Kenari Oppa milik Om Aap: Dibeli dalam kondisi rusak, kini langganan juara di Sumsel

Kenari Oppa andalan Om Apriansyah Dwi Poetra SH, atau akrab disapa Om Aap, termasuk burung yang istimewa. Burung ini diperolehnya dalam kondisi rusak dan over birahi. Namun melalui perawatan intensif selama satu bulan, kenari Oppa mulai rajin ditampilkan dalam even latber. Kini Oppa menjelma menjadi langganan juara di Sumatera Selatan.

kenari Oppa
Om Aap bersama kenari Oppa andalannya.

Om Aap sehari-hari bekerja sebagai CSR dan Legal Supervisor di PT Musi Hutan Persada (Marubeni Corp & Inhutani V) yang membuka kantor di Muara Enim, Sumatera Selatan. Di sela-sela kesibukannya, dia tetap menekuni hobi burung kicauan yang dilakoninya sejak delapan tahun lalu, ketika masih kuliah.

Gaco andalannya saat ini adalah kenari Oppa. Burung ini diperolehnya tahun lalu. Om Aap merawat sendiri jagoannya. Kalau ke lapangan, terkadang dia mengawal langsung, tapi terkadang dikawal oleh rekan-rekannya sesama anggota Rapenstar SF.

kenari Oppa
Kenari Oppa, langganan juara di Sumatera Selatan.

Burung dibelinya ketika masih berumur 9 bulan. Di tangan pemilik lama, Oppa sering meraih gelar juara bahkan kerap double winner. Saat melihat aksi Oppa, Om Aap langsung kepincut. Penawaran pun disampaikannya ke pemilik lama, tetapi tidak dilepas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Oppa kemudian mabung untuk pertama kalinya, dan baru selesai akhir tahun 2015. Saat itu burung macet bunyi, serta over birahi. Prestasinya pun mulai surut. Saat itulah Om Aap menawarnya kembali, dan ternyata pemilik lama bersedia melepasnya.

Om Aap menyukai Oppa, karena merupakan kenari ring Papburi. Itu sebabnya, kendati dibeli tatkala macet bunyi dan over birahi, dia berani meminang Oppa karena yakin bisa dipoles kembali.

Setelah dibeli, Oppa dirawat intensif selama 1 bulan. Untuk mengurangi birahinya, Oppa dibawa ke arena latber. Sejak itu kondisinya mulai berubah. Oppa mulai kembali aktif bunyi dan bisa masuk tiga besar, meski kondisinya masih over birahi.

kenari Oppa
Aksi kenari Oppa di atas gantangan.

Selanjutnya, kenari Oppa terus dimainkan dalam even-even latber, sampai akhirnya birahinya kembali stabil. Namun pada April 2016, burung kembali mabung dan baru rampung September 2016.

Awal Desember 2016, Oppa benar-benar terbebas dari over birahi. Durasi kicauannya makin panjang (1 menit lebih) dan gaya ngawetnya mulai keluar. Tepat pada 1 Januari 2017, Oppa sukses mencetak double winner dalam even Happy New Years di Lahat.

kenari Oppa
Beberapa prestasi kenari Oppa.

Selanjutnya, Om Aap rajin menurunkan kenari Oppa dalam berbagai even latber / latpres dan lomba regional. Burung ini selalu masuk peringkat atas, setidaknya tak pernah keluar dari tiga besar.

Februari lalu, Oppa mengikuti gelaran Muratara Bird Club di Kabupaten Muratara, bertemu sejumlah kenari top lintasprovinsi dan meraih double winner lagi.

Kemudian dalam even nasional Malahayati Cup di Bandarlampung, Oppa masuk nominasi. Mulai Juli 2017, kenari Oppa hampir setiap minggu tampil dalam even-even lintaskota. Berikut ini prestasi lain yang pernah diraih Oppa:

  • SSBC, Muara Dua (juara 1, 1, 1, 2)
  • The Papas, Prabumulih (1, 3)
  • Bas SF, Tanjung Enim (1, 1)
  • Ronggolawe, Tanjung Enim (1)
  •  FKM Idrus Cup (1, 1)
  • Anniversary Comando BC (2, 3)
  • Latber Oleng SF (1, 2)
  • Walikota Cup, Pagar Alam ( 2,2,3)
  • Adi Susanto Cup, Prabumulih (1, 1)
  • Aswari Cup, Lahat (1, 3)
  • Piala Radja, Palembang (3,5)
  • Rapen Cup IV (2)
  • Piala Kemerdekaan Ronggolawe, Lahat (1)
  • FKM Idrus, Baturaja (1,1,1)
  • KMSS Cup, Muara Enim (1)
kenari Oppa
Beberapa prestasi lainnya yang diraih kenari Oppa.

Prestasi demi prestasi yang diukir Oppa ini tak lepas dari keistimewaannua di lapangan. Kalau bunyi, durasinya bisa mencapai 50-70 detik. Gayanya ngawetnya, dengan jeda hanya beberapa detik, kerap membuat tim juri terpukau.

Berikut ini cuplikan video kenari Oppa saat direkam di rumah Om Aap:

Yang membuat Om Aap makin bangga, kenari Oppa kerap mengantarkan Rapenstar SF meraih juara umum single fighter. Meski dibeli dalam kondisi rusak, Oppa akhirnya bisa menjelma menjadi kenari berprestasi di Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Rapenstar SF
Rapenstar SF berjaya di berbagai even.

Perawatan harian dan settingan lomba kenari Oppa

1. Perawatan harian (Senin-Rabu)

  • Setiap pagi, mulai pukul 07.00, burung dijemur selama 15-30 menit.
  • Pakan tambahan berupa sayuran segar (sawi, oyong, mentimun) yang diberikan secara bergantian setiap hari.
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
  • Burung mandi sendiri dalam cepuk.
  • Malam dan siang hari, sangkarnya tidak dikerodong.
  • Sangkar kenari Oppa model kotak nomor 1 (panjang 47 cm, lebar 40 cm, tinggi 65 cm).
Om Aap
Om Aap bangga atas prestasi Oppa di setiap even yang diikutinya.

2. Settingan lomba (Kamis-Sabtu)

  • Mulai H-3 (Kamis), burung diembunkan selama 1 jam, mulai pukuk 05.00.
  • Burung masih ditaruh dalam sangkar kotak nomor 1.
  • Malam hari mulai diterapkan full kerodong.
  • Pada Hari-H (Minggu), kenari dipindah ke sangkar ukir khusus lomba. Burung diberi pakan rahasia berupa ramuan herbal yang direbus (salah satu bahannya adalah daun mengkudu).

Beberapa pemain sempat mengajukan penawaran terhadap kenari Oppa. Tapi karena maharnya tak sesuai dengan prestasinya, Om Aap menampiknya secara halus.

kenari Oppa
Keponakan Om Aap sayang banget terhadap kenari Oppa.
Om Aap
Om Aap berencana tampilkan kenari Oppa di Piala Raja (24/9).

Bahkan dia berencana menampilkan Oppa dalam even kolosal Piala Raja di Taman Candi Prambanan, Minggu (24/9) mendatang. “Saat itu, Oppa mulai memasuki masa mabung. Namun kalau kondisinya masih fit, ya siap berangkat ke Jogja,” tandas Om Aap. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.