Cucak hijau Kopassus dan kacer Sirloin tak terkalahkan di Latpres Selasa Berkicau Purwodadi

Cucak hijau Kopassus dan kacer Sirloin tampil cemerlang dan tak terkalahkan pada dua sesi yang digelar dalam Latpres Selasa Berkicau di Pasar Burung Purwodadi, Selasa (14/2). Even ini diadakan Paguyuban Pedagang Pasar Burung Purwodadi yang saat ini dinahkodai Om Sucipto Ebod Jaya.

Latpres Selasa Berkicau Purwodadi
Suasana penjurian lovebird dalam Latpres Selasa Berkicau di Pasar Burung Purwodadi.

Yang menarik, Om Sucipto dkk secara bergiliran bekerjasama dengan beberapa event organizer (EO) dan kali ini menggandeng Ronggolawe DPC Purwodadi. “Paguyuban kami bersikap netral, tak berafiliasi pada EO tertentu. Hampir semua EO yang berbeda sistem penjuriannya pernah kita pakai,” kata Om Sucipto.

Panitia membuka tiga kelas (Voer Ronggolawe, Ebod Strong, dan Miltih) yang terdiri atas 15 sesi. Latpres dimulai pukul 13.30, dihadiri para kicaumania dari sejumlah daerah di Kabupaten Grobogan (termasuk Purwodadi), serta beberapa pemain dari luar kota seperti Kudus.

Cucak hijau Kopassus milik Om Hanung / Bendel (BDS SF) sukses menjuarai dua kelas yang dilombakan. Di Kelas Voer Ronggolawe, Kopassus mengungguli Dracula besutan Om Deny (Lowo Ijo SF) dan Pangeran orbitan Mbah Wo (Wani Sakti SF).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cucak hijau Kopassus
Cucak hijau Kopassus nyeri juara 1.

Kelas Ebod Strong juga dimenangi Kopassus, menyingkirkan cucak hijau Punta Dewa orbitan Om Qomari (SKBC) dan Jarot andalan Om Arie (Purwodadi).

Duet Om Hanung dan Om Bendel selama ini dikenal spesialis cendet. Belakangan, keduanya mulai main pula di cucak hijau. “Kebetulan Bos (Om Hanung) sedang bekerja, sehingga tidak bisa melihat langsung penampilan apik jagoannya di atas gantangan,” ungkap Om Bendel.

Om Hanung dan cucak hijau Kopassus
Om Hanung, pemilik cucak hijau Kopassus.

Sehari-hari, cucak hijau Kopassus ditangani Om Bendel. Adapun cendetnya yang bernama Obras dikawal Om Dimas. Cendet Obras juga sukses menjuarai salah satu dari dua kelas yang dilombakan, yakni Kelas Ebod Strong, mengungguli Kenzo andalan Om Kukuh (RSW SF) dam RI 1 milik Om Andok (Biarkan SF).

Hasil nyeri juga diraih kacer Sirloin, langganan juara milik Om Rendra (Mekarsari). Burung ini menjuarai Kelas Ebod Strong, unggul atas Starlet milik Om Kukuh (RSW SF) dan Pesona kepunyaan Om Abdul Fatah (Klambu). Gelar kedua diraihnya di Kelas Miltih.

Kacer Sirloin
Kacer Sirloin andalan Om Rendra Mekarsari.

Kacer Sirloin sebenarnya belum fit benar selepas beres mabung. “Kondisinya baru 70 persen, mengingat masih dorong ekor dan bulu kepalanya nyerbung (masih berupa bulu jarum),” ujar Om Rendra.

Berbekal materi yahud, ditunjang volume kencang dan gaya yang nagen, kacer Sirloin mampu menjuarai dua kelas sekaligus.

Di Blok Tengah, kacer-kacer andalan Om Rendra sering meraih juara. Dulu dia pernah punya kacer Tinta, namun sekarang sudah dipinang kicaumania Kalimantan dengan mahar sembilan digit (lebih dari Rp 100 juta). Tak lama kemudian, Om Rendra sukses mengorbitkan kacer Sirloin dan Alpa.

Om Rendra dan kacer Sirloin
Om Rendra borong juara 1 lewat comeback kacer Sirloin.

“Selain kacer, sekarang saya juga bermain di kelas lovebird, dengan gaco utama Arsyila. Alhamdullilah, lovebird Arsyila juga sudah mulai berprestasi,” ungkap Om Rendra bersemangat.

Kelas lovebird dimainkan tiga sesi, namun tak ada yang tampil dominan. Kelas Voer Ronggolawe dijuarai lovebird Dewi Angin orbitan Mbah Waji (Kuripan), disusul atas Cenat-Cenut koleksi RFS (Purwodadi) dan Kadek milik Om Margin (TM 82 SF).

Lovebird Kadek kemudian memenangi Kelas Ebod Strong, unggul atas Kamila milik Om Mafudzon (Getas) dan Delima besutan Om Rio (Tugu Tani SF). Kelas Miltih dimenangi Kamila, disusul Nyai Ronggeng koleksi K4771 BF (Serang BF) dan Evi milik Om Lasmo (Purwodadi).

Lovebird Kadek
Lovebird Kadek andalan Om Margin nyaris double winner.

Dua pekan lalu, lovebird Kadek juga meraih juara 1 dan 2 dalam even Road to Bupati Cup Grobogan yang diselenggarakan RSW Wirosari. Lovebird Kadek tak hanya rajin bunyi, tapi durasi kerjanya juga panjang.

Mewakili seluruh kru panitia, Om Sucipto Ebod Jaya mengucapkan  terimakasih atas partisipasi rekan-rekan kicaumania. “Mohon maaf jika ada kekurangan  dalam penyelenggaraan lomba kali ini,” tutur Om Sucipto Ebod Jaya. (neolithikum)

Om Sucipto Ebod Jaya
Om Sucipto Ebod Jaya, ketua Latpres Selasa Berkicau.

Selanjutnya, baca Daftar Juara atpres Selasa Berkicau di Pasar Burung Purwodadi (klik saja).

Pasar Burung Purwodadi
Pasar Burung Purwodadi tampak dari luar.
Latpres Selasa Berkicau Purwodadi
Tempat pendaftaran peserta / pemesanan tiket.
Latpres Selasa Berkicau Purwodadi
Tempat pengambilan piagam bagi para pemenang.

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.