Cara sehat dan aman memberikan buah dan sayuran kepada burung kicauan

Buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, baik pada manusia maupun hewan piaraan seperti burung kicauan. Sebelum diberikan kepada burung, biasanya kita mencucinya terlebih dulu. Namun mencuci buah dan sayuran dengan air saja tidaklah cukup untuk membersihkannya. Pasalnya, buah dan sayuran tak hanya kotor oleh debu, tetapi terkadang juga mengandung pestisida, lapisan lilin, jamur, bahkan bakteri. Berikut ini cara sehat dan  aman memberikan buah dan sayuran kepada burung kicauan.

Tips mencuci buah dan sayuran sebelum diberikan pada burung
Tips mencuci buah dan sayuran sebelum diberikan kepada burung kicauan.

Sebagian besar buah dan sayuran yang dijual di pasaran, terkecuali produk organik, mengandung pestisida dengan kadar yang berbeda-beda. Para petani yang masih menerapkan sistem pertanian konvensional biasa menggunakan pestisida, karena berbagai alasan:

  • Mencegah gagal panen akibat serangan hama serangga, tikus, dan bakteri.
  • Tanah dengan sistem pertanian konvensional mesti disuburkan dengan pupuk kimia (non-organik) setiap kali habis panen.

Jika buah dan sayuran non-organik langsung diberikan kepada burung piaraan, tentu dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf dan pencernaan burung. Apalagi jika kadar pestisida pada sayuran dan buah melebihi ambang kewajaran.

Banyak kicaumania yang membersihkan buah dan sayuran yang dibelinya di pasaran hanya dengan menggunakan air bersih saja. Padahal, tindakan tersebut belum cukup untuk membersihkan sisa-sisa pestisida dan bakteri yang masih menempel. Untuk membersihkannya hingga tuntas, dibutuhkan bahan-bahan yang bisa menetralisir bahan-bajan kimia tersebut.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena itu, sebelum diberikan kepada burung kicauan kesayangan di rumah, sebaiknya Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini, agar buah dan sayuran sehat dan aman bagi burung yang mengkonsumsinya:

Mencuci buah dan sayuran dengan sabun

Pestisida yang terdapat pada buah dan sayuran tidak dapat hilang jika hanya dicuci dengan air biasa. Bahkan sabun cuci biasa pun belum tentu mampu mengenyahkan sisa-sisa pestisida.

Gunakanlah sabun pencuci khusus yang aman digunakan untuk buah dan sayuran. Saat ini di pasaran telah beredar berbagai merek sabun dengan kualifikasi seperti itu.

Rendamlah buah / sayuran dalam air yang sudah ditetesi sabung pencuci khusus tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa sabunnya.

Membuat sabun pencuci khusus buah / sayuran

Jika masih kesulitan mendapatkan sabun pencuci khusus buah / sayuran, tak ada salahnya Anda membuat sendiri di rumah. Caranya, campurkan air perasan jeruk lemon (1 sendok makan), backing soda (2 sendok makan), dan air bersih (250 ml).

Setelah itu, masukkan campuran tadi ke dalam botol semprot /sprayer. Cara penggunaannya, semprotkan cairan itu pada buah / sayuran, kemudian diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu dibilas dengan air hingga bersih.

Mencuci buah dan sayuran dengan air garam

Campuran air dan garam juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa pestisida, jamur, serta bakteri yang menempel pada permukaan buah / sayuran. Caranya, rendam buah / sayuran pada wadah yang berisi campuran air garam selama 10 menit. Setelah itu, dibilas dengan air bersih.

Mencuci buah dengan cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan buah dari bakteri dan memecah lapisan lilin pada produk. Caranya, semprotkan cuka ke buah, kemudian langsung dibilas di bawah air mengalir. Untuk hasil yang lebih maksimal, buah direndam dalam campuran air dan cuka selama 10 menit, setelah itu dibilas hingga bersih.

Mengupas kulit buah

Cara lain yang tak kalah efektif adalah membuang / mengupas bagian kulit buah sebelum diberikan kepada burung. Cara ini cukup ampuh menghilangkan sisa-sisa pestisida terutama pada buah apel yang paling sering terkontaminasi ketimbang jenis buah lainnya. Sebelum dikupas, sebaiknya buah dicuci dulu hingga bersih, untuk mencegah pestisida dan bakteri berpindah ke daging buahnya.

Demikian tips aman dan sehat dalam mengelola buah dan sayuran sebelum diberikan kepada burung kicauan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.