Makin terancam, 11 jenis burung anis endemik Indonesia

Indonesia menjadi habitat bagi aneka spesies burung punglor / anis, dengan wilayah persebaran di beberapa daerah. Beberapa jenis di antaranya sudah sangat kondang di kalangan kicaumania, yaitu anis merah dan anis kembang. Kali ini omkicau.com ingin mengungkap 11 jenis burung anis endemik Indonesia yang makin terancam.

11 burung anis endemik indonesia
11 spesies burung anis endemik Indonesia kini dalam kondisi makin terancam.

Punglor / anis adalah kelompok burung bertubuh gemuk, berbulu halus, yang mendiami daerah hutan dan mencari makanan di tanah, terutama cacing dan keong. Mereka juga sangat menyukai buah-buahan.

Beberapa spesies anis merupakan burung penetap di wilayah tertentu yang bersuhu hangat. Tetapi ada juga spesies burung migran dari wilayah Eropa, serta wilayah baratdaya dan utara Asia, yang hanya datang ke Indonesia tatkala menjelang musim dingin. Salah satunya adalah anis siberia.

Indonesia memang kerap menjadi tujuan migrasi burung-burung anis dari berbagai belahan dunia, terutama karena suhu yang sejuk, tanah yang subur, dan sumber pakan berlimpah. Di negara ini pula terdapat beberapa spesies anis / punglor yang merupakan burung endemik alias hanya ada di Indonesia saja.

Sayangnya, karena berbagai faktor seperti kerusakan habitat, perburuan liar, dan alihfungsi hutan membuat banyak spesies yang kondisinya sangat mengkhawatirkan. Populasinya yang terbatas dan makin menipis membuat burung-burung anis endemik Indonesia itu makin terancam.

Om Kicau mencatat sedikitnya ada 11 spesies anis endemik Indonesia yang makin terancam. Padahal semua spesies ini dikenal memiliki suara merdu. Untuk melihat deskripsi, termasuk suaranya, silakan klik tautan di bawah ini:

Anis nusa tenggara | Anis tanimbar | Anis sulawesiAnis malukuAnis seram | Anis menden | Anis larat | Anis geomaliaAnis timor/cendana | Anis enggano | Anis punggung-merah

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.