Cucak hijau Garong mencorong di Latpres Bahari BC Tegal

Bahari BC yang dikendalikan Abah Jen (ketua), Om Feby Ortega (pelaksana), dan Om Alex (penasihat) sukses menggelar even latpres akhir bulan di area parkir outdoor Rita Super Mall, Jalan Kolonel Sugiyono 117 Tegal, Minggu (31/7).

Panitia membuka tiga kelas, yakni Exclusive (tike Rp 80 ribu), Mega Bintang (Rp 60 ribu), dan Bintang (Rp 40 ribu), yang seluruhnya melombakan 11 sesi.

Latpres Bahari BC Tegal-kelas lovebid
Latpres Bahari BC Tegal: Para peserta bersiap menggantang lovebirdnya.

Meski pelaksana latber / latpres tak lagi dipegang Om Hilal (juri PBI), antusias para peserta untuk mengikuti even ini tetap tinggi. Para kicaumania datang dari berbagai daerah di Kota / Kabupaten Tegal dan Brebes.

Sudah satu bulan ini, Bahari BC yang bekerjasama dengan manajemen Rita Super Mall melakukan pergantian pelaksana kegiatan dari Om Hilal kepada Om Feby Ortega. “Mas Hilal mengundurkan diri lantaran kesibukan tugas menjadi juri di luar kota. Itu sebabnya, kami menunjuk Om Feby sebagai penggantinya,” kata Abah Jen.

Abah Jen menambahkan, perubahan juga terjadi pada kegiatan latber. Kini, Bahari BC menggelar latber rutin dua kali seminggu, yakni Kamis sore dan Minggu pagi. Latber Kamis sore khusus melombakan lovebird dan kenari. Adapun latber Minggu pagi melombakan lovebird, kenari, kacer, murai batu, konin, cucak jenggot, pleci, ciblek, dan jalak suren.

Abah Jen dan Om Feby Ortega
Abah Jen (kiri) dan Om Feby Ortega, duet baru Bahari BC Tegal.

“Kami coba memberikan tempat untuk jenis burung lain sebagaimana permintaan teman-teman kicaumania, termasuk pembagian klasifikasi untuk kelas kenari, yang rencananya ada kelas standar kecil, standar besar, dan standar umum di latber Kamis sore. Mekanisme dan spesifikasinya sedang kami godok bersama teman-teman Papburi Tegal dan PPKT,” ujar Om Feby.

Dalam Latpres Bahari BC Tegal, Minggu (31/7) lalu, persaingan di hampir semua kelas relatif merata. Karena itu, tak ada seekor burung pun yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas.

Meski demikian, penampilan cucak hijau Garong milik Om Yudi R (Tegalwangi) bisa dibilang paling menawan dan stabil. Burung ini nyaris meraih double winner. “Bersyukur banget atas hasil ini,” kata Om Yudi.

cucak hijau Garong
Gaya tarung cucak ijo Garong miilik Om Yudi (Tegalwangi).

Garong sukses menjuarai Kelas Mega Bintang, mengungguli Petir besutan Mr Gam (Jl Asem Tiga gang II) dan Paser koleksi Om Slamet (Tegal).

Cucak ijo Garong nyaris menang lagi saat tampil di kelas utama (Exclusive). Sayangnya, burung ini harus puas di peringkat kdua, kalah ngedur dari The Master andalan Om Eng Lay (Banjaran) yang nangkring di peringkat pertama. Juara ketiga diraih cucak hijau Paser milik Om Slamet (Tegal).

Dua kelas lovebird juga dimenangi burung yang berbeda. LB Pacific kepunyaan Om Iyon Blekutak (Mendem Mancing) terbaik di Kelas Exclusive. Juara 2 dan 3 diraih Si Nok orbitan Om Birin (Arjuna 14 BC) dan Revallina milik Om Yudy (Kalipinang BF).

Adapun Kelas Mega Bintang dijuarai lovebird Suara Hati orbitan Om Choyor (Rajawali Team), disusul Keisya milik Om Nur (Blekutak SF) dan Pacific.

Om Suyono, kicaumania dari Republik Murai Batu Tegal, sukses bersama murai batu Ken Arok. Jagoannya ini tampil ngedan dan menjuarai Kelas Exclusive. MB Sangkuriang milik Om Slamet (Tegal) dan Blekutak besutan Om Iyon (Mendem Mancing) menguntit di posisi kedua dan ketiga.

Murai batu Ken Arok
Murai batu Ken Arok milik Om Suyono juara 1 Kelas Exclusive.

Pada Kelas Mega Bintang, giliran Blekutak yang bersinar dan meraih juara pertama. Urutan kedua dan ketiga ditempati MB Costa koleksi Om Abdan (Banjaran) dan Raden Puspo milik Om Edi Perkasa (Larangan Brebes).

Om Abdan dan murai batu Costa
Om Abdan moncer bersama murai batu Costa (juara 2 Mega Bintang).
Om Edi Perkasa dan MB Raden Puspo
Om Edi Perkasa sukses bersama MB Raden Puspo (juara 3 Mega Bintang).

Latpres Bahari BC hari itu diramaikan oleh kehadiran koninmania yang tergabung dalam KNTB KNI Tegal.Tim ini mendominasi kejuaraan, melalui dua gaconya yakni Buket milik Om Aqil Konin dan Urushi milik Om Arie.

Buket dan Urushi tampil sebagai juara pertama dan kedua, unggul atas Makita besutan Mba Yati (Bandasari Team) yang berada di posisi ketiga. “Terimakasih kepada Bahari BC yang sudah mengakomodasi kelas konin dalam latpres hari ini,” kata Om Arie senang.

konin Buket
Aksi menwan konin Buket milik Om Aqil Konin.

Selain konin, panitia juga membuka kelas ciblek yang dijuarai Oscar milik Om Sugeng (Kalinyamat BC). Kelas kenari dimenangi Den Bagus milik Lingga Papburi Tegal (Hakuna Matata SF). Gaco ini tampil mengesankan dengan irama lagu panjang dan naik-turun yang terdengar dinamis.

Kenari Den Bagus
Kenari Den Bagus milik Om Lingga Papburi Tegal.

Kacer Barak Kuda, gaco anyar milik Om Agung (Pagedangan), harus berbagi gelar juara dengan Krisjon koleksi Om Andri (Sakarosa BC Pagedangan). Keduanya masing-masing menjuarai Kelas Exclusive dan Mega Bintang.

Secara umum, Latpres Bahari BC berlangsung sukses, lancar, dan tanpa komplain dari para peserta. Penilaian juri dilakukan dengan sistem nominasi terbuka.

“Terimakasih atas partisipasi teman-teman kicaumania, khususnya koninmania dan ciblek mania. Ke depan, Bahari BC juga akan membuka kelas cucak jenggot dan jalak suren. Kami berharap dukungan nyata dari para penggemar jalak suren dan cucak jenggot. Jangan lewatkan juga latber khusus lovebird dan kenari tiap Kamis sore mulai jam dua siang, dengan harga tiket 20 dan 10 ribu rupiah,” tandas Om Feby. (Julis Nur Hussein)

Latpres Bahari BC Tegal
Guyub rukun antara panitia, juri, dan peserta Latpres Bahari BC.

Hasil Latpres Bahari BC Tegal (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.