Milet mahal, ngapain pusing? Ganti pakan lovebird dengan cara ini…. Jiosss

Iklan gratis jual beli burung di sini

Harga milet mahal? Lalu Anda bingung bagaimana memberi pakan burung lovebird yang pada saat sama harganya tertekan? Ini ada cara cerdas yang pernah dilakukan Om Toni Alamsyah, majikan Black Bird Keeping (BBK) Cilacap. Bagaimana caranya? Mudah saja ternyata.

Pertama, carilah roti BS alias roti bekas atau roti kadaluwarsa yang sudah nggak layak konsumsi manusia. Biasanya roti BS bisa kita peroleh dari pabrikan roti rumahan atau juga bisa dari bakery-bakery yang menjual murah roti BS.

Selanjutnya, di-oven. Ya, dikeringkan dan dihancurkan. Setelah itu berikan ke burung lovebird. Loh, apakah burungnya mau makan?

TBB bikin burung ngos jadi joss
roti open pengganti milet pakan lovebird
Siapkan roti BS
roti open pengganti milet pakan lovebird
Roti diopen
roti open pengganti milet pakan lovebird
Roti open untuk pakan LB koloni.
roti open pengganti milet pakan lovebird
Agar LB mau makan remah roti, pemberian awal dicampur milet terlebih dahulu.

Ya dilatih lah. Sama seperti melatih burung pemakan serangga atau pemakan buah untuk makan voer. Caranya, campur dulu remahan roti itu dengan milet, perbandingan 1:1. Nanti miletnya tentu akan habis duluan, tetapi jangan kemudian diiisi pakan lagi. Biarkan lovebird mengais-ngais sisa kulit milet yang tercampur remahan roti itu. Proses pelatihan ini bisa berlangsung 4-7 hari tergantung sikon dan ketelatenan Anda melatihnya. Setiap hari selama pelatihan, jumlah/bagian milet dikurangi sedikit demi sedikit sampai akhirnya LB mau makan remah roti saja.

Voer jangkrik luar biasa

Agar burung selalu sehat dengan makan remah roti, akan lebih jiooss sepekan dua kali remah rotinya dicampur BirdVit dan BirdMineral produk Om Kicau. Jadi, burung kenyang juga sehat. Ya kan? Hehehe….

Catatan keras: Lovebird akan cepat mau makan remah roti jika pemberian dilakukan di kandang koloni, sehingga burung saling mempengaruhi untuk sama-sama mau makan remah roti.

Ingat saja sobat. Burung mau makan apa itu juga tergantung kita dalam melatihnya. Di hutan itu nggak ada burung makan voer kan? Dan ternyata mereka juga mau makan voer kalau kita mau melatihnya.

Yang jelas, untuk lovebird ini, sudah dilakukan oleh Om Toni dan burung beranak pinak sebagaimana yang diberi pakan milet atau jagung. Dan tentu saja agar lovebird beranak pinak dengan bagus, Om Toni selalu rutin memberikan BirdMature, juga produk Om Kicau.

Nah, jadilah penangkar kreatif sobat. Jangan selalu disetir pabrikan atau importir, termasuk importir milet. Oke?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini