Pakan burung jalak agar rajin bunyi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Pakan burung jalak agar rajin bunyi –Burung jalak terdiri dari beragam jenis / spesies. Meski relatif gampang bunyi, tapi jika tidak dirawat sebagaimana mestinya, burung jalak pun cenderung jarang berkicau. Selain perawatan umum seperti mandi dan jemur, pakan yang tepat juga bisa membantu burung jalak lebih aktif dan rajin bunyi.

pakan burung jalak
Pakan yang tepat bisa membantu burung jalak lebih aktif dan rajin bunyi.

Beberapa jenis burung jalak memiliki kemampuan meniru suara lain, termasuk ucapan manusia. Sebagian bahkan kerap dijadikan masteran untuk jenis burung berkicau lainnya, misalnya jalak suren dan jalak kebo.

Untuk mendapatkan burung jalak yang pandai meniru suara lain serta rajin bunyi, dibutuhkan pola perawatan yang tepat, termasuk pemberian pakan yang sesuai. Berikut ini beberapa jenis pakan yang bisa menjadikan burung jalak makin rajin bunyi.

1. Pakan burung jalak agar rajin bunyi: Pisang kepok

Pisang merupakan pakan favorit sebagian besar jenis burung jalak. Buah ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, kalori, asam folat, zat besi, dan fosfor.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Selain bisa menghilangkan rasa lapar, pisang juga bisa membantu memulihkan stamina burung secara cepat. Salah satu jenis pisang yang sangat disukai burung jalak adalah pisang kepok, terutama yang mempunyai daging buah berwarna putih.

pakan burung jalak-pisang kepok

Dalam sebuah pisang kepok terkandung 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 206 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C.

Semua nutrisi tersebut diperlukan burung untuk membuatnya aktif dan lebih rajin berkicau. Selain itu, kandungan karbohidrat pada pisang kepok yang tinggi dapat menjadikan berat tubuh burung akan bertambah.

Pisang kepok yang diberikan sebaiknya memiliki daging buah berwarna putih dan sudah matang, karena tekstur dagingnya lebih empuk dan sangat disukai burung. Untuk menambah variasi pakan, Anda juga bisa memberikan jenis buah lainnya seperti pepaya atau apel yang dipotong kecil-kecil.

Pemberian buah pisang secara rutin pada burung jalak dapat menjadikannya lebih aktif, cerdas, dan rajin bunyi. Namun tak jarang dalam penyimpannya sering ditemukan buah yang terlalu matang dan cepat busuk sehingga tidak baik diberikan sebagai pakan burung jalak.

Agar buah pisang yang disimpan menjadi lebih awet dan tidak cepat matang, Anda bisa membungkusnya terlebih dulu dengan kertas koran, sebelum menyimpannya dalam lemari pendingin / kulkas.

2. Pakan burung jalak agar rajin bunyi: Jangkrik & kroto

Burung jalak juga membutuhkan asupan protein yang berasal dari hewan / serangga. Protein dibutuhkan sebagai sumber stamina, sekaligus membantu meningkatkan mental burung agar lebih rajin berbunyi.

Serangga yang umum diberikan kepada jalak terdiri atas jangkrik dan kroto segar. Namun bisa juga ditambahkan jenis serangga lain seperti ulat hongkong dan belalang.

Untuk membuat burung jalak lebih rajin berbunyi, sebaiknya jangkrik sebaiknya minimal 5 ekor setiap pagi dan sore hari. Berikan pakan serangga ini dalam kondisi sudah dihilangkan sayap dan kaki-kaki belakangnya.

Selain jangkrik, telur semut rangrang atau kroto juga bisa diberikan untuk membantu mendongkrak stamina dan membuat burung makin aktif berkicau. Kroto diberikan setiap hari, dimasukkan ke dalam cepuk tersendiri.

3. Pakan burung jalak agar rajin bunyi: Voer yang tepat 

Secara umum, voer diberikan sebagai pakan utama untuk semua jenis burung piaraan pemakan serangga. Pakan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari, apalagi jika burung dirawat oleh orang yang sibuk.

Untuk burung jalak, voer yang diberikan harus mempunyai kadar protein 12 – 18 % dan memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti lemak, karbohidrat, energi metabolis, serat kasar, vitamin, dan imineral. Semua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kondisi dan membuat burung tetap aktif.

Banyak kicaumania yang suka mengganti voer untuk burung rawatannya, hanya untuk mencari pakan yang sesuai dan bisa membuatnya lebih rajin bunyi. Tapi perlu diperhatikan, pemberian voer dengan merek yang berubah-ubah justu dapat memberi pengaruh buruk terhadap penampilannya, misalnya warna bulu berubah kusam dan mudah rontok.

Itulah beberapa jenis pakan burung jalak yang bisa membuatnya makin aktif dan lebih rajin berkicau. Selain pakan, pola rawatan lainnya jangan dilupakan, misalnya mandi, jemur, menjaga kebersihan sangkar, pemasteran, dan rutin memberikan multivitamin seperti BirdVit setiap 2-3 hari sekali.


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.