Burung menggunakan paruhnya sebagai pendingin udara

Paruh burung memiliki berbagai kegunaan, antara lain untuk mengambil makanan, membuat sarang, bahkan untuk membunuh saingan atau mangsanya. Bahkan, burung menggunakan paruhnya sebagai pendingin udara, sebagaimana hasil penelitian para ilmuwan belum lama ini.

Para ilmuwan yang berasal dari University of North Carolina, Amerika Serikat, untuk kali pertama mendapatkan gambar struktur kecil pada rongga hidung di paruh burung gereja.

Uniknya, struktur yang disebut conchae ini berfungsi seperti pendingin udara / AC yang akan mendinginkan aliran udara yang masuk ketika bernafas. Hal ini dapat membantu memberikan kelembaban pada habitat yang kering atau pada suhu panas.

Conchae berbentuk menyerupai gulungan sempit tulang yang dapat mengatur asupan udara atau sebagai  radiator panas. Para ilmuwan menduga, conchae berkembang untuk memenuhi kondisi tertentu dalam ekosistem hewan. Selain itu, evolusi struktur ini pun dapat mempengaruhi ukuran dan bentuk paruh.

Gambar conchae dalam rongga hidung burung gereja yang didapatkan dari rekonstruksi 3D CT scan.
Conchae dalam rongga hidung burung gereja yang didapatkan dari rekonstruksi 3D CT scan.

Hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam Jurnal The Auk: Ornithological Advances. Penelitian menggunakan mesin Computed Tomography / CT untuk melakukan scanning terhadap dua ekor burung gereja yang umum ditemukan di Amerika Utara. Kedua burung tersebut berasal dari habitat yang berbeda, yaitu habitat kering dan lembab.

Hasil scan menunjukkan gambaran conchae yang cukup rinci dan belum pernah terjadi sebelumnya. Gambaran in mengungkap bagaimana struktur bagian dalam paruh burung yang belum pernah dilihat maupun dibayangkan oleh para peneliti dan ahli burung sebelumnya.

 Gambar conchae dalam rongga hidung burung gereja yang didapatkan dari rekonstruksi 3D CT scan.
Gambar struktur conchae dalam rongga hidung burung gereja.

Tim peneliti menemukan fakta bahwa burung yang mempunyai paruh lebih besar dan hidup di iklim kering rata-rata memiliki conchae dengan permukaan lebih lebar. Hal itu memungkinkan air akan mengembun ketika burung mengembuskan udara. Dengan demikian dapat membantu melembabkan dan mendinginkan tubuhnya ketika bernafas. Ukuran permukaan yang lebih luas juga dapat membantu burung membuang panas tubuhnya dengan cepat.

Penemuan para imuwan ini menjadi bukti pertama bahwa rongga hidung bisa sangat bervariasi pada beberapa jenis burung yang sama namun mendiami iklim berbeda. Berkat teknologi inovatif tersebut, kita bisa mengetahui betapa rumit rongga hidung yang dimiliki burung.

Semoga menambah wawasan kita.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.