Lovebird Kustono quintrick di Oktoberkicau BnR Mojokerto

Kustono, lovebird milik Aba Yudi yang pernah moncer di sejumlah even besar seperti Piala Raja dan Pakde Karwo Cup, tampil luar biasa dalam kontes Oktoberkicau BnR Mojokerto di lapangan belakang Alfamart Sambiroto, Mojokerto, Minggu (30/10). Kustono sukses menjuarai lima kelas alias mencetak kemenangan quintrick.

Oktoberkicau BnR Mojokerto
Oktoberkicau BnR Mojokerto: Kelas lovebird ramai, namun tetap tertib dan tanpa protes.

Even ini benar-benar berlangsung meriah dan sukses. Disebut meriah, karena jumlah pesertanya tercatat 1.234 ekor burung. Para kicaumania datang dari berbagai daerah di Blok Timur, seperti Surabaya, Kediri, Nganjuk, Malang, Gresik, Jombang, Sidoarjo, dan wilayah Mojokerto Raya.

Disebut sukses karena para peserta dan penonton mau berlaku tertib, bahkan tidak ada seorang pun peserta yang melancarkan protes / komplain terhadap hasil lomba. Kerja keras Juri BnR pun mendapat apresiasi positif dari para pemilik atau joki burung.

Oktoberkicau BnR Mojokerto
Pemuka dan warga Desa Sambiroto ikut mendukung even ini.

Kesuksesan lomba juga bisa dicermati dari keterlibatan warga Desa Sambiroto, termasuk aparat / perangkat desa setempat, baik dalam persiapan maupun pelaksanaan even itu sendiri. Bahkan Abah Pitung, kepala Desa Sambiroto, berkenan membuka acara dan melakukan penggantangan pertama.

Oktoberkicau BnR Mojokerto
Kepala Desa Sambiroto, Abah Pitung, melakukan penggantangan perdana.

Dalam sambutannya, Abah Pitung mengimbau kepada semua peserta dan warga desanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Selain dapat mempererat persatuan, lomba burung seperti ini sekaligus bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sebelum bertugas, seperti biasa, satu-persatu juri disumpah di bawah kitab suci Al-Quran, yang dipandu Abah Soleh, pemuka agama di desa tersebut.

Oktoberkicau BnR Mojokerto
Sebelum bertugas, satu persatu juri BnR menjalani prosesi penyumpahan.

Dalam even ini, panitia membuka 11 kelas lovebird, termasuk Kelas BOB yang hanya diikuti juara 1-3 pada kelas-kelas regular. Percaya nggak percaya, lovebird Kustono mampu mengikuti semua kelas dan selalu masuk daftar juara.

Selain lima kali juara 1, Kustono juga empat kali juara 2 serta masing-masing sekali juara 7 dan 8. Ini membuktikan berapa hebat stamina burung ini, serta kestabilan penampilannya.

Aba Yudi, pemilik lovebird Kustono, merupakan kicaumania asal Lawang DJ, Malang. Dalam even kali ini, dia ikut memperkuat MLS Mojosari yang akhirnya dinobatkan sebagai juara umum single fighter (SF).

MLS Mojosari
MLS Mojosari tampil sebagai juara umum single fighter.

Penampilan gemilang juga diperlihatkan lovebird RCA besutan Om Anang / Kaji Jaddab (Jaddab BC). Burung ini menjadi satu-satunya lovebird yang mampu mengimbangi kehebatan Kustono. RCA sukses mencetak hattrick, serta sekali juara 3 dan 4.

lovebird RCA
Laskar Jaddab BC merayakan kemenangan hattrick lovebird RCA.

Adapun gelar juara umum bird club (BC) diraih Duta RBC 99 Cup 1, yang bakal menggelar lomba burung kicauan di Gantangan KMM Kalang Dlanggu, Mojokerto, 20 November 2016.

Duta RBC 99 berhasil menyapubersih tiga kelas cucak hijau, meski melalui burung yang berbeda. Cucak hijau Gundala milik Om Sugix terbaik di Kelas Executive, sedangkan Kelas VIP dan Kelas A dimenangi cucak Jaya milik Om Agus dan Orion besutan Om Louis DC, semuanya dari Duta RBC 99 Cup.

Duta RBC 99 Cup 1 juara umum BC
Duta RBC 99 Cup 1 juara umum BC: Siap gelar even di Mojokerto, 20 November 2016.

Tim ini juga memboyong trofi juara 1 melalui kenari Ganesha (double winner) milik Om Toni IRP, kenari Ritme milik H Biant, dan kacer Sniper kepunyaan Om Uchin.

Persaingan ketat terjadi pada tiga kelas murai batu. Singosari BF moncer di Kelas Executive lewat aksi ciamik murai batu Samuree andalan Dori Abah (Singosari BF), yang mengungguli MB Melody koleksi Om Toni IRP (Duta RBC 99 Cup) dan Samurai besutan Om Agan S (JBC).

Murai batu Songgolangit orbitan Om Joko (Pugeran Gondang) terbaik di Kelas VIP, mengalahkan Samuree dan Addict milik Om Indrasta (Lor Brantas). Kelas A dimenangi MB Baron besutan Om Haron (HK Moker), disusul Boncel milik Om Andhy (Grand Kenongo Estate) dan Rubicon andalan Om Dedy dari Buwuh Mania.

Oktoberkicau BnR Mojokerto
Murai batu Baron dan Boncel juara 1-2 Kelas A.

Om Eko Supriyanto selaku ketua pelaksana Oktoberkicau BnR Mojokerto mengucap terimakasih atas kehadiran dan dukungan para kicaumania di Blok Timur. “Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan selama penyelenggaraan even ini,” ujarnya.

Ketua BnR Mojokerto, Om Afif M, menambahkan bahwa BnR Mojokerto akan menggelar latber rutin di lapangan baru ini (belakang Alfamart Sambiroto) setiap Selasa dan Minggu, mulai pukul 14.00. (Sugeng)

Brosur Latber Rutin BnR Mojokerto setiap Selasa dan Minggu siang
(klik gambar untuk mengunduh brosur)

Hasil Lomba Oktoberkicau BnR Mojokerto (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.