Tips mencetak kenari untuk lagu-lagu isian

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Meski berkesan “dianaktirikan” oleh sejumlah event organizer (EO) mainstream / arus utama, kenari isian tetap punya penggemar tersendiri. Ada kepuasan batin tersendiri jika kita bisa menggladi kenari sehingga memiliki lagu-lagu isian yang jauh berbeda dari lagu aslinya (standar).

kenari isian
Tips mencetak kenari isian.

Mencetak kenari isian bukanlah perkara mudah. Tetapi dengan ketekunan dan kesabaran, burung pun akan mampu menguasai lagu-lagu yang diajarkannya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka kenari yang akan digunakan sebaiknya dipilih yang baru lepas lolohan atau umurnya kurang dari 3 bulan. Pada umur tersebut kenari punya kemampuan mendengar, mempelajari, dan merekam atau mencerna suara-suara yang didengarnya dengan sangat baik.

Setelah mendapatkan kenari yang dimaksud, tahap selanjutnya adalah menyiapkan burung-burung yang akan kita jadikan masterannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung masteran yang cukup popular di kalangan penggemar kenari isian adalah blackthroat, sanger, siskin, gelatik, hingga cililin. Jika tidak mau repot dengan perawatannya, Anda juga bisa mengandalkan audio masteran dari mp3 yang bisa ditemukan di omkicau.com.

Tahap berikutnya adalah menyiapkan ruangan / kamar khusus untuk melakukan proses pemasteran. Hal ini sangat diperlukan agar kenari dapat sepenuhnya berkonsentrasi dan fokus pada suara yang didengarnya, tanpa gangguan. Dengan demikian, proses pemasterannya pun bisa berlangsung lebih cepat dan lancar.

Waktu pemasteran

Waktu pemasteran yang tepat adalah pagi, siang, dan sore / malam hari, dengan rincian sebagai berikut:

  • Pemasteran pada pagi hari dilakukan setelah kenari dimandikan dan dijemur, yaitu sekitar pukul 08.00 s/d 09.00.
  • Pemasteran pada siang hari dilakukan saat kenari sedang beristirahat (sekitar pukul 13.00 – 15.00).
  • Pemasteran pada sore hari dilakukan saat kenari kembali aktif, yaitu sekitar pukul 16.00 s/d 17.30.
  • Pemasteran pada malam hari bisa dilakukan jika diperlukan yaitu pukul 19.00.

Memaster kenari dengan burung masteran

Teknik memaster kenari dengan burung masteran dilakukan dalam sebuah ruangan / kamar khusus. Di dalam kamar telah disediakan gantangan untuk menggantung sangkarnya dengan posisi sejajar atau melingkar. Dalam prosesnya nanti, burung kenari berada di tengah-tengah burung masterannya.

Selama tahap pemasteran, sangkar kenari dikerodong full dengan kain berbahan tipis. Untuk burung masterannya, pemberian kerodong sebaiknya dengan memperhatikan kebiasaan atau karakter dari burung itu sendiri.

Memaster kenari dengan audio mp3

Pemasteran menggunakan suara rekaman / audio mp3 biasanya dilakukan dengan alasan penghematan atau karena tidak mau repot dengan perawatan hariannya. Namun, ada beberapa persyaratan khusus yang harus diperhatikan saat ingin memaster kenari dengan menggunakan perangkat elektronik atau handphone, yaitu:

  • Audio rekaman yang digunakan harus mempunyai suara yang jernih, low noise, dan jelas terdengar (tidak bercampur suara burung lain).
  • Perangkat yang digunakan untuk memutarkan audio harus bisa mengeluarkan suara dengan sangat jelas (tidak sember), tidak menggunakan efek audio / flat, serta mempunyai volume yang bisa diatur kekerasannya.
  • Agar hasil masterannya memuaskan, Anda dapat memanfaatkan perangkat masteran elektronik khusus yang disebut dengan Sonic Master

Proses pemasteran menggunakan perangkat elektronik / handphone sebaiknya dilakukan dalam ruangan kecil. Hal ini bertujuan agar suara dari alat pemutar audio bisa terdengar lebih jelas tanpa adanya gangguan. Kenari yang akan dimaster digantang di tengah-tengah ruangan, baik dalam keadaan dikerodong maupun tidak dikerodong.

Perangkat audio diletakkan tepat di bawah sangkarnya. Jarak antara perangkat dan sangkar sekitar 1,5 – 2 meter, karena pada posisi inilah suara dengan volume sedang bisa lebih jelas terdengar.

Selain itu, audio yang digunakan bisa berupa single audio yang diputarkan secara terus-menerus / berulang, atau menggunakan multi-audio yang berisi serangkaian suara burung yang terdiri atas beberapa jenis dengan diselingi waktu jeda. Pemutaran audio sebaiknya dilakukan dengan volume sedang.

Selama proses pemasteran, tidak sedikit kicaumania yang ingin agar kenarinya mempunyai suara full isian dengan mengilangkan suara aslinya. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, pemasterannya harus dilakukan secara rutin, dan yang terpenting tidak menggantang berdekatan dengan kenari lain yang akan membuatnya glender.

Ragam audio masteran kenari

Hasil pemasteran umumnya baru terlihat setelah kenari berumur lebih dari lima bulan. Saat itulah kenari akan rajin mengelurkan suara ngeriwiknya, sehingga kita bisa tahu mana suara yang telah masuk (full isian) atau masih tetap mengeluarkan suara aslinya.

Kendati begitu, tahap pemasteran masih tetap dilanjutkan sampai burung berumur lebih dari 7 bulan. Soalnya pada saat itu, kenari akan mulai belajar mengeluarkan suara kicauannya secara lantang.

Berikut ini beragam koleksi audio masteran yang bisa diunduh untuk memaster kenari kesayangan Anda menjadi kenari isian.

Anda juga bisa mengikuti Tips Om Sarwoko CJT dalam memaster kenari dengan lagu-lagu isian, sekaligus mencegah agar tidak glender di kemudian hari. Silakan simak panduannya di sini.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

Komentar ditutup.