Nelayan Cup Juwana: AWK-IP BF dua kali nyeri, cucak hijau Oshama double winner

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

AWK-IP BF menunjukkan kedigdayaannya dalam lomba burung berkicau Nelayan Cup yang digelar Kicau Mania Bajomulyo (KMB) di Tanah Lapang RT 02 / RW 06 Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Minggu (19/2). Dua jagoannya, murai batu Barongan dan kacer Sagita, sama-sama nyeri juara 1. Double winner juga diraih cucak hijau Oshama orbitan Om Rendra (Mekarsari Purwodadi).

Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Suasana kelas lovebird dalam even Nelayan Cup di Juwana, Pati, Minggu (19/2).

Panitia yang dikoordinasi Om Udin Trophy (ketua KMB) membuka empat kelas (Friser, Porsin, Cumi, dan Penampung) dengan melombakan 20 sesi. Kontes ini dihadiri para kicaumania dari Pati, Blora, Rembang, Kudus, Jepara, Grobogan, hingga Blok Timur (Gresik dan Surabaya) dan Blok Barat (Tangerang).

Juri-juri Ronggolawe juga didatangkan lengkap mewakili seluruh provinsi di Jawa. Panitia juga membuka satu kelas lovebird paud (umur 3-5 bulan). Meski kelas spesial ini sudah kerap dilombakan di daerah lain, namun baru kali ini diselenggarakan di Pati.

Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Panitia memeriksa umur lovebird di kelas paud.

Murai batu Barongan milik Om Ipung (AWK-IP BF) nyaris mencetak hattrick. Burung ini memenangi Kelas Friser, unggul atas MK milik Om Anton NT BF (Ronggo Joyo BC) dan Braja Musti besutan Om Anwar Mblawus (C2N BC).

Selanjutnya Barongan menjuarai Kelas Porsin, mengalahkan Bazudewa milik Om Kevin (Putra Kafilah SF) dan Jaipong andalan Om Fatah (Pati). Namun Kelas Cumi dimenangi murai batu New Jabrik besutan Om Arif K13 (Kanigoro BC). Barongan berada di posisi kedua, disusul MB Pac Man andalan Om Budi Sovita (Surabaya).

Om Ipung, pimpinan AWK-IP BF
Om Ipung / AWK-IP BF (kanan) dan Om Yoyok Bima (wakil ketua BnR Pati).

Dua kelas kacer juga disapubersih AWK-IP BF, melalui penampilan Sagitan orbitan Om Ndol. Juara kedua pada kedua kelas ini diraih Mahadewa, andalan Om Herumulya (Bandeng SF) yang termasuk langganan juara di wilayah timur pantura Jawa Tengah. Kacer Bob Marley besutan Om Haweng / Adi (Kudus) harus puas menjadi juara ketiga sebanyak dua lali.

AWK-IP BF yang dikomandani Om Ipung juga menurunkan lovebird Marsha, yang menjadi runner-up di Kelas Porsin. Dalam even akbar Jogja Vaganza, 12 Februari lalu, Marsha juga nangkring di posisi kedua.

AWK-IP BF
AWK-IP BF double winner di kelas murai batu dan kacer.

AWK-IP BF merupakan breeder murai batu dan lovebird. Penangkaran murai batu dikelola Om Ipung di Pati, sedangkan lovebird ditangani adiknya (Om Wawan) di Sragen. Salah satu lovebird terbaik nasional, Awe We milik Om Indra Andong (Pesut SF Samarinda), juga hasil ternakan AWK-IP BF.

Lihat juga Ini dia duet kakak-beradik pencetak lovebird Awe We

Om Herumulya yang bermain di kampung sendiri bisa menerima hasil yang diraih kacer Mahadewa (nyeri juara 2). Dalam even ini, dia juga moncer bersama cucak hijau Jablay yang baru diperolehnya tiga bulan lalu.

Jablay masuk lima besar di Kelas Porsi. Sebelumnya, burung ini meraih double winner dalam even Kodim Cup di Pati. Beberapa even di Kudus dan Semarang juga kerap dimenangi Jablay.

Om Herumulya
Om Herumulya (kiri) saat memantau jagonnya berlaga.

Dua dari tiga kelas cucak hijau dimenangi Oshama orbitan Om Rendra (Mekarsari). Cucak hijau Oshama terbaik di Kelas Porsin, mengungguli Kopassus andalan Om Hanung / Bendel (BDS SF) dan IDJ milik H Ciut (Juwana).

Kelas Cumi juga dimenangi Oshama, disusul IDJ dan Mowhawk milik Om Bayu Putra (KLX Juwana). Kelas utama Friser dijuarai Kopassus, mengalahkan cucak ijo Banjir milik Om Khasan (Juwana) dan Atro koleksi Om Ridwan SDM (Purwodadi SF).

Cucak ijo Oshama memiliki durasi kerja luar biasa, dengan materi isian sogok ontong, cililin, dan lovebird yang dibawakan secara ngeroll. Om Rendra sebelumnya dikenal pintar mengorbitkan kacer dan lovebird, tetapi kini cucak ijo pun mulai dikuasainya.

cucak hijau Oshama
Om Rendra Mekarsari moncer bersama cucak hijau Oshama.

