Penanganan cucak jengot yang main seruduk karena over birahi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kondisi birahi yang berlebihan sering membuat burung kicauan menjadi banyak tingkah, bahkan sampai mencabuti bulu-bulunya. Burung cucak jenggot yang over birahi, misalnya, sering main seruduk bak kebakaran jenggot tatkala mendengar suara burung sejenisnya. 

Burung cucak jenggot
Burung cucak jenggot termasuk mudah naik birahinya.

Kondisi tersebut tentu mengesalkan bagi pemilik atau orang yang merawatnya. Apalagi jika situasi itu terjadi ketika burung sedang dilombakan. Untuk