Resep egg food untuk ternak burung goldfinch

Resep egg food untuk ternak burung goldfinch –Goldfinch mempunyai kombinasi warna bulu yang menarik dan suara merdu. Tak heran apabila burung finch ini mulai popular di Indonesia dalam negeri beberapa tahun terakhir ini. Namun stok goldfinch di pasaran lebih didominasi burung impor. Beberapa kicaumania mulai tertarik menangkarnya, mengingat prospek pemasarannya yang sangat cerah.

ternak burung goldfinch
Burung goldfinch memiliki warna bulu menarik dan suara merdu.

Penampilan goldfinch memang sangat menarik perhatian. Tubuhnya dibalut bulubulu dengan kombinasi warna cantik seperti putih, cokelat, kuning, merah, dan hitam.

Karena kecantikannya, goldfinch banyak dipelihara untuk diternak, termasuk disilangkan dengan spesies burung finch lainnya. Hasil silangan goldfinch dengan burung finch lainnya itu menghasilkan goldfinch hibrida atau lebih popular dengan istilah mule.

Goldfinch memiliki sifat sangat agresif, terutama saat berkembang biak. Karena itulah, kalau mau beternak goldfinch sebaiknya burung ditempatkan dalam kandang soliter. Jangan menggunakan kandang koloni, apalagi disatukan dengan pasangan jenis finch lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Simak lagi: Tips beternak burung goldfinch agar lebih produktif

Agar proses ternak burung goldfinch berjalan lancar, kandang sebaiknya diletakkan di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Pastikan pasangan burung tersebut bisa mendapatkan semua kebutuhan pakannya, termasuk vitamin.

Kebutuhan pakan yang disediakan adalah bij-bijian, buah, dan sayuran yang umum dikonsumsi burung finch. Adapun multivitamin yang dianjurkan antara lain BirdVit yang telah dilarutkan dalam air minumnya.

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, induk goldfinch perlu diberi pakan tambahan berupa egg food. Egg food adalah pakan olahan / racikan yang terdiri atas berbagai bahan berkualitas, sehingga bisa mempercepat proses penjodohan, bertelur, dan bagus pula saat induk sedang merawat anak-anaknya.

Bahan baku egg food untuk ternak burung goldfinch

  • 2 – 3 butir telur rebus.
  • 3 sendok makan tepung sereal.
  • Tepung kalsium dari gerusan tulang sotong.
  • 1 sendok teh minyak zaitun.
  • 1 buah apel yang telah dikupas kulit dan dibuang bijinya
  • 1 sendok makan tepung serangga seperti tepung ulat hongkong / tepung jangkrik.
ternak burung goldfinch
Bahan-bahan pembuatan egg food untuk ternak burung goldfinch.

Cara membuat egg food untuk ternak burung goldfinch

  • Telur rebus diaduk dalam satu wadah.
  • Masukan sereal, tepung tulang sotong, minyak zaitun, dan tepung ulat hongkong / jangkrik ke dalam wadah berisi telur tersebut. Selanjutnya, diaduk dengan bantuan sendok / garpu sampai tercampur merata.
  • Buah apel diparut terlebih dulu. Hasil parutannya dicampur ke dalam wadah berisi adonan, dan diaduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.
  • Sebagai tambahan, Anda bisa memasukkan BirdMineral ke dalam adonan tersebut, sebelum diberikan kepada burung. BirdMineral mengandung multimineral penting yang dibutuhkan indukan selama berkembang biak.

Itulah cara meracik egg food untuk ternak burung goldfinch. Saat ini, harga goldfinch masih cukup tinggi di pasaran. Jika Anda sukses menangkarnya, tentu bisa menjadi ladang rezeki tersendiri. Selamat mencoba.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.