Buah goji berry: Manfaat dan cara meraciknya untuk pleci

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Buah goji berry untuk burung pleci –Sebagian pleci mania di Indonesia mungkin masih asing dengan buah goji berry / wolf berry ini. Di mancanegara, buah yang dikenal sebagai super fruit ini sering dimanfaatkan sebagai pakan racikan kaya nutrisi untuk burung pleci. Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini manfaat buah goji berry dan cara meraciknya untuk pakan harian burung pleci.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

buah goji berry
Cara meracik buah goji berry untuk burung pleci.

Setidaknya ada dua spesies tanaman goji berry, yakni Lycium barbarum dan Lycium chinense. Kedua spesies ini termasuk anggota keluarga tanaman Solanaceae, atau masih satu keluarga dengan tomat, kentang, dan tembakau.

Buah goji berry mempunyai kandungan nutrisi sangat tinggi. Buah yang berasal dari Pegurunungan Himalaya di Tibet ini kaya vitamin, mineral, protein, dan antioksidan.

Kandungan zat besi (Fe) pada buah goji berry lebih banyak daripada bayam. Kandungan beta karotennya lebih tinggi daripada wortel, dan kandungan proteinnya yang banyak daripada gandum.

Kandungan antioksidannya bahkan dianggap paling tinggi di dunia, dengan jumlah 2-4 kali lebih banyak daripada blueberry. Buah goji beri juga mengandung lemak tak jenuh ganda, yakni linoleic (Omega-6) dan linolenic (Omega-3).

Selain itu, goji berry memiliki 11 jenis mineral esensial dan 22 jenis mineral lainnya, selain vitamin dan 18 jenis asam amino. Karena kekayaan nutrisinya itulah, buah goji berry sering disebut super fruit.

Para pleci mania mancanegara kini juga kerap menggunakan goji berry sebagai bahan baku utama pembuatan pakan racikan untuk burung-burung piaraannya tersebut. Apalagi buah ini banyak dijual di toko herbal atau melalui forum jual-beli online.

Manfaat buah goji berry

Meskipun harganya relatif masih tinggi, beberapa pleci mania di Indonesia mulai mencoba meracik goji berry sebagai pakan racikan untuk gaco imutnya. Buah ini dipercaya memiliki beragam manfaat, antara lain:

  • Membantu meningkatkan stamina burung secara cepat.
  • Menetralisir burung pleci yang terkena doping obat-obatan.
  • Menjaga kondisi dan meningkatkan daya tahan burung pleci.
  • Meningkatkan birahi burung secara cepat, tanpa efek samping seperti over birahi.
  • Merangsang burung pleci agar lebih aktif dan bersuara lantang.
  • Memancing burung lebih rajin berkicau.
  • Membantu pemulihan burung stres.
  • Menjaga kesehatan mata.

Meracik buah goji berry untuk pakan burung pleci

Goji berry dapat disajikan dengan beragam cara, Misalnya, diberikan dalam bentuk utuh kepada burung pleci, atau diolah menjadi pakan racikan yang kaya nutrisi. Berikut ini beberapa cara penyajian pakan pleci berbahan buah goji berry:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Goji berry dicampur dengan voer

buah goji berry
Buah goji berry dicampur bersama voer.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Goji berry diblender / ditumbuk hingga menjadi tepung. Setelah itu dicampur dengan voer halus yang biasa diberikan kepada burung pleci. Namun perlu diperhatikan, voer halus yang digunakan sebaiknya memiliki kandungan gizi tinggi.

2. Diolah menjadi pakan racikan

Siapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Buah goji berry secukupnya
  • Kacang kedelai
  • Telur rebus yang sudah dikupas kulitnya.

Proses pembuatan:

  • Giling buah goji berry, kacang kedelai, dan telur rebus dengan menggunakan blender.
  • Pakan racikan sudah siap digunakan. Untuk menambah khasiatnya, bisa juga dicampurkan dengan pakan lain seperti voer halus, susu bubuk, atau tepung jangkrik.
  • Berikan pakan racikan tersebut setiap hari, agar pleci makin aktif dan rajin berkicau.

Cara lain dalam pengolahan buah goji berry bisa dilihat dalam artikel: Membuat pakan bergizi agar pleci dan ciblek makin sehat dan gacor.  Itulah beberapa manfaat goji berry serta cara mengolahnya menjadi pakan racikan bergizi tinggi untuk burung pleci.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.