Cucak jenggot mendadak galak? Ini solusinya!

Cucak jenggot mendadak galak dan kerap mematuki tangan pemilik / perawat saat mau mengganti pakan dan air minum? Perubahan perilaku ini biasanya disebabkan birahi burung sedang tinggi. Jika dibiarkan, hal ini tentu sangat mengganggu penampilannya. Berikut ini solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

cucak jenggot mendadak galak
Mengatasi burung cucak jenggot yang mendadak galak.

Cucak jenggot dikenal sebagai burung yang gampang over birahi. Kondisi itu dipicu oleh berbagai faktor, termasuk pola rawatan yang kurang tepat, terutama masalah pakan.

Dalam berbagai kasus, cucak jenggot betina yang banyak dilombakan atau dijadikan masteran biasanya akan bertelur saat mengalami over birahi. Perubahan perilaku lainnya adalah burung selalu mencabuti bulu-bulunya, main seruduk saat dilombakan, serta berubah menjadi galak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perawatan secara tepat harus segara diterapkan untuk meredam perilaku dan kondisi birahi cucak jenggot tersebut. Berikut ini beberapa solusi mengatasi cucak jenggot mendadak galak akibat over birahi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

1. Pengembunan

Meredam birahi cucak jenggot bisa dilakukan dengan mengembunkannya secara rutin pada pagi hari, atau sebelum matahari terbit. Selain dapat mendinginkan suhu tubuhnya, sehingga birahinya jadi lebih stabil, pengembunan juga membantu meningkatkan stamina burung.

2. Memperbanyak mandi

Kalau biasanya dimandikan satu kali dalam sehari, maka cucak jenggot mendadak galak bisa dimandikan lebih sering lagi. Misalnya 2-3 kali sehari, masing-masing pada pagi, siang, dan sore / malam hari.

3. Kurangi / stop penjemuran

Selama masa terapi, burung cucak jenggot sebaiknya tidak dijemur dulu. Jika tetap ingin menjemur, misalnya untuk mengeringkan bulu usai mandi, lakukanlah dalam durasi pendek, atau cukup dianginkan di tempat teduh.

4. Berikan full buah

Selain mandi dan jemur, pemberian pakan juga harus diperhatikan. Selama terapi pemulihan, pemberian pakan voer sebaiknya dikurangi. Berikan saja full buah-buahan yang bervariasi, misalnya pepaya, pir, buah naga, atau jenis buah lainnya yang kaya air dan serat.

5. Kurangi extra fooding (EF)

Buah-buahan menjadi pakan utama cucak jenggot selama masa terapi. Pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti serangga bisa dikurangi porsinya, terutama jangkrik dan ulat hongkong. Setiap dua hari sekali, burung bisa diberi 2-3 ekor ulat bambu.

6. Pengumbaran

Meredam birahi juga bisa dilakukan dengan menempatkan cucak jenggot di kandang umbaran. Selain membantu menjaga kondisi fisiknya, pengumbaran juga bisa mengurangi birahi burung.

7. Jauhkan dari burung lain / sejenis

Untuk mempercepat proses pemulihan, cucak jenggot jangan diperlihatkan dulu dengan burung sejenis atau burung kicauan lain yang sudah gacor.

Jika cara-cara di atas dilakukan secara teratur, maka burung cucak jenggot cepat pulih sehingga bisa kembali berlaga atau dijadikan masteran. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.