Cucak hijau Green Star kembali hattrick di Kraton Enterprise

Gantangan Kraton Enterprise di Pasar Segar, Jl Tole Iskandar Depok, tampaknya menjadi tempat yang nyaman bagi cucak hijau Green Star. Pasalnya, sudah beberapa kali burung milik Om Mego Siswanto (B3 SF Depok) ini moncer di tempat itu.

Latpres Kraton Enterprise Depok
Latpres Kraton Enterprise sangat diminati para kicaumania Depok dan sekitarnya.

Bahkan dalam Latpres Kraton Enteprise, Sabtu (27/8), cucak hijau Green Star sukses mencetak hattrick. Ini seperti de javu, karena Green Star juga pernah meraih hattrick dalam Latpres Kraton Enterprise tanggal 7 Juni 2016.

Kraton Enterprise merupakan event organizer (EO) independen binaan om Dicky Kraton. Panitia latpres hari itu dikoordinasi Om Anwar. Hujan lebat memang sempat menghambat pelaksanaan latpres, namun para kicaumania di wilayah Depok dan sekitarnya tetap antusias.

Panitia membuka 16 sesi lomba yang diikuti 485 peserta atau setiap sesi rata-rata diikuti 30 ekor burung. Cucak hijau Green Star tampil sebagai bintang lapangan, dan menjadi satu-satunya burung yang mampu menjuarai lebih dari satu sesi.

Green Star bahkan menyapubersih tiga kelas cucak hijau. Burung milik Om Mego Siswanto (B3 SF Depok) yang sudah tiga tahun dirawat Om Ical ini memenangi kelas utama Kraton, mengungguli Lapindo orbitan Om Angga (Depok) dan Andalas milik Om Andi (Ciliwung BC).

Cucak hijau Green Star
Cucak hijau Green Star sapubersih tiga kelas.

Di Kelas Raja, Green Star kembali bertengger di peringkat teratas. Lapindo dan Andalas berada di urutan ketiga dan keempat, di bawah cucak ijo Menci kepunyaan Om Agus Wana (Depok). Green Star juga tidak terkalahkan di Kelas Ratu.

Om Mego Siswanto
Om Mego Siswanto, pemilik cucak ijo Green Star.

Persaingan seru terjadi pada tiga kelas murai batu, terutama antara Super Dancer milik H Endri / Dhani (Edane SF), Korowelang andalan Om Suroto (Inyong BC), Pasundan besutan Om Nana 99 (AON SF), dan Poliponik kepunyaan Om Asep (Depok).

Murai batu Super Dancer sukses menjuarai kelas utama Kraton, mengalahkan Korowelang dan Poliponik yang harus puas menempati peringkat kedua dan ketiga.

Murai batu Super Dancer
Murai batu Super Dancer terbaik di kelas utama.

Super Dancer memang sering berprestasi di Jabodetabek. Beberapa pekan lalu, jagoan ini meraih double winner d U2 Enterprise dan runner-up kelas utama pada BnR 36 Depok.

Sayangnya kemenangan Super Dancer hari itu tidak disaksikan langsung oleh pemiliknya, H Endri, karena sedang menunaikan ibadah haji. Hari itu murai batu Super Dancer dikawal Om Dhani yang sehari-hari juga dipercata untuk merawatnya.

Om Dhani dan murai batu Super Dancer
Om Dhani (kiri) sukses mengawal murai batu Super Dancer.

Kelas Raja dijuarai murai batu Poliponik, unggul atas Pasundan dan Korowelang. Adapun Kelas Pangeran dimenangi Pasundan, disusul Koko Prabu milik Om Mego Siswanto dan Excell orbitan Om Hafiz dari Dipo Team.

Dua kelas kenari juga berlangsung sengit, terutama antara kenari Kapal Oleng milik Om Fahmi (Bintang Jagad Team), Maha Dewa andalan Om Tedy (Leopard BC), dan Pilot koleksi Ring Road (Dewata SF).

Kapal Oleng yang sudah memiliki reputasi nasional berhasil menjuarai Kelas Special B, mengalahkan Pilot dan Maha Dewa. Namun Maha Dewa sukses menjuarai Kelas Special A, disusul Pilot dan Bintang Kejora milik Om Benk R&B (Depok Bersatu).

Kemenangan Maha Dewa, kenari jenis AFS warna hijau, ini sekaligus membuktikan kepiawaian Om Tedy. Burung ini dulu pernah moncer dalam berbagai even di Jambi, kemudian “rusak” dan akhirnya dibeli Om Tedy beberapa bulan lalu.

Kenari Maha Dewa
Kenari Maha Dewa kembali mengorbit di tangan Om Tedy.

Secara bertahap, Om Tedy mampu memperbaikinya, sampai akhirnya kenari Maha Dewa sudah mampu nampil lagi. Hebatnya lagi, perawatan Maha Dewa ini nyaris tanpa settingan.

“Cukup mandi saat mau diturunkan. Tidak pakai extra fooding seperti sayuran, buah, atau telur puyuh rebus. Materinya sudah bagus, dengan lagu cengkok yang mewah, serta volume keras, dan durasi yang panjang,” jelas Om Tedy.

Om Tedy dan kenari Maha Dewa
Om Tedy (Leopard BC) bersama kenari Maha Dewa.

Latpres hari itu ditutup dengan pembagian aneka doorprize, mulai dari hape sampai aksesoris burung. Kraton Enterprise termasuk penyelenggara latpres yang paling konsisten membagikan doorprize. (d’one)

Om Anwar Kraton
Om Anwar Kraton, motor penggerak Latpres Kraton Enterprise.

Hasil Latpres Kraton Enterprise (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.