Makin terancam, 11 jenis burung anis endemik Indonesia

2. Anis tanimbar (Tanimbar)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Anis tanimbar
Burung anis tanimbar

Burung anis tanimbar / slaty-backed thrush (Zoothera schistacea) mempunyai ukuran tubuh sedikit lebih kecil daripada anis nusa tenggara, dengan panjang sekitar16 – 17 cm.

Warna bulu di tenggorokan sampai bagian dadanya hitam, alis dan bercak telinga berwarna putih, punggung abu-abu, palang sayap putih, serta ujung bulu ekor luar berwarna putih.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Spesies ini merupakan burung endemik Kepulauan Tanimbar (Yamdena, Larat), Nusa Tenggara Timur, dan menjadi penghuni tetap kawasan hutan primer dan hutan pamah sekunder di dataran rendah. Mereka lebih menyukai habitat yang bervegetasi rapat di sepanjang aliaran sungai, namun sering ditemukan juga di hutan terdegradasi yang berdekatan dengan lahan pertanian.

Makannya berupa serangga, cacing tanah, keong, dan buah-buahan yang ada di permukaan tanah. Ketika terganggu, burung akan terbang dan bertengger di lapisan tengah tajuk. Mereka sering terlihat dalam kelompok kecil, dan lebih aktif pada musim hujan.

Suara kicauan anis tanimbar cukup nyaring dan penuh irama, yang dibawakan dengan lagu-lagu mengalun pendek. IUCN juga memasukkan anis tanimbar dalam daftar merah dengan status Hampir Terancam (NT).

Spesies ini juga belum ditetapkan sebagai burung dilindungi. Namun melihat populasinya yang menipis, sebaiknya kita tak perlu menangkap, memelihara, dan melombakannya.

Berikut ini suara kicauan anis tanimbarDownload

mp3="//omkicau.com/wp-content/uploads/2016/08/suara-anis-tanimbar.mp3

Lihat jenis anis endemik Indonesia lainnya:

Anis nusa tenggara | Anis tanimbar | Anis sulawesiAnis malukuAnis seram | Anis menden | Anis larat | Anis geomaliaAnis timor/cendana | Anis enggano | Anis punggung-merah

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.