Murai batu R Vampir: Dongkrak fisik di kandang umbaran, terbang bolak-balik 500 kali

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Murai batu R Vampir milik H Aris Margono (Aa Aa BC) baru saja memenangi lomba burung berkicau Road to Bang Boy Cup 1 di TMII Jakarta, Minggu (8/1). Om Aris membeli murai batu R Vampir dalam kondisi kurang maksimal, sehingga dia harus memesan kandang umbaran sepanjang 6 meter untuk melatih fisik jagoannya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Aris dan murai batu R Vampir
Om Aris Margono (Aa Aa BC) bersama murai batu R Vampir.

Kandang umbaran untuk murai batu dan kacer pada umumnya memiliki panjang 3 meter. Tetapi Om Aris sengaja memesan kandang polier itu dengan panjang 6 meter, untuk meningkatkan performa fisik serta pernafasan murai batu R Vampir.

“Penggunaan kandang umbaran untuk R Vampir ini biasanya sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Selebihnya tetap di kandang harian,” kata Om Aris di kediamannya, Jalan Pangkalan Jati IV, Jatiwaringin,  Jakarta Timur.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Di dalam kandang umbaran inilah, murai batu R Vampir dilatih fisiknya dengan cara digoda sehingga burung akan terbang bolak-balik hingga 500 kali. Rinciannya, 250 kali pada latihan fisik pagi hari, dan 250 kali lagi pada sore hari.

Murai batu R Vampir
Untuk melatih staminanya, murai batu R Vampir dimasukkan ke kandang umbaran sepanjang 6 meter, terbang bolak-balik sebanyak 500 kali.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Hasilnya, setelah sebulan di tangan Om Aris, prestasinya langsung ngejosss dan moncer dalam kontes Fauna Cup di Lapangan Banteng Jakarta (20/11). Prestasinya terus berlanjut pada awal tahun ini, dengan menjuarai Road to Bang Boy Cup 1 di TMII Jakarta.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu R Vampir memiliki tipe ngerol-nembak. Materi isiannya terdiri atas tembakan suara burung rio-rio, serindit, cililin, cucak jenggot, dan ngekek lovebird. Durasi kerjanya hebat, sejak awal digantang hingga menit akhir terus ngedur tanpa henti.

Bukan hanya berprestasi, stamina burung ini juga luar biasa, meski kesehariannya tanpa dijemur. “R Vampir bisa turun tiga atau empat sesi dalam sebuah even. Melihat prestasinya akhir-akhir ini, saya yakin R Vampir mampu bersaing dalam even-even sepanjang tahun 2017,” ujar Om Aris.

Sehari-hari tanpa kroto, hanya voer dan jangkrik

Murai batu R Vampir
Murai batu R Vampir siap berlaga sepanjang tahun 2017.

Murai batu R Vampir memiliki beberapa kebiasaan unik. Berbeda dari murai batu pada umumnya, burung ini sama sekali tidak pernah mengkonsumsi kroto. Sehari-hari hanya makan voer dan jangkrik.

“Dalam sehari, burung bisa menghabiskan 20-30 ekor jangkrik. Kalau menjelang lomba, biasanya ditambah beberapa ekor ulat hongkong, tergantung keadaan cuaca dan kondisi burung,” tambah Om Aris.

R Vampir juga tidak perlu dijemur. Kesehariannya cukup di sangkar harian. Mandi dilakukan setiap pagi. Usai mandi, burung cukup diangin-anginkan.

Apabila staminanya agak menurun, R Vampir biasanya dipindah ke kandang umbaran, dari pagi hingga sore. “Sebagai pengganti jemur, ya saya umbar saja untuk mengkondisikan staminanya,” tandas Om Aris. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.