Cara merawat burung decu belang agar makin gacor

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cara merawat burung decu belang agar makin gacor –Meski bertubuh kecil, burung decu belang memiliki suara kicauan yang lantang. Burung ini juga cukup diminati kicaumania karena suaranya lebih bervariasi daripada jenis decu lainnya seperti decu batu dan decu timor

Cara merawat burung decu belang
Decu belang jantan (RJQuisumbing)

Decu belang / pied bush chat (Saxicola caprata) mempunyai ukuran tubuh kecil, dengan panjang sekitar 13 cm. Burung jantan mudah dikenali dari penampilan dan warna bulu yang hanya terdiri dari dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Adapun burung betina memiliki bulu tubuh kecoeklatan, dengan tunggir merah-bata.

Sepintas, burung decu belang menyerupai kacer sehingga kerap dijuluki sebagai “kacer mini”. Kedua jenis burung ini juga memiliki kesamaan perilaku seperti agresif, teritorial, senang memainkan ekornya, dan mampu berkicau penuh variasi.

Meski memiliki suara kicauan lantang, tak jarang decu belang cenderung malas berbunyi ketika tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Bagi sebagian kicaumania, kesulitan dalam merawat decu belang dianggap sama seperti perawatan kacer bakalan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Cara merawat burung decu belang

Tetapi jika dirawat dengan penuh perhatian disertai dengan pola rawatan yang tepat, decu belang mudah sekali rajin berbunyi dalam waktu singkat. Berikut ini cara merawat burung decu belang agar makin gacor / rajin berbunyi.

Selain memberikan voer berkualitas, decu belang juga harus mendapat pakan tambahan / extra fooding (EF) secara baik. Pakan tambahan yang dapat menjadikannya rajin bunyi antara lain ulat kandang dan kroto.

Berikan pakan tambahan tersebut dengan setelan sebagai berikut:

  • Ulat kandang sebanyak 1 sendok kecil atau 1/2 cepuk kecil diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Kroto segar diberikan setiap 2-3 kali seminggu, pada pagi hari setelah burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk dianginkan.

Secara teratur, mandikan burung decu dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer atau sediakan bak mandi atau cepuk minum berukuran besar yang dimasukkan ke dalam sangkarnya.

Bagian terpenting dalam perawatan decu belang agar makin rajin bunyi adalah selalu menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan sekitarnya. Jauhkan sangkarnya dari sumber asap seperti asap pembakaran sampah maupun asap masakan karena dapat membuat burung mudah stres dan malas berbunyi.

Untuk memancing decu belang bakalan agar rajin bunyi, gantangkan saja di dekat sangkar burung piaraan lainnya. Jenis burung yang cocok sebagai pendamping decu adalah tledekan laut, sikatan ninon, dan kenari. Jangan dekatkan sangkar decu dengan jenis burung teritorial lain seperti tledekan gunung dan lain-lain.

Untuk menjaga kondisi kesehatan, sekaligus agar burung selalu aktif, tambahkan multivitamin seperti BirdVit tiap 2-3 hari sekali.

Itulah tips atau cara merawat burung decu belang agar lebih rajin berbunyi / gacor sehingga dapat terus menghibur majikannya.


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.