Tips menjaga kondisi burung cucak hijau agar tampil maksimal

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebagian kicaumania beranggapan, cucak hijau termasuk jenis burung kicauan yang gampang berubah karakternya. Tetapi jika diperhatikan, perubahan karakter itu muncul ketika cucak hijau tak mendapat perawatan sebagaimana mestinya alias kurang maksimal. Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut ini tips menjaga kondisi burung cucak hijau agar tampil maksimal.

Tips menjaga kondisi burung cucak hijau agar tampil maksimal
Tips menjaga kondisi burung cucak hijau agar tampil maksimal.

Cucak hijau termasuk salah satu jenis burung ocehan yang popular dan banyak dipelihara kicaumania, baik sebagai burung rumahan maupun untuk dilombakan.

Kepandaiannya dalam meniru aneka suara kicauan menjadikan cucak hijau sebagai burung favorit selain murai batu, lovebird, dan kacer. Gaya ngentrok atau njegriknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk memeliharanya.

Selama ini, banyak ijomania yang beranggapan kalau ngentrok pada cucak hijau berarti burung tersebut sudah siap dilombakan. Tapi fakta di lapangan terkadang berkata lain. Tak sedikit ijomania yang kecewa lantaran burung yang dianggapnya rajin ngentrok ternyata diam saja atau banyak ulah ketika sedang dilombakan. Karena itu, penting bagi kicaumania untuk memahami kondisi ngentrok pada cucak hijau.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Untuk memaksimalkan penampilan cucak hijau baik di rumah maupun di tempat lomba, tentu tidak cukup dengan mengetahui apakah burung sudah ngentrok atau belum. Bahkan cucak hijau yang sedang over birahi pun akan selalu ngentrok. Karena itu, memaksimalkan penampilan cucak ijo dapat dilakukan dengan memperhatikan kebutuhannya termasuk menjaga kondisi burung setiap hari.

Secara umum, penampilan cucak hijau yang akan dilombakan sangat bergantung pada beberapa faktor dan kondisi, yaitu:

  • Kondisi kesehatan
  • Kondisi lingkungan
  • Kondisi sangkar dan pakan
  • Kondisi birahi atau emosional

Jika pola perawatan hariannya selama ini selalu memperhatikan kondisi-kondisi di atas, bukan tidak mungkin cucak hijau akan dapat tampil maksimal. Untuk itu, mari kita mengulasnya satu persatu.

1. Kondisi kesehatan

Kesehatan merupakan faktor terpenting pada semua mahluk hidup, tak terkecuali burung. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan beragam cara, misalnya dengan memberikan pakan yang kaya nutrisi, atau memberi tambahan multivitamin seperti BirdVit untuk membantu menjaga kondisi dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuhnya.

2. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga dapat memengaruhi penampilan burung , khususnya yang masih bakalan. Lingkungan yang terlalu ramai tentu akan membuat burung terus-menerus merasa tak nyaman. Kondisi itu pun secara tak langsung dapat memicu stres dan nyulam berkepanjangan, termasuk berubahnya karakter seperti yang disebut-sebut para kicaumania.

3. Kondisi sangkar dan pakan

Cucak hijau dikenal sebagai burung yang “suka kebersihan”. Itu sebabnya mengapa banyak kicaumania melaporkan kalau momongannya tidak mau makan jangkrik yang berada di dasar sangkar kotor, atau enggan menyantap voer yang sudah bercampur kotoran.

Agar burung merasa nyaman di dalam sangkarnya, dibutuhkan peran kicaumania dalam menjaga kebersihannya. Bersihkan sangkar dan perlengkapan di dalamnya secara rutin setiap harinya. Selain itu juga harus memperhatikan kebersihan pakannya.

4. Kondisi birahi atau emosional

Menjaga kondisi birahi maupun emosional burung cucak hijau kerap diabaikan para pemiliknya. Kondisi itulah yang selama ini menjadi penyebab mengapa cucak hijau sering dianggap mudah berubah karakternya.

Burung yang over maupun kurang birahi tentu tidak dapat tampil maksimal. Namun dengan melakukan perawatan yang tepat, terutama menjaga kondisi birahinya agar tetap stabil, cucak hijau dapat tampil secara lebih maksimal.

Menjaga birahi cucak hijau dapat dilakukan dengan beragam cara, yaitu:

  • Berikan pakan dalam jumlah / takaran yang sesuai, dan tidak terlalu berlebihan.
  • Biasakan menggantung sangkarnya di tempat yang tenang, sehingga tidak terpancing emosinya oleh suara burung lain / sejenis yang gacor.
  • Jika memelihara dua ekor cucak hijau di rumah, maka gantang sangkarnya dalam jarak yang saling berjauhan.
  • Selalu mengerodong sangkarnya pada waktu dimasukkan ke dalam rumah / ketika beristirahat.
  • Berikan pakan berupa buah-buahan secara lebih bervariasi.

Itulah beberapa tips menjaga kondisi burung cucak hijau agar tampil lebih maksimal.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.