Piala Gubernur Banten: LB Awe We quintrick, Fretty dan Arnold nyeri –Alvin Team & Sien Ronny terbaik

Sejumlah lovebird terbaik di Indonesia seperti Kusumo, Awe We, Fretty, Arnold, Ronggeng, dan Zuviter tampil bareng dalam even akbar Piala Gubernur Banten di Lapangan Pemprov Banten, Jl Syech Nawawi Al-Bantani, Palima, Serang, Minggu (25/9).

Piala Gubernur Banten
Gubernur Banten H Rano Karno SIP melakukan penggantangan burung tanda lomba dimulai.

Lomba burung kemasan MBS bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten ini digelar dalam rangka merayakan HUT Ke-16 Provinsi Banten. Panitia digawangi Om Beni Ismail (ketua) dan Om Christ Murdock (ketua pelaksana) menggunakan dua lapangan.

Adapun penilaian dipercayakan kepada juri-juri Radjawali Indonesia (RI) asuhan Kang Pian (Om Sofyan Juandi). Ada enam kelas yang dilombakan, terdiri atas 56 sesi. Gelaran ini benar-benar meriah. Tiket terjual tercatat 2.806 lembar.

Para peserta datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Solo, Jogja, Medan, Bangka, Palembang, Lampung, dan kabupaten / kota di Banten seperti Tangerang, Tangerang Selatan, dan tuan rumah Serang.

Piala Gubernur Banten
Kesenian tradisional ikut meramaikan pembukaan lomba.

Lomba dihadiri langsung oleh Gubernur Banten H Rano Karno SIP yang didampingi Sekda Drs H Ranta Soeharta MM. Pembukaan lomba ini dimeriahkan pergelaran tari tradisional, dilanjutkan penyerahan piala dari Gubernur kepada panitia, dan penggantangan burung secara simbolis oleh Pak Gub.

Piala Gubernur Banten
Penyerahan piala dari Gubenur Banten kepada Om Christ Murdock selaku ketua pelaksana.

Kehadiran lovebird-lovebird terbaik nasional memang sangat dinantikan para penonton, apalagi bagi mereka yang belum pernah melihat aksi lovebird Kusumo, Awe We, Fretty, Arnold, Zuviter, dan Ronggeng. Keenam lovebird itu selalu menjadi bahan pembicaraan para kicaumania saat ini.

Lovebird Awe We milik Om Indra Andong (Pesut SF Samarinda) tampil luar biasa. Semua (9) sesi lovebird diikutinya, dan selalu masuk daftar juara. Bayangkan, dalam persaingan serbaketat, LB Awe We mampu menjuarai lima kelas sekaligus alias mencetak kemenangan quintrick.

Lovebird Awe We
Tampil 9 kali, LB Awe We lima kali juara 1, tiga kali juara 2, sekali juara 3.

Pada empat sesi lainnya, penampilan Awe We masih stabil. Hal ini terbukti dari keberhasilannya meraih juara 2 sebanyak tiga kali, dan satu sesi lainnya menempati peringkat ketiga.

Sebelumnya lovebird Awe We juga pernah meraih prestasi hebat dalam even di Provinsi Banten, dengan mencetak hattrick dalam Piala Kapolda Banten di Serang (7/8) dan hattrick lagi dalam gelaran Batavia Cup 2 di Tangerang (14/8). Saat itu, Awe We juga mengungguli lovebird Kusumo dan Fretty.

Piala Gubernur Banten
Persaingan sengit di kelas lovebird. Enam lovebird terbaik nasional turun di sini.

Prestasi ciamik juga diperlihatkan lovebird Fretty andalan Om Barnas Saputra (Depok). Burung ini menjuarai dua kelas, serta moncer pula pada lima sesi lainnya (juara 2, 3, 4, 5, 7).

Om Barnas dan LB Fretty
Om Barnas (kanan) selalu moncer bersama lovebird Fretty.

Lovebird Arnold orbitan Om Aji Kulonprogo juga meneruskan tren positifnya. Setelah menjuarai empat kelas (quattrick) dalam Piala Ketua DPRD Kabupaten Magelang (18/9), Arnold masih bisa menjuarai dua kelas di Piala Gubernur Banten.

Lovebird Arnold
Lovebird Arnold moncer di Blok Barat.

Selain itu, Arnold juga tiga kali menjadi runner-up dan sekali juara 3. Pada kedua even ini, Om Aji memperkuat Walet Team pimpinan Om Teguh. LB Arnold memang sedang naik daun. Burung ini sempat ditawar Rp 380 juta, namun Om Aji belum mau melepasnya.