“Oshama baru saya beli lho. Ini saya mainkan untuk pertama kalinya dan langsung menjuarai dua kelas,” ungkap Om Rendra. Dia juga menurunkan kacer Alpa, dan dua kali menjadi juara 4.

H Ciut juga bersyukur, cucak hijau IDJ miliknya mampu meraih juara 2 dan 3 dalam even ini. “Persaingan cucak ijo memang cukup ketat, hampir semua kelas full gantangan,” ujarnya.

H Ciut dan cucak hijau IDJ
H Ciut: Cucak hijau IDJ juara 2 dan 3.

Dua kelas cendet dimenangi burung berbeda. Di Kelas Porsin, cendet Jablay milik Om Hanung / Bendel (BDS SF) tampil sebagai juara pertama, disusul Puncak Doyo milik Om Dian SRG (Samber Nyowo SF) dan Hercules jagoan Om Agus Patok (Putra Majapahit).

Cendet Jablay
Cendet Jablay orbitan Om Hanung dan Om Bendel (BDS SF).

Tetapi di Kelas Cumi, Jablay harus puas di posisi ketiga. Kelas ini dimenangi cendet Ahok milik Om Fatma (Duta Glugu BnR), disusul Remo Raya orbitan Om Al Husain (Extrax SF).

BDS SF Purwodadi hari itu main di dua kota. Selain Nelayan Cup, tim ini juga mengikuti kontes Solo Kota Budaya. Dalam even di Solo, cendet New Kerispatih meraih juara 1 dan 2. “Saya bangga terhadap kinerja burung dan tim BDS SF,” ungkap Om Hanung.

Om Hanung BDS SF
Om Hanung (kiri): BDS SF juara di Juwana dan Solo.

Lovebird dimainkan enam sesi, termasuk satu sesi lovebird paud, namun tidak ada burung yang tampil dominan. Kelas Friser dimenangi lovebird Ipik-Ipik besutan Om Ryans (Wegah Waras SF), diikuti TKW milik Om Icha Jafa (Garuda BC) dan Dewi Sri orbitan Om Bayu/ Ragil (Couple SF).

Lovebird Marsha orbitan Om Ipung (AWK-IP BF) terbaik di Kelas Porsin, unggul atas Marcela milik Om Tik (Wegah Waras SF). Kelas Cumi A dan B masing-masing dimenangi LB Drupadi koleksi Om Umar (C-Kot BC Gresik) dan Cakil orbitan Om Mimpi (Kebo Hitam SF).

Lovebird Maya milik Om Mumun RPM (Bandeng SF) paling joss di Kelas Penampung. Adapun kelas paud dijuarai lovebird James Bond milik Cak Bar (Juwana), disusul Ny Menir orbitan Om Yashi (Wegah Waras SF) dan Balora milik Om Eror (Wegah Waras SF).

Para personel Wegah Waras SF cukup “gila” dalam even ini. Kekompakan dan semangat mereka sangat terasa. Mereka satu-satunya tim yang membawa banner MMT untuk latar berfoto. Semua personelnya berfoto sambil telanjang dada, dengan membentangkan kaos masing-masing.

Wegah Waras SF
Para personel Wegah Waras SF berpose sambil telanjang dada.

Tetapi di balik “kegilaan” itu, mereka sesungguhnya sangat baik hati. Pasalnya, semua hadiah uang yang diraih dalam even ini disumbangkan kepada sahabat yang sedang terbaring di rumah sakit.

“Wegah Waras SF baru didirikan awal tahun 2017, gabungan dari Sinar Raya SF, Ra Ngurus SF, Balon SF, serta didukung BBC Pantura,” tutur Om Boneng Nero, koordinator Wegah Waras SF.

Gaco-gaco Wegah Waras SF yang berprestasi dalam even ini antara lain lovebird Ipik-Ipik, Sri, Marcella, Balora, dan Ny Menir, Bayi Ajaib, Mumun, dan Zee-Ti. Tim ini memang concern main di kelas lovebird.

Mewakili seluruh kru panitia dan Tim Juri Ronggolawe, Om Udin Trophy mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kehadiran kicaumania dari berbagai daerah. “Jangan kapok main di gelaran kami,” tandas Om Udin. (neolithikum)

Om Udin Trophy
Om Udin Trophy, ketua panitia Nelayan Cup.

Selanjutnya, baca Daftar juara lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana (klik saja).

Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Pagar gantangan dua lapis di pintu masuk.
KKN Jakenan
KKN Jakenan orbitkan kenari Kilua (juara 2 dan 3)
Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Suasana di bagian pendaftaran peserta / pembelian tiket.
Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Rapat koordinasi antara panitia dan petugas keamanan.
Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Briefing juri sebelum lomba dimulai.
panitia Nelayan Cup
Panitia lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana.
Lomba burung berkicau Nelayan Cup Juwana
Usai lomba, panitia menggelar syukuran di rumah Om Udin Trophy, dengan menu sayur mrico (menu khas Pati).

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.