Sarbini Cup Blora: MB Monster Hulk, kenari This Is HK, dan cucak hijau IDJ double winner

Murai batu Monster Hulk milik H Kadi (Ngroto Cepu), kenari This Is HK orbitan Om Anggun (ATB Canary Blora), dan cucak hijau IDJ koleksi Om Naruto (Juwana) meraih double winner dalam Latpres Sarbini Cup di Taman Sarbini Blora, Minggu (23/10).

Latpres Sarbini Cup-KPK Blora
Suasana penjurian lovebird dalam Latpres Sarbini Cup-KPK Blora, Minggu (23/10).

Even ini digelar Komunitas Pecinta Kenari (KPK) Blora yang saat ini diketuai Om Toha (ketua KPK), dan digawangi Om Roni Setiawan selaku ketua panitia. Jumlah tiket terjual tercatat sekitar 600 lembar. Para kicaumania datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Blora, Rembang, Grobogan, dan Pati.

Meski sempat diguyur hujan, acara berlangsung lancar hingga rampung. Para kicaumania tetap antusias mengikuti lomba, bahkan beberapa di antara mereka rela berbasah ria demi mendukung jagoan masing-masing yang berlaga di lapangan.

Acara ini mendapat dukungan secara materiil dari Cafe Sarbini. Om Muryo, pemilik Cafe Sarbini, datang beserta istri dan anaknya (Om Sentot). Gantangan yang berjumlah 60 itu pun milik Om Sentot, yang bisa disewa oleh event organizer (EO) lomba burung kicauan.

Om Muryo, pemilik Cafe Sarbini
Om Muryo (kiri), pemilik Cafe Sarbini, sekaligus sponsor utama Sarbini Cup.

Murai batu Monster Hulk memang tampil menawan. Gaco milik H Kadi ini memiliki materi isian lovebird dan cililin, dengan durasi sekitar 20-30 detik. Kelas Sarbini pun berhasil dimenanginya, disusul Tum Hi Ho orbitan Om Puguh ADPT (Team OTT-RBC) dan Rocky milik Mbah Mo (Duta Jabrig Cup).

Gelar kedua diraih MB Monster Hulk di Kelas Taman, mengalahkan murai batu IDJ 2 besutan Om Naruto (Juwana) dan Rocky. Tetapi Rokcy mampu melakukan revans saat menjuarai Kelas Taman. Monster Hulk di posisi kedua.

H Kadi, pemilik murai batu Monster Hulk
H Kadi: Murai batu Monster Hulk nyaris hattrick.

“Monster Hulk baru tiga bulan di tangan saya, namun prestasinya selama ini sangat memuaskan,” tutur Om Kadi yang datang bersama keluarga. “Senang bisa liburan bersama keluarga, sekalian menggantang burung,” tambahnya.

Penampilan apik juga diperlihatkan cucak hijau IDJ. Gaco milik Om Naruto (Juwana) yang juga anggota PKP Pati ini menjuarai dua dari tiga kelas yang dilombakan. Di Kelas Taman, IDJ mengungguli cucak hijau Blarutan besutan Om Yan (Ngablak SF) dan Rumit jagoan Om Bakri (Blora).

Namun Kelas Sarbini dimenangi Blarutan, disusul Juragan Jati orbitan Om Ari Mahmud (Purwodadi) dan Maike Jagger milik Om Muklis (Dewa BC). IDJ kemudian meraih gelar keduanya di Kelas Kolam, unggul atas NBC besutan Om Nanda (My B3vy).

Kelas kenari dimainkan empat sesi, terdiri atas tiga kelas bebas dan satu kelas kalitan. Bintang lapangan kali ini adalah kenari This Is HK. Burung orbitan Om Anggun (ATB Canary Blora) ini terbaik di Kelas Bebas Sarbini, mengalahkan Jowo milik Om Yanuar (Monek SF Cepu) dan Bocil besutan Om Chatez (Duta Jabrig Cup).

Kenari This Is HK
Kenari This Is HK memang is the best.

