Burung sikatan bakung: Mirip murai batu, bersuara ngerol

Burung sikatan bakung memiliki penampilan cukup unik dan sedikit berbeda dari sebagian besar anggota famili Muscicapidae lainnya. Sepintas, burung yang banyak ditemukan di wilayah Nusa Tenggara ini mirip murai batu, tapi dengan ukuran tubuh yang lebih mungil dan ekor lebih pendek. Selain itu, burung sikatan bakung mempunyai suara kicauan yang ngerol. 

Burung sikatan bakung / Timor blue flycather
Burung sikatan bakung / timor blue flycather.

Dalam literatur perburungan internasional, burung sikatan bakung dikenal dengan nama timor blue flycatcher dengan nama latin Cyornis hyacinthinus. Meski terkadang ada yang menyebutnya sikatan timor, spesies burung ini sangat jauh berbeda dari sikatan timor yang sebenarnya, yaitu black-banded flycatcher (Ficedula timorensis).

Sikatan bakung mempunyai tubuh lebih besar dariada jenis burung sikatan lainnya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 16-17 cm. Burung jantan memiliki bulu berwarna biru pada bagian atas, kepala, dan dada. Adapun bagian perutnya berwarna merah-karat.

Sikatan bakung betina mempunyai bulu yang cenderung kusam, tubuh bagian atas berwarna cokelat-zaitun, dengan tunggir dan ekor biru-tua. Bulu-bulu bagian bawahnya berwarna merah-karat sampai jingga.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Beda burung sikatan bakung jantan (kiri) dan betina
Perbedaan antara burung sikatan bakung jantan (kiri) dan betina.

Burung sikatan bakau termasuk jenis burung pemalu, sehingga jarang sekali dijumpai manusia. Habitatnya di hutan-hutan primer, hutan monsun sekunder, lahan-lahan yang banyak pohon, daerah berperdu di tepi bukit, serta areal hutan dan perkebunan yang sudah rusak hingga ketinggian 200 meter dari permukaan laut (dpl).

Ada dua ras / subspesies burung sikatan bakung dengan penyebaran yang berbeda, yaitu:

  1. Cyornis hyacinthinus hyacinthinus, yang tersebar di Timor, Roti dan Semau, serta wilayah timur Sunda Kecil.
  2. Cyornis hyacinthinus kuehni, hanya  dijumpai di wilayah timur Sunda Kecil, memiliki ciri-ciri warna biru yang lebih terang pada burung jantan dan bagian bawah yang lebih gelap. Burung betina memiliki warna lebih abu-abu.

Penampilan sikatan bakung memang cukup menarik. Burung dewasa atau siap kawin mempunyai warna bulu yang mirip murai batu. Namun spesies ini jarang sekali bisa ditemukan.

Selain habitatnya di hutan-hutan cukup lebat, sikatan bakung termasuk burung pemalu. Dia langsung bersembunyi ketika merasa terganggu. Hal tersebut menjadi sebuah anugerah tersendiri, karena dapat menyelamatkannya dari perburuan liar dan serangan predator.

Suara burung sikatan bakung

Burung sikatan bakung memiliki suara kicauan cukup lantang dengan lagu-lagu yang ngerol dan bervariasi. Burung ini juga pandai meniru beragam suara kicauan melalui suara ngeriwiknya.

Suara kicauan sikatan bakung variasi 1 | DOWNLOAD

Suara kicauan sikatan bakung variasi 2 | DOWNLOAD


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.