Enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau

Banyak sekali spesies burung yang tersebar di berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya bahkan sangat popular karena suara kicauannya yang menarik enak didengarkan. Berikut ini enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau.

Enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau
Enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau.

Selain penampilannya yang cantik, beberapa jenis burung memiliki suara kicauan sangat merdu. Sebagian di antara mereka memiliki kemampuan meniru suara kicauan burung jenis lainnya. Karena kemampuan tersebut, burung bisa memiliki suara kicauan yang sangat bervariasi.

Kali ini, omkicau.com ingin mengupas secara singkat enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau:

1. Murai batu (Asia Tenggara)

Murai Batu Racun - Khadafi
Murai batu Racun, ekornya panjang dan selalu melengkung ke atas. (Foto: Dok M Khadafi)

Siapa tak kenal murai batu. Burung kicauan yang satu ini bisa memiliki banyak penggemar di hampir seluruh negara di Asia Tenggara. Belakangan, popularitas murai batu terus menarik perhatian warga Amerika dan Eropa.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Murai batu memiliki beberapa subspesies / ras, dengan wilayah persebaran masing-masing. Di Indonesia, yang paling terkenal adalah murai batu aceh / murai batu medan. Di mancanegara, murai batu asal Thailand dan Malaysia juga sangat digemari.

Murai batu memiliki suara kicauan unik, lantang, dan bervariasi. Burung ini juga sangat pandai meniru suara kicauan burung lainnya. Berikut ini suara kicauan variasi burung murai batu:

2. Nightingale (Eropa)

Burung nightingale
Burung nightingale

Meski tidak memiliki habitat di wilayah Indonesia, nyanyian burung nightingale banyak diburu para kicaumania. Suaranya yang lantang dengan tembakan bervariasi kerap dijadikan masteran bagi burung ocehan jenis lainnya.

Ninghtingale juga termasuk burung unik. Salah satu kebiasaan yang tak lazim dilakukan jenis burung lainnya adalah berkicau di tengah kegelapan malam.

Bayangkan saja, ketika jenis burung lainnya sedang tertidur, nightingale malah asyik bernyanyi dengan kencangnya. Karena perilaku uniknya tersebut, nightingale mendapat julukan “biduanita malam“.

Burung ini juga memiliki kemampuan berkicau yang sangat mengagumkan. Seekor nightingale jantan dewasa bahkan mampu menyanyikan 300 jenis lagu yang berbeda, dan kalau bernyanyi mereka kadang tidak kenal waktu.

Burung yang kerap disebut sebagai sikatan londo ini memang termasuk keluarga sikatan (Muscicapidae) dan memiliki daerah persebaran yang cukup luas di daratan Eropa.

Jika ingin mendengar atau mengunduh suara kicauan burung nightingale untuk koleksi atau masteran, silakan buka lagi tulisan berikut ini:

3. Lyrebird (Australia)

Burung superb lyrebird dari Australia
Burung superb lyrebird dari Australia.

Lyrebird adalah burung endemik atau hanya bisa ditemukan di Australia. Penampilannya berbeda dari jenis kicauan yang sudah kita kenal.  Ada dua spesies lyre di Australia, namun jenis yang sangat popular adalah superb lyrebird (Menura novaehollandiae) yang hidup di wilayah tenggara Australia.

Burung yang berpenampilan mirip merak ini memiliki kemampuan meniru beragam suara, termasuk suara alam dan lingkungan di sekitarnya. Selain pandai berkicau, lyrebird jantan juga pandai menari, khususnya untuk menarik perhatian burung betina.

Sebelumnya tidak ada yang tahu kemampuan lyrebird dalam meniru beragam suara yang didengarnya. Tapi setelah muncul dalam flm dokumenter dari sebuah stasiun televisi terkenal, lyre kemudian menjadi terkenal serta dikagumi banyak orang di dunia.

Berikut ini beberapa artikel mengenai perilaku unik burung lyre dengan kemampuan berkicau yang mengagumkan, dan beberapa audio kicauan dalam format mp3 yang bisa didownload untuk masteran.

4. Wambi (Tiongkok dan Taiwan)

Wambi atau hwamei merupakan burung ocehan yang pernah sangat populer di Indonesia. Suaranya melengking nyaring dengan lagu-lagu sangat bervariasi.

Ada dua jenis burung hwamei yang dikenal, masing-masing berasal dari Tiongkok dan Taiwan. Meski terlihat mirip, keduanya bisa dibedakan dari bentuk penampilannya.

Hwamei dari Tiongkok mempunyai motif bulu lebih halus, dan lingkaran mata berwarna putih memanjang hingga ke bagian tengkuk. Hwamei dari Taiwan mempunyai motif bulu lebih kasar, dan tidak mempunyai lingkaran mata yang berwarna putih.

Perbedaan hwamei dari Tiongkok dan Taiwan, dilihat dari alis matanya.

Hwamei sangat digemari karena memiliki suara kicauan yang berbeda dari jenis burung lainnya. Lagu-lagunya sangat kasar dan nyaring. Burung ini juga punya kemampuan menirukan aneka suara.

Selain suaranya yang memukau, hwamei juga termasuk burung petarung dalam arti sesungguhnya. Burung jantan bersifat sangat agresif terhadap sesama pejantan lainnya. Karena sifatnya itu, penggemar hwamei di Tiongkok kerap mengadakan adu fisik antarburung hwamei jantan.

5. Sanma (Asia)

Burung sanma
Burung sanma

Sanma termasuk kelompok burung lark / Alaudidae dari genus Alauda. Dalam literatur perburungan internasional, spesies dari kelompok ini dikenal dengan sebutan skylark.

Kelompok ini pun terbagi atas 19 genus. beberapa di antaranya sangat dikenal kicaumania di Indonesia, antara lain branjangan (Mirafra javanica) dan pailing / mongolian lark (Melanocarypha mongolica).

Burung sanma masih berkerabat dekat dengan branjangan. Ada empat jenis sanma di dunia, dua di antaranya cukup populer sebagai piaraan, yaitu sanma oriental (Alauda gulgula) dan sanma eurasia (Alauda arvensis).

Salah satu daya tarik burung sanma adalah suaranya yang ngerol, nyaring, dan bervariasi. Burung ini bahkan punya kemampuan hovering, yaitu berkicau sambil terbang melayang secara vertikal.

Baca lagi: Mengenal empat spesies sanma di dunia beserta ragam suaranya

6. Twatwa (Amerika Selatan)

Burung twatwa mempunyai nama internasional large-billed seed-finch (Sporophila crassirostris). Spesies ini memiliki paruh besar dan sangat digemari kicaumania di Amerika Selatan. Wilayah persebarannya mulai dari Brazil, Kolombia, Venezuela, sampai Suriname.

Burung twatwa yang memiliki suara ngerol variasi
Burung twatwa yang memiliki suara ngerol variasi.

Twatwa adalah nama panggilan burung ini di kawasan Amerika Selatan. Tubuhnya berwarna hitam, paruh putih, dan terdapat bercak putih di kedua sayapnya.

Suara kicauan twatwa mampu menarik perhatian banyak penggemar burung. Bahkan mantan petinju legendaris Mike Tyson pun sangat suka kepada burung ini dan kerap melombakannya.

Baca lagi: Suara kicauan burung twatwa, picolet, dan rowti untuk masteran

Itulah profil singkat mengenai enam jenis burung kicauan di dunia dengan suara memukau. Semoga bermanfaat

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.