Kenari This Is HK yang hari itu dikawal Om Tommy (pemilik Kios Burung Kamolan) meraih gelar keduanya di Kelas Bebas KPK, mengungguli RK II besutan Om Dwi SP (Rajawali BC) dan Hitler orbitan Om Gambaz (Family SF). Adapun Kelas Bebas Kolam dimenangi Kenshin, kenari milik Om Arif AGT (PKP Pati), disusul Jowo dan Yoko orbitan Om Candiwa-Dansen (CFB).

Kenari This Is HK orbitan Om Anggun
Kenari This Is HK orbitan Om Anggun nyeri juara 1.

Jowo yang dua kali menjadi runner-up di kelas bebas merupakan kenari kecil (kalitan). Turun di kelas spesialisnya, gaco orbitan Om Yanuar (Monek SF Cepu) ini meraih juara pertama, mengungguli Rekening kepunyaan Om Aris AK 47 / Goen (CFB) dan Adipati milik Den Wongso SCS (CFB Blora).

“Kenshin merupakan burung pelapis jagoan saya, kenari Basudewa dan Om Toyik, yang saat ini sedang mabung,” ungkap Om Arif AGT.

PKP Pati
PKP Pati moncer bersama kenari Kenshin dan cucak ijo IDJ.

Duta Jabrig Cup yang dipimpin langsung oleh Om Jabrig merajai kelas cendet. Tim ini moncer bersama cendet Toak milik Om Felix (juara 1 Kelas Sarbini), Monster besutan Om Jabrig (juara 1 Kelas Kolam, juara 2 Kelas Sarbini), dan Majapahit milik Om Felix (juara 2 Kelas Taman, juara 5 Kelas Sarbini). Om Felix juga menurunkan cendet Newport yang menempati posisi ketiga di Kelas Sarbini.

Duta Jabrig Cup
Duta Jabrig Cup mendominasi kelas cendet.

Satu-satunya sesi yang gagal dimenangi Duta Jabrig adalah Kelas Taman yang dijuarai cendet Pamungkas milik Om Kevin (Jagal Ronggolawe). Pekan lalu, cendet Pamungkas meraih double winner dalam gelaran Langgeng BC. Pernah juga ngeluruk ke Denpom Cup di Malang dan tampil sebagai runner-up.

Om Kevin dan cendet Pamungkas
Om Kevin (tengah) orbitkan cendet Pamungkas.

Dalam memoles cendet Pamungkas, Om Kevin yang masih muda usia ini belajar dari para seniornya dan hasilnya makin terlihat. “Cendet Pamungkas memiliki tembakan pelatuk sampit, lovebird, serta jangkrik, yang dibawakannya dengan speed rapat dan berulang-ulang,” jelas Om Kevin.

Selain mendominasi kelas cendet, Duta Jabrig Cup juga moncer bersama kacer Sableng milik Om Wowok Nugroho (juara 1 dan 3), murai batu Rocky besutan Mbah Mo (juara 1, 3, 3), serta lovebird Boneng dan Sableng milik Om Wowok.

Selain bersilaturahmi dengan rekan-rekan kicaumania, kehadiran Om Jabrig dan kawan-kawan ini sekaligus untuk mensosialisasikan lomba burung berkicau Jabrig Cup, yang akan berlangsung di Markas Batalyon 410 Blora, Minggu 8 Januari 2017.

Om Jabrig
Om Jabrig siap gelar lomba burung berkicau Jabrig Cup di Blora, 8 Januari 2017.

Tim lain yang meraih kemenangan adalah Dewa BC Rembang, masing-masing melalui lovebird Komunis milik Om Teo (juara 1, 2), lovebird Kombor orbitan Om Sony (juara 1), cucak hijau Maike Jagger besutan Om Muklis (juara 3), dan cucak hijau Joker orbitan Londo (juara 4).

Dewa BC Rembang
Dewa BC Rembang sukses di kelas lovebird dan cucak hijau.

Mewakili seluruh kru panitia serta tim juri yang bertugas, Om Toha dan Om Roni Setiawan mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungan para kicaumania dari berbagai daerah. (neolithikum)

Om Toha dan Om Sentot
Ketua KPK Blora, Om Toha (kiri), bersama Om Sentot (Cafe Sarbini).
Panitia Sarbini Cup - KPK Blora
Panitia Sarbini Cup – KPK Blora.

Hasil Latpres Sarbini Cup – KPK Blora (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.