Beberapa cara memandikan burung branjangan

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Beberapa cara memandingan burung branjangan –Mandi merupakan salah satu bentuk perawatan penting bagi burung kicauan. Selain membersihkan bulu dan kulit tubuh dari kotoran, kutu, dan tungau, mandi bagi berbagai jenis burung kicauan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri sehingga rajin berkicau. 

cara memandingan burung branjangan
Burung branjangan sedang mandi debu.

Hal ini juga berlaku bagi burung branjangan. Berbeda dari jenis burung lainnya, branjangan umumnya dirawat dengan menggunakan sangkar berukuran tinggi. Sangkar model ini diperlukan karena branjangan memiliki gaya hoovering, yakni berkicau sambil melayang naik-turun. Ciri khas lainnya adalah bagian dasar sangkar dipenuhi pasir.

Dasar sangkar yang penuh pasir membuat beberapa kicaumania enggan memandikan burung branjangan dengan cara disemprot. Sebab pasir akan basah dan membuat sangkar mudah lembah sehingga rentan terserang jamur dan bakteri.

Jika memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar, burung biasanya tidak mau. Sebab branjangan dikenal lebih suka mandi debu / pasir, meski di habitat aslinya juga kerap mandi pada pagi hari dengan menggunakan air embun yang menempel di rerumputan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Cara yang umum dilakukan BR mania adalah memandikan burung sambil dipegang. Cara ini memang berisiko, karena burung bisa terlepas, namun dampak positifnya cukup bagus. Memandikan branjangan sambil dipegang sebenarnya meniru kebiasaan para penggemar perkutut.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika kita memandikan branjangan dengan cara dipegang, antara lain:

  • Burung lebih cepat jinak, karena ada interaksi langsung dengan pemiliknya.
  • Kebersihan bulu lebih terjaga jika dibandingkan mandi pasir/debu.
  • Burung bisa dimandikan dengan berbagai metode, seperti menggunakan air rebusan daun sirih, ramuan herbal, dimandikan dengan FreshAves, dan sebagainya.
  • Membantu meningkatkan mental burung sehingga lebih berani dan mau berbunyi di mana saja berada.

Cara memandikan burung branjangan sambil dipegang bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer, atau bisa juga dicelupkan ke dalam wadah berisi air. Ini dia detail pelaksanaannya:

Pegang semprot

  • Keluarkan branjangan dari sangkarnya dengan cara dipegang.
  • Cara memegang yang benar adalah tidak terlalu longgar, agar burung tidak mudah lepas. Tapi juga tidak terlalu kencang, agar tidak menyakitinya.
  • Semprotkan sprayer pada sebagian tubuhnya, dan hindari menyemprot bagian kepala dan wajahnya.
  • Setelah bulu-bulunya basah oleh air, Anda bisa mengusap-usap bulu tersebut secara perlahan agar air tersebar merata di seluruh tubuh branjangan.
  • Setelah beberapa menit, branjangan kembali dimasukkan ke dalam sangkar untuk dijemur.

Pegang celup

  • Setelah branjangan dikeluarkan dari sangkar, celupkan sebagian tubuhnya (ekor hingga dada) ke dalam wadah / baskom berisi air.
  • Setelah itu, usapkan secara perlahan agar air tersebar merata di seluruh tubuhnya.
  • Setelah beberapa menit, burung kembali dimasukkan ke dalam sangkar untuk dijemur.

Selain memandikan branjangan dengan cara dipegang, burung yang sudah jinak dapat dilatih mandi dalam karamba. Untuk melatih burung mandi dalam karamba, silakan baca artikel Tiga cara mudah melatih burung mandi karamba.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.