Suara burung remetuk laut dan tips perawatannya

Suara burung remetuk laut dan tips perawatannya –Burung remetuk laut / golden-bellied gerygone (Gerygone sulphurea) banyak dijumpai di sebagian besar wilayah Indonesia. Burung ini mempunyai suara kicauan yang mengalun merdu. Banyak kicaumania yang memeliharanya sebagai kelangenan, atau untuk memancing bunyi berbagai jenis burung kicauan lainnya.

suara burung remetuk laut
Burung remetuk laut memiliki suara kicauan yang merdu.

Burung remetuk laut sudah lama dikenal kalangan kicaumania di Indonesia. Ada yang menyebutnya burung sintier, eng ong, sir-sir, harmoni, hingga pleci buara.

Kicauan atau suara burung remetuk laut terdengar sangat merdu. Suaranya penuh getaran dan mengalun secara bervariasi. Jika mendapatkan perawatan yang tepat, burung ini akan lebih cepat gacor dan punya suara yang lebih lantang.

Kemerduan suara burung remetuk laut itulah yang menjadi daya tarik bagi para kicaumania untuk memeliharanya. Banyak kicaumania yang beranggapan, burung remetuk laut jantan memiliki suara kicauan yang lebih lantang dan bervariasi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Anggapan tersebut ternyata keliru. Sebab, berdasarkan pengalaman para penggemarnya, burung jantan dan betina memiliki kemampuan berkicau yang hampir sama.

Identifikasi jenis kelamin burung remetuk laut

Burung remetuk laut jantan dan betina dapat dibedakan dari penampilan dan warna bulunya, dengan rincian sebagai berikut:

  • Burung jantan memiliki bentuk kepala lebih besar dan tubuh lebih panjang. Adapun betina memiliki bentuk kepala kecil, dengan postur tubuh lebih pendek.
  • Pada burung jantan, bulu di bagian dada berwarna kuning pucat, sedangkan burung betina berwana kuning terang.
  • Perilaku burung jantan lebih aktif ketimbang betina.

Memang tidak mudah merawat burung remetuk laut dalam kondisi bakalan atau hasil tangkapan hutan, terlebih lagi bagi pemula yang belum tahu cara melatih burung agar makan voer.

Karena itu, sebelum berniat memeliharanya di rumah, pastikan Anda telah mengetahui cara melatih burung supaya mau makan voer. Om Kicau sudah pernah menuliskannya dalam artikel berikut:

Kumpulan tips untuk perawatan burung bakalan

Cara merawat burung remetuk laut agar rajin bunyi

  • Perawatan harian burung remetuk laut tidak bisa dilepaskan dari aktivitas mandinya. Mandi bagi burung ini sangat penting untuk membuatnya tetap segar dan selalu aktif, sehingga dapat memancingnya untuk terus berkicau.
  • Setelah burung dimandikan, berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa 1/2 sendok teh kroto serta beberapa ekor ulat hongkong.
  • Burung diangin-anginkan di tempat sejuk sampai sore hari.

Suara burung remetuk laut untuk memancing bunyi

Suara burung remetuk laut berupa suara getaran panjang yang mengalun sangat merdu dan bervariasi. Jika burung sudah mapan, suara kicauannnya terdengar sangat lantang.

Suara kicauan remetuk laut bisa dinikmati sebagai kelangenan, tetapi juga dapat digunakan untuk memancing bunyi berbagai jenis burung kicauan lainnya seperti pleci, anis merah, dan tledekan / sulingan.

Berikut ini beberapa variasi suara burung remetuk laut:

Suara burung remetuk laut variasi 1 | DOWNLOAD

Suara burung remetuk laut variasi 2 | DOWNLOAD

Suara burung remetuk laut variasi 3 | DOWNLOAD


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.