Mengolah roti tawar menjadi pakan alternatif burung kenari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Roti tawar merupakan jenis makanan yang umum dikonsumsi untuk sarapan maupun camilan saat bersantai. Tetapi tahukah Anda, roti tawar juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif untuk burung kenari, terutama ketika stok persediaan pakan bijian sudah habis? Berikut cara mengolah roti tawar menjadi pakan alternatif burung kenari.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

pakan alternatif burung kenari
Roti tawar bisa diolah menjadi pakan alternatif burung kenari.

Meski dikenal sebagai burung pemakan bijian, kenari juga bisa mengkonsumsi jenis pakan lain yang diberikan seperti buah, sayuran, dan egg food. Egg food adalah pakan racikan yang dibuat dari campuran telur rebus dengan beberapa jenis pakan lainnya, termasuk roti tawar.

Penggunaan roti tawar bisa menjadi solusi pakan alternatif burung kenari, khususnya ketika kita kehabisan stok pakan bijian dan belum sempat membelinya. Kendati rendah nutrisi, roti tawar bermanfaat sebagai penambah energi supaya burung tak lemas.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Sebelum digunakan, roti tawar dikeringkan terlebih dulu dengan cara dipanaskan dalam oven, atau dijemur di bawah sinar matahari. Selain itu, menyimpan roti tawar di dalam lemari pendingin (kulkas) dalam waktu yang lama juga bisa menjadikannya cepat kering.

Berikut ini cara mengolah roti tawar menjadi pakan alternatif burung kenari.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahan baku:

  • 1 butir telur ayam rebus.
  • 2-3 potong roti tawar yang sudah dikeringkan.
pakan alternatif burung kenari
Beberapa bahan yang digunakan

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Proses pembuatan:

  • Telur rebus dikupas, lalu dipisahkan cangkangnya, serta bagian putih telur (albumin) dan kuning telur (yolk).
  • Potong roti tawar dalam ukuran kecil-kecil, kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling dengan bantuan blender.
  • Roti yang sudah menjadi bubuk dimasukkan ke dalam wadah / mangkuk.
  • Campurkan putih telur ke dalam mangkuk yang berisi bubuk roti. Setelah itu, aduk hingga bercampur merata dengan bantuan sendok makan.
  • Campurkan juga kuning telur ke dalamnya, lalu aduk-aduk lagi hingga semua bahan bercampur merata.
  • Yang terakhir, haluskan cangkang telur dengan cara ditumbuk. Setelah menjadi bubuk, campurkan ke dalam adonan tepung roti dan telur, serta diaduk hingga bercampur rata.
  • Pakan sudah siap disajikan untuk burung kenari kesayangan Anda.

Selain bermanfaat sebagai penambah energi, pakan olahan roti tawar ini sudah mengalami peningkatan kandungan nutrisi, terutama protein, serta minerap kalsium (Ca) dan fosfor (P). Dengan demikian, pakan ini juga bisa digunakan untuk kenari-kenari induk di kandang penangkaran..

Pakan alternatif burung kenari berbahan roti tawar ini juga bisa mencegah burung kenari mengalami kegemukan atau obesitas. Selamat mencoba!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.