Tips perawatan burung kenari agar tampil prima di lapangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tips perawatan burung kenari agar tampil prima –Burung kenari yang dipelihara untuk dilombakan tentu harus memiliki stamina prima agar rajin berbunyi. Pola perawatan harian yang tepat, serta setelan lomba, berperan penting bagi kenari agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Menjaga kondisi dan stamina kenari agar tetap prima bisa dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari melatih hingga memberi multivitamin. Selain itu, untuk menjaga kondisi birahinya agar stabil dan siap tempur di lapangan, kita juga perlu mengatur pola makan dan perawatan lainnya.

Berikut ini beberapa tips perawatan burung kenari agar selalu tampil prima di lapangan:

1. Gunakan sangkar besar untuk menjaga stamina

Beberapa pemain menggunakan kandang umbaran untuk melatih fisik dan menjaga stamina burung kenari. Jika tidak memiliki kandang umbaran, Anda juga bisa menggunakan sangkar besar atau berukuran luas.

Agar hasilnya optimal, penggunaan sangkar besar sebaiknya dilakukan setiap hari dengan jadwal teratur. Misalnya, setiap usai mandi, atau ketika mau dijemur, kenari dipindah dari sangkar hariannya ke sangkar besar.

perawatan burung kenari
Sangkar besar efektif untuk melatih stamina burung kenari.

Usai dijemur, kenari tetap dibiarkan dalam sangkar besar hingga siang hari (misalnya pukul 13.30 – 14.00). Setelah itu, burung bisa dipindah kembali ke sangkar hariannya.

Cara ini berbeda dari kandang umbaran yang biasanya digunakan kenari beberapa hari sekali, serta dalam waktu yang relatif terbatas. Melatih kenari dalam sangkar besar terbukti lebih efektif dan cepat memberikan efek positif terhadap stamina dan kekuatan nafasnya. 

2. Berikan pakan sesuai dengan kondisi burung

Mengamati perilaku kenari perlu dilakukan setiap hari, jika Anda ingin mengenal lebih dekat karakter dan kebiasaan burung tersebut. Selain itu, kita bisa menjadi siaga jika sewaktu-waktu terjadi perubahan pada kenari, misalnya suara maupun tingkah lakunya. 

Contohnya, ketika kenari tiba-tiba menjadi jarang berbunyi, meski kondisinya fit. Biasanya hal ini akibat faktor kurang birahi. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengatasinya dengan memberikan pakan berprotein tinggi.

Beberapa jenis pakan tambahan yang biasa diberikan untuk meningkatkan birahi kenari antara lain telur puyuh rebus, daun sawi hijau, selada, daun mengkudu, dan sebagainya.

perawatan burung kenari
Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kenari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebaliknya, jika birahi kenari terlalu tinggi, Anda bisa menurunkannya dengan memberikan mentimun dan oyong / gambas.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Meningkatkan stamina dengan multivitamin

Menjaga kondisi dan stamina kenari agar tetap prima tidak cukup melalui pemberian pakan bijian berkualitas maupun melatihnya di kandang umbaran saja. Bagaimana pun, kenari harus mendapat nutrisi yang serasi-seimbang, terutama kebutuhan vitamin yang biasanya tak bisa dicukupi hanya melalui pemberian pakan.

Untuk memastikan kecukupan kebutuhan vitamin, sekaligus mencegah defisiensi vitamin, Anda dapat memberikan multivitamin seperti BirdVit. Pemberian multivitamin sesuai dengan aturan dan teratur akan membuat kenari tersebut selalu dalam kondisi fisik dan kesehatan yang prima.

4. Wajib mandi setiap hari

Hal terpenting lainnya dalam perawatan burung kenari agar selalu prima adalah memandikannya setiap hari. Mandi dibutuhkan untuk menjaga kesegaran, sekaligus membersihkan bulu-bulu dari kotoran dan gangguan parasit.

perawatan burung kenari
Cepuk berisi air untuk mandi burung kenari.

Mandi rutin terbukti dapat membantu kenari dalam membangun mentalnya. Mandikan kenari setiap pagi hari dengan menggunakan bak mandi / cepuk yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya.

5. Tambahkan tulang sotong 

Belum banyak kenarimania yang mau menyediakan tulang sotong atau sumber kalsium lain di dalam sangkar kenari. Padahal, selain sebagai sumber kalsium untuk kekuatan tulang dan bulu, tulang sotong juga bermanfat menetralisir kandungan asam dari air minum.

Perawatan burung kenari
Kenari TC1 milik Om Sien Ronny setiap hari diselingi sepotong tulang sotong.

Karena itu, jika kenari selalu tampil prima, tidak ada salahnya untuk mulai menggantungkan tulang sotong di dalam sangkarnya.

Itulah beberapa tips perawatan kenari agar tetap tampil prima di lapangan. Tips ini juga dapat diterapkan pada kenari rumahan, sehingga menjadi “penyanyi hebat” yang mampu menghibur majikannya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.