Ulasan Om Istono Yuwono: Problem angkat kaki saat pleci dilombakan

Beberapa pleci terlihat sering mengangkat sebelah kakinya saat dilombakan. Padahal, kalau berkicau di rumah, burung tak menunjukkan perilaku seperti itu. Banyak pleci mania, khususnya para pemain, yang mengeluhkan masalah tersebut. Berikut ini ulasan Om Istono Lotus Yuwono, pleman senior dari PCMI SAS, mengenai problem angkat kaki saat pleci dilombakan.

Om Istono Lotus Yuwono, salah seorang pakar pleci di Tanah Air.

Seperti diketahui, beberapa pemain pleci sering memasang tangkringan / tenggeran dengan tipe dan bahan tertentu agar gaco imutnya mau nagen selama berlomba. Misalnya, permukaan halus, bahan bisa dari kayu alam maupun buatan, dengan diameter yang membuat nyaman saat dicengkeram.

Sebenarnya, kejadian pleci mengangkat sebelah kaki ini tidak begitu menjadi masalah ketika burung berada di lingkungan rumah. Namun akan menjadi masalah ketika burung sedang berlomba, apalagi jika ada faktor lain yang membuat pleci tiba-tiba angkat kaki saat di lapangan.\Coba Anda telisik dulu.

Kalau pleci selama di rumah aman-aman saja, jarang mengangkat kakinya saat berkicau, tapi berbalik 180 derajat saat di lapangan, Anda perlu menelisik beberapa faktor pemicunya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lihat juga Beberapa faktor penyebab pleci sering mengangkat kaki sebelah saat lomba

Hal pertama yang mesti dicermati, apakah Anda telah membawa pleci dengan baik (hati-hati) selama dalam perjalanan dari rumah ke arena lomba?

Dalam berbagai kasus, kita sering terburu-buru ketika berangkat ke lapangan. Apalagi jika kendaraan melaju dengan kecepatan kencang, geboy kiri-kanan. Aspal jalan pun tak selamanya mulus, sehingga motor atau mobil yang mengangkut pleci berguncang-guncang.

Hal seperti itu pasti akan memengaruhi kondisi pleci, baik fisik maupun mentalnya. Ketika kendaraan berguncang-guncang, sadarkah Anda kalau pleci akan berupaya mencengkeram tangkringan sekuat-kuatnya?

Lalu, jika tangkringan yang dicengkeramnya tidak nyaman, apa yang terjadi? Pleci tentu akan mudah terpeleset. Sangat dimungkinkan, ketika terpeleset, telapak kakinya akan sakit. Kalau itu yang terjadi, tentu saja pleci akan sering mengangkat kakinya saat ditampilkan di atas gantangan.

Ragam cara atasi pleci bersuara serak
Pleci nagen di atas tangkringan jadi dambaan para pemain lomba. 

Berkaca dari pengalaman dan keluhan rekan-rekan pleman yang mana burungnya sering angkak kaki saat berada di lapangan, berikut ini beberapa solusi yang bisa diterapkan:

  • Sediakan waktu yang cukup sebelum Anda berangkat dari rumah ke arena lomba / lapangan. Dengan demikian, Anda tak perlu terburu-buru saat mengendarai motor atau mobil bersama gaco yang bakal dilombakan.
  • Bawa pleci kesayangan Anda secara hati-hati. Berkendaralah dengan hati yang nyaman serta serileks mungkin
  • Jangan lupa menyediakan tangkringan cadangan yang dipasang saat berangkat ke lapangan saja.
  • Tangkringan cadangan ini sebaiknya memiliki permukaan yang cukup kasar, agar punya grip terhadap kaki pleci. Ukurannya pun sebesar telapak / cakar pleci. Dengan demikian, selaman dalam perjalanan, pleci dapat mencengkeram sebaik mungkin.
  • Setiba di lapangan, tangkringan cadangan ini segera diganti dengan tangkringan yang sesuai dengan setingan nagennya.

Problem pleci angkat kaki

*) Om Istono Lotus Yuwono merupakan penulis buku “Menguak rahasia plecimania mencetak pleci jago ngerol-ngalas” (Penerbit: AgroMedia Pustaka, 2013).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.