Ada kelas murai batu muda di Ciganjur Enterprise: Apa kriterianya?

Gelaran Ciganjur Enterprise yang digawangi Om Untung (Ki Ronggo) memang selalu berbeda dari event organizer (EO) lainnya. Selalu ada inovasi baru, termasuk membuka kelas murai batu muda, seperti yang terlihat dalam latber rutin di lapangan permanennya, Jl Pinding, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (13/1).

Latber Ciganjur Enterprise
Suasana kelas murai batu muda di Gantangan Ciganjur Enterprise, Jakarta Selatan, Jumat (13/1).

Sebenarnya kelas murai batu muda bukan hal baru, sebab salah satu EO di Tangerang pernah membuka kelas serupa. Tetapi hal ini belum pernah digelar di wilayah Jakarta Selatan. Lantas, bagaimana kategori murai batu yang bisa masuk kelas ini?

Menurut Om Untung, murai batu minimal baru sekali mabung, yaitu mabung pertama atau proses ganti bulu dewasa. Kalau umurnya ya berkisar antara 8-9 bulan hingga 20 bulan. Sebelum lomba, panitia akan melihat dulu bentuk fisiknya.

“Murai batu tua dan muda bisa dibedakan dari kaki dan bulunya. Murai muda memiliki kaki yang tampak masih basah atau belum kering. Bulubulu murai muda yang baru lepas trotol juga berbeda dari burung yang sudah berumur,” jelas Om Untung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Untung (Ki Ronggo)
Om Untung (Ki Ronggo), owner Ciganjur Enterprise.

Meski peminat kelas murai batu muda belum sebanyak lovebird baby / balibu, minimal panitia Ciganjur Enterprise sudah memberi ruang bagi para murai mania untuk menjajal jago-jago mudanya. Pembukaan kelas khusus ini sekaligus untuk mendongkrak produk murai batu hasil penangkaran.

“Sekalian tes mental bagi murai batu muda yang berbakat. Jika diturunkan di kelas dewasa, murai muda bisa rusak akan tertekan burung- burung tua. Kalau sama-sama muda kan lebih berimbang,” tandasnya.

Om Untung berharap, semoga kelas murai bati muda mendapat dukungan dari para kicaumania, seperti halnya tahun lalu ketika Ciganjur Enterprise mulai merintis kelas lovebird baby yang akhirnya diikuti EO-EO lainnya di Jabodetabek, bahkan berkembang pula di daerah-daerah lain di Indonesia.

Dalam latber, Jumat (13/1) kemarin, kelas murai batu muda dimenangi Hector orbitan Om Singgih (KRC Team), disusul Ragas milik Om Adi (Damkar SF) dan Bangsat 13 besutan Om Fathahilah (Kayla SF).

Panitia juga membuka dua kelas murai batu umum, yakni Ciganjur dan Brigif. Kedua kelas tersebut disapubersih murai batu Jay 2 milik Om Andi (Kayla SF).

Double winner juga diraih cucak hijau Rudal milik H Rojali (Ciganjur). Gaco ini menjuarai Kelas Brigif dan Ciganjur. Di Kelas Ciganjur, Rudal mengalahkan Steam kepunyaan Om Cendol (Tanah Baru SF) dan Tong Cengkrong orbitan Om Avoz dari Hanggar Enterprise.

Kelas Special dijuarai cucak hijau Singalaga milik Om Baron (Al Puket SF). Posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati Terminator besutan Om Akbar / Ipul (Kicau Alam) dan Ayu Dewi orbitan Om Yadi dari  Jakarta.

Cucak hijau Singalaga
Cucak hijau Singalaga terbaik di kelas utama (Special)

“Sejak dua tahun lalu di saya, cucak hijau Singalaga sudah sering meraih juara. Isiannya antara lain cililin, burung gereja tarung, perenjak, kapas tembak, dan cucak jenggot, ” tandas Om Baron.

Om Baron dan cucak hijau Singalaga
Om Baron (kiri), pemilik cucak hijau Singalaga, bersama rekan.

Tim Kicau Alam asuhan Om Ipul tak hanya sukses melalui cucak hijau Terminator. Mereka juga moncer bersama pentet Luken yang meraih juara pertama.

Tim Kicau Alam
Tim Kicau Alam asuhan Om Ipul unggul di kelas pentet dan cucak hijau.

Secara keseluruhan, latber berlangsung lancer dan diikuti sekitar 400 peserta. Para pemilik burung serta joki bisa bebas duduk santai di pinggir lapangan tak berpagar, sambil memantau burung kesayangannya, dan tanpa teriak.

“Dalam seminggu, Ciganjur Enterprise mengadakan latber rutin sebanyak tiga kali di lapangan ini, yaitu Selasa siang dan Jumat siang, serta Sabtu malam. Silakan mampir di gantangan kami,” ujar Om Untung. (d’one)

Selanjutnya, baca Daftar Juara Latber Ciganjur Enterprise, Jumat 13 Januari 2017 (klik saja).

Tim Juri Ciganjur Enterprise
Tim Juri Ciganjur Enterprise.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.