Tawau dada-hitam, burung endemik Kalimantan yang unik dan misterius

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dari 1.666 spesies burung di Indonesia, tawau dada-hitam boleh dibilang jenis burung paling unik dan misterius. Para ilmuwan menempatkan spesies yang bernama latin Chlamydochaera jefferyi ini sebagai anggota dari keluarga kepudang / kapasan. Namun catatan DNA menunjukkan bahwa tawau-dada hitam mempunyai keterkaitan dengan keluarga burung anis (Turdidae).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung tawau dada-hitam yang unik dengan asal-usul yang misterius
Burung tawau dada-hitam yang unik dan misterius.

Tawau dada-hitam / fruithunter atau black-breasted fruit-hunter merupakan burung endemik Kalimantan. Wilayah persebarannya meliputi bagian utara, barat, dan tengah Kalimantan; mulai dari Gunung Kinabalu ke selatan hingga Gunung Mulu dan Gunung Dulit, serta Gunung Nyiut dan Taman Nasional Baka-Bukit Raya.

Postur tubuhnya cukup besar, dengan panjang tubuh mencapai 25 cm, berwarna keabu-abuan dengan bercak hitam tebal pada bagian dadanya. Kepala kuning tua dengan strip hitam memanjang.

Burung jantan dan betina mudah dibedakan dari penampilannya. Burung jantan mempunyai tubuh berwarna abu-abu, dengan warna kuning kemerahan pada dagu dan mahkotanya. Adapun tubuh burung betina berwarna cokelat kemerahan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tawau dada-hitam jantan (kiri) dan betina
Burung tawau dada-hitam jantan (kiri) dan betina.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Selama ini, asal-usul burung tawau dada-hitam cukup misterius. Meski saat ini ditempatkan sebagai anggota famili Turdidae bersama-sama dengan beberapa jenis anis / punglor, namun tawau dada-hitam sangat berbeda dari anis lainnya. Malah lebih konvergen ke dalam keluarga kapasan / kepudang. Karena itu pula, sebagian ahli ornithologi menempatkan tawau dada-hitam dalam genus tersendiri, yaitu Chlamydochaera.

Uniknya lagi, meski tawau dada-hitam memiliki penampilan mirip burung kepudang / kapasan, serta berasal dari  keluarga anis, perilakunya cenderung mirip burung punai dan gemar makan buah-buahan. Namun begitu, spesies ini diketahui tidak memiliki suara kicauan selantang kepudang. Suaranya justru lebih mirip suara panggilan anis biasa yang bersuit melengking.

Semoga menambah pengetahuan kita.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.