LB Intan dan kacer Setan Hitam quattrick di Mekarsari Cup, MB Led Zepplin juara kelas utama

Lomba burung berkicau Mekarsari Cup 1 berlangsung meriah di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Minggu (27/11). Sekitar 1.800 ekor burung tampil dalam even ini. Panitia yang digawangi Om Nizar (ketua), Om Ajat 99 (ketua pelaksana), dan Om LB Bayu / HL 99 (pelindung) mengggunakan dua lapangan, dengan menggelar 51 sesi yang terbagi dalam tujuh kelas.

Lomba burung berkicau Mekarsari Cup 1
Suasana kelas murai batu dalam even Mekarsari Cup 1 di Bogor, Minggu (27/11).

Mekarsari Cup 1 merupakan even perdana HL 99 yang berkolaborasi dengan Laskar Community dan Radjawali Indonesia (RI). Lovebird Intan dan kacer Setan Hitam tampil mencengangkan, dengan menjuarai empat kelas alias mencetak kemenangan quattrick.

Padahal persaingan di kelas lovebird sangat ketat. Panitia membuka 15 sesi lovebird, termasuk 4 sesi lovebird baby. Beberapa lovebird hebat tampil di sini, antara lain Fretty andalan Om Barnas Saputra yang memperkuat Fitri BKS Samarinda dan Samyang milik Om Bonni N (Rantau BC) yang beberapa pekan terakhir ini selalu meraih juara 1.

Kemudian ada juga lovebird Candy orbitan Om Rizki RWP (RWP Bandung), Rossiddin milik Om Isan Fadjrian Pekanbaru (Sien Ronny SF), Intan besutan Om Avent (BCC SF Bogor), dan gaco-gaco tangguh lainnya.

Dalam persaingan superketat ini, lovebird Intan mampu menjuarai empat kelas. Kendati demikian, lovebird Fretty juga tetap tampil cantik. Burung ini mencetak hattrick (tiga kali juara 1), termasuk kelas utama Mekarsari, serta juara 2, 3, 3, dan 4 pada sesi lainnya.

Lovebird Samyang kembali menunjukkan tren positifnya. Setelah menjuarai sejumlah lomba dalam beberapa minggu terakhir ini, lovebird besutan Om Bonni N ini meraih double winner serta lima kali di posisi runner-up. Sungguh prestasi yang menakjubkan.

Lovebird Samyang
Lovebird Samyang dua kali juara 1 dan lima kali juara 2.

Dua kelas lainnya masing-masing dijuarai lovebird Gentar kepunyaan Om JJ Raffi (JRC Team Bogor) dan Candy orbitan Om Rizki RWP (Bandung). Candy juga dua kali menjadi juara 2 dan tiga kali juara 3.

Om Aldi Giovani / Om Iwan (Jakarta) moncer bersama kacer Setan Hitam. Burung ini menyapubersih empat kelas yang dilombakan. Duet ini juga menurunkan kacer Reog (juara 2) dan Dewa Ruci (juara 3 dan 4).

Kacer Setan Hitam
Kacer Setan Hitam sapubersih empat kelas yang dilombakan.

Padahal, Setan Hitam baru saja menyelesaikan turnya di sejumlah kota di Kalimantan. “Ya, selama sebulan penuh, Kacer Hitam saya tampilkan dalam beberapa lomba di Kalimantan,” jelas Om Aldi.

Om Aldi dan kacer Setan Hitam
Om Aldi (3 dari kiri) sukses bersama kacer Setan Hitam.

Bintang lainnya dalam even ini adalah murai batu Kudeta kepunyaan Om Teguh (Walet SF) serta Led Zepplin orbitan Om Bebeng (Parahyangan Team). MB Kudeta sukses mencetak hattrick, sedangkan MB Led Zepplin menjuarai kelas utama Mekarsari.

Murai batu Kudeta
Murai batu Kudeta menang hattrick.

Murai batu Kudeta menjuarai Kelas Panglima, Aqua, dan Barawa, serta runner-up Kelas Vit Orange. Sebelumnya, Kudeta pernah nyeri juara 1 dalam even Piala Sultan Banten di Serang (30/10) dan Bupati Cup di Pandeglang (20/11).

Om Teguh dan murai batu Kudeta.
Om Teguh (Walet SF), pemilik murai batu Kudeta.

Murai batu Led Zepplin menjuarai kelas utama, mengalahkan murai batu Black Dragon besutan Om Bonni N (Rantau BC) serta MS andalan H Sukarto (SKR SF Cicurug), jawara kelas bergengsi di Presiden Cup IV (2/10).

Murai batu Led Zepplin
Murai batu Led Zepplin terbaik di kelas bergengsi.

Led Zepplin merupakan murai batu dengan hasil breeding H Suwadi (Klaten), dengan ring berkode 7540-SWD. “Burung ini sudah lama moncer di tangan pemilik sebelumnya yang juga sahabat saya di Bandung. Saya mendapatkan burung ini dengan harga spesal, karena ada hubungan pertemanan,” jelasnya.

Meski Black Dragon menempati posisi runner-up, Om Bonni tetap merasa bangga dan puas. Apalagi gaconya yang lain, murai batu Balotelli, sukses menjuarai kelas ekor hitam. Belum lagi LB Samyang yang memberinya dua trofi juara 1 dan lima trofi juara 2.

Murai batu Balotelli
Murai batu Balotelli juara di kelas MB Ekor Hitam.

Beberapa amunisi Om Bonni inilah yang ikut mengantarkan Rantau BC meraih juara umum tim / bird club. Klub ini baru saja dibentuk dan dipimpin H Ali (Cileungsi).

Om Bonni N
Om Bonni N (kiri) sukses bersama MB Balotelli dan Black Dragon serta LB Samyang.

Pentet kenamaan Top Speed sukses menjuarai dua kelas yang dilombakan. Untuk Blok Barat, jagoan Om Budi Indo (Taruna BC) ini memang sulit ditaklukan. Top Speed juara di Kelas Vit Orange dan Barawa.

Om Budi Indo dan pentet Top Speed
Om Budi Indo (2 dari kanan) double winner bersama pentet Top Speed.

Juara umum single fighter diraih Sien Ronny SF (Surabaya), disusul H Fitri BKS (Samarinda). Koleksi Sien Ronny hari itu unggul di beberapa kelas, antara lain melalui kenari Opella debutan anyarnya.

Kenari Opella
Kenari Opella, debutan anyar Sien Ronny SF.

Secara keseluruhan, gelaran Mekarsari Cup 1 berlangsung sukses. Hujan lebat yang mengguyur Kota Bogor sepanjang lomba tak mempengaruhi para kicaumania untuk tetap menggantang gaco-gaco andalannya. (d’one)

Rantau BC
Rantau BC pimpinan H Ali (4 dari kanan) juara umum tim / BC.
Sien Ronny SF
Sien Ronny SF juara umum single fighter.
Om Sofyan Juandi
Om Sofyan Juandi, owner Radjawali Indonesia.

Hasil Lomba Mekarsari Cup 1, Bogor (Minggu, 27 November 2016):

Murai Batu | Lovebird | Cucak Hijau | Kacer | Kenari | Kelas Lain

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.