( lihat juga Lovebird Arnold ditawar Rp 280 juta, Om Aji menolaknya )

Selain moncer bersama lovebird Arnold, Walet Team juga sukses melalui murai batu Ketu (nyeri juara 1), kenari Sinchan, cucak jenggot Astra Jingga, dan pleci Hokky.

Tapi dalam penghitungan poin BC, Walet Team harus puas di urutan kedua atau menjadi runner-up BC terbaik. Gelar juara umum BC diraih Alvin Team pimpinan Om Andi Owen.

Om Teguh Walet
Walet Team pimpinan Om Teguh runner-up BC terbaik.
Alvin Team juara umum BC
Alvin Team pimpinan Om Andi Owen (2 dari kanan) juara umum BC.

Juara umum perorangan / single fighter diraih Sien Ronny SF yang diwakili Om Waqi dan kawan-kawan. Dalam beberapa pekan terakhir, Sien Ronny kerap menjadi SF terbaik, antara lain dalam even nasional Piala Raja 2016 di Jogja (4/9), The Real Champion di Palembang (18/9), dan kini di Piala Gubernur Banten.

Sien Ronny juara umum SF
Penyerahan trofi juara umum SF kepada Sien Ronny, diwakil Om Waqi (2 dari kiri).

Dalam Piala Gubenur Banten, panitia membuka lima kelas anis merah, dua di antaranya dijuarai anis merah Petir milik Om Deny (KAMB).

Anis merah Petir
Anis merah Petir double winner.

Anis merah Tzaplok milik Om Ronald / Om Achun Owen menjuarai salah satu kelas. Om Achun Owen belakangan ini aktif kembali ke lapangan bersama putranya: Ronald Owen.

Om Achun Owen
Om Achun Owen (tengah) bersama Gubenur dan Sekda Provinsi Banten.

Om Rizal Serang sukses mengawal kacer Syeh Jatayu. Gaco lawas yang sekarang menjadi andalan LHS BF ini sukses menjuarai dua dari empat kelas yang dilombakan.

Om Rizal Serang
Om Rizal Serang (kanan) sukses tampilkan kembali kacer Syeh Jatayu.

Kacer Jagorawi andalan Om Hendra (Hyat SF) juga menjuarai salah satu kelas. Tidak hanya itu, Om Hendra Hyat juga menurunkan cucak hijau Raja Kapas dan meraih juara 1.

Kacer Jagorawi
Kacer Jagorawi sukses menjuarai salah satu kelas.
Cucak hijau Raja Kipas
Cucak hijau Raja Kipas milik Om Hendra Hyat.
Hyat SF
Om Hendra Hyat SF (2 dari kanan) sukses di kelas kacer dan cucak hijau.

Gelaran hari itu berlangsung lancar dan mulus. Om Christ Murdock selaku ketua pelaksana boleh dibilang mampu menyuguhkan even akbar yang menarik yang dipenuhi peserta.

Apalagi kontes ini juga dihadiri beberapa tokoh burung dari Banten, Jabodetabek, dan daerah lainnya. “Semua ini berkat dukungan rekan-rekan kicaumania yang turut membantu terselenggaranya lomba ini,” jelas Om Christ yang juga owner MBS.

Lomba ditutup dengan pengundian doorprize, antara lain 1 unit sepeda motor, lemari es, mesin cuci, dan sebagainya. Yang mendapatkan sepeda motor adalah bocah bernama Muhamad Daud.

Piala Gubernur Banten
Muhamad Daud raih dooprize sepeda motor.

Yang menarik, bocah ini bukanlah pemain burung. Dia tinggal di sekitar lapangan. “Saya bersama teman-teman hanya nonton. Saya kumpulkan tiket dari seorang pemain, dan saat diundi malah dapat motor,” ujarnya. (d’one)

Om Deny KAMB
Om Deny KAMB: Anis merah Petir nyeri juara 1.
Piala Gubernur Banten
Piala Gubernur Banten diikuti hampir semua lapisan kicaumania.
Om Hendy Carton dan Om Christ Murdock
Om Hendy Carton (kiri) bersama Om Christ Murdock.
Piala Gubernur Banten
Tim 220 Volt ikut meramaikan Piala Gubernur Banten.
Piala Gubernur Banten
Gubernur Banten diapit dua petinggi Radjawali Indonesia, yakni Om Sofyan Juandi (sebelah kiri) dan Om Prio Ohara.
Piala Gubernur Banten
Tim juri Radjawali Indonesia foto bareng Gubernur Banten.

Hasil Lomba Piala Gubernur Banten (klik di sini)

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.