Perawatan unik pleci Marley: Rutin diberi minuman isotonik

Perawatan burung pleci memang bisa berbeda-beda, tergantung dari karakter burung serta inovasi pemiliknya. Misalnya Om Ridwan, plecimania asal Polsuka (Bogor), yang menerapkan perlakuan unik terhadap pleci Marley kesayangannya. Demi menjuarai lomba, lelaki yang akrab disapa Om Boteng itu menyeting plecinya dengan rutin memberikan minuman isotonik merek Mizone.

perawatan burung pleci
Pleci Marley andalan Om Boteng.

Bagaimana hasilnya? Entah kebetulan atau tidak, pemberian minuman isotonik ini sukses mengantar pleci Marley stabil di jalur juara, meski masih skala latber dan latpres di wilayah Bogor. Merley kerap nangkring posisi 1-2 dalam even-even yang diikutinya, bahkan pernah masuk Kelas BOB (Best of the Best).

Pleci Marley diperoleh Om Boteng dari salah satu kios burung di Kota Bogor, dalam kondisi berada di kandang ombyokan. “Ada teman yang memberi informasi, ada sebuah kios burung yang mempunyai koleksi pleci cukup banyak. Saya langsung ke sana, dan memilih salah satunya, yakni Marley, dengan harga hanya seratus ribu,” ujarnya.

Om Boteng
Om Boteng mendapatkan pleci Marley dari kios burung di Bogor.

Pleci Marley memiliki ciri khas antara lain bulu-bulunya meber ke atas alias jarang atau kurang rapi. Materi lagunya terdiri atas kenari, witwit, prenjak, dan kapas tembak, yang dibawakan secara ngeroll dan nembak.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perawatan burung pleci Marley

Berikut ini tips perawatan burung pleci Marley yang selama ini diterapkan Om Boteng setiap hari, tak terkecuali saat mau lomba:

Pleci Marley
Pleci Marley dan sebagian trofi kemenangannya
  • Setiap pagi, burung dikeluarkan dari rumah dan diangin-anginkan di teras.
  • Pakan utama berupa voer merek SKM atau Malau.
  • Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jeruk dan buah naga, yang diberikan bergantian / selang-seling setiap hari.
  • Air minum dalam sangkar ada 3 jenis, yakni air minum biasa, isotonik Mizone, dan air minum yang sudah dicampur vitamin.
perawatan burung pleci Marley
Perawatan pleci Marley: Ada tiga jenis minuman di sangkarnya.
  • Jadwal mandi dua kali sehari, masing-masing pukul 08.00 dan 19.00, dengan cara disemprot.
  • Usai mandi pagi, pleci langsung full kerodong dan dijemur selama 15 menit saja.
  • Siang hari, pleci ditempatkan di teras rumah dalam kondisi full kerodong.
  • Malam hari, burung disimpan di dalam rumah dalam kondisi full kerodong.
  • Pemasteran dilakukan malam hari, menggunakan burung masteran dan perangkat mp3 yang terdiri atas lagu burung kenari, prenjak, glatik, dan lovebird. Perangkat mp3 hanya diputar 1 jam.
Pleci Marley
Pleci Marley, salah satu jawara latber / latpres di Bogor.

Itulah sekilas perawatan burung pleci Marley. Sejauh ini sudah ada yang menawar Marley senilai Rp 1,5 juta. “Penawarannya masih segitu, karena prestasi Marley juga baru sebatas latber dan latpres lokalan saja,” tutur Om Boteng merendah. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.