yang suka gesek tangkringan bisa dipindah ke sangkar soliter yang diletakkan jauh dari lovebird-lovebird lainnya. Dalam sangkar tersebut tidak dipasangi tangkringannya, namun cukup berisi cepuk pakan dan air minum yang diletakkan di dasar sangkar. Hal ini dilakukan untuk meredam keinginannya “mengawini” tangkringan.

2. Ganti tangkringannya

Jika Anda tidak mempunyai sangkar lain untuk memindahkan lovebird, maka alternatifnya adalah mencabut atau mengganti tangkringan yang selama ini digunakan dalam sangkar harian. Setiap harinya, lovebird hanya bergerak dengan cara merambati jeruji sangkarnya. Cara ini diharapkan bisa mengurangi kebiasaan buruknya tersebut.

Cara lainnya adalah mengganti model tangkringan, yakni berbentuk datar atau permukaannya rata mirip penggaris / mistar. Bentuk tangkringan seperti ini tentu tidak bisa didapatkan di toko perlengkapan burung. Jadi, Anda harus membuatnya sendiri.

Kalau tak sempat membuat sendiri, Anda juga bisa membelah tangkringan bulat yang biasa digunakannya menjadi dua bagian, lalu memasangnya dengan posisi permukaan yang rata berada di bagian atas. Meski dianggap kurang efektif, hal ini juga bisa membantu mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

3. Manfaatkan kandang umbaran

Mengurangi perilaku gesek tangkringan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Selama masa terapi, kandang umbaran digunakan sebagai pengganti sangkar harian selama beberapa jam setiap hari yang dimulai sejak pagi hingga sore hari. Untuk memenuhi kebutuhannya, kandang umbaran dilengkapi dengan cepuk pakan dan cepuk minum.

4. Mandikan hingga basah kuyup

Anda juga bisa memandikan burung lovebird hingga basah kuyup. Biasanya, kicaumania akan menggunakan selang atau air mengalir untuk memandikan burungnya. Namun perlu diperhatikan agar tetesan air tidak mengenai bagian cere maupun hidungnya, karena bisa membuatnya rentan sakit. Agar lebih aman, Anda bisa memanfaatkan sprayer atau semprotan khusus untuk memandikan burung.

Cara lain yang cukup efektif tapi butuh pengalaman dan kehati-hatian adalah memandikan burung sambil dipegang. Pada kondisi ini, lovebird dipegang dengan tangan kanan, kemudian sebagian tubuhnya dicelupkan ke dalam wadah / baskom berisi air, lalu diusap-usapkan dengan tangan kiri.

Lakukan hal tersebut secara rutin, karena bisa membantu meredam birahinya. Selain itu, burung pun akan menjadi lebih cepat jinak. Setelah dimandikan hingga basah kuyup, angin-anginkan sampai bulubulu tubuhnya mengering, setelah itu berikan penjemuran seperlunya saja.

5. Berikan terapi semprot

Terapi semprot bisa dilakukan ketika burung tetap dipelihara dalam sangkar harian, tanpa mencabut / mengganti tangkringannnya. Ketika lovebird menunjukkan perilaku ingin “mengawini” tangkringan, semprot bagian perutnya hingga ke bawah dengan menggunakan sprayer atau semprotan mandi. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda harus selalu melakukan pemantauan sehingga bisa langsung menyemprotnya ketika burung hendak melakukan hal buruk tersebut.

6. Berikan pakan yang tepat

Memberikan pakan yang sesuai bisa membantu mengatasi / mengurangi perilaku gesek tangkringan pada lovebird. Selama masa terapi, pakan yang diberikan cukup milet putih saja dan tidak perlu pakan tambahan lainnya, terutama kangkung, toge, atau jagung manis yang bisa membuat birahinya meningkat.

7. Berikan suplemen dan multivitamin

Banyak kicaumania yang kesulitan saat akan menjodohkan lovebird yang suka gesek tangkringan dengan lovebird lain yang akan menjadi pasangannya. Meski terlihat berjodoh, burung tetap ogah-ogahan mengawini pasangannya, lebih memilih tangkringan sebagai sarana pelampiasan birahinya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menyediakan suplemen khusus penangkaran seperti BirdMature untuk merangsang lovebird gestang agar mau mengawini pasangannya. Selain itu, tambahkan BirdMineral dalam perawatan sehari-hari.

Demikianlah beberapa tips mengatasi burung lovebird yang suka gesek tangkringan. Melalui perawatan dan terapi secara rutin dan teratur, burung akan kembali pada kondisinya yang lebih baik, sehingga bisa tampil lebih prima dan lebih produktif.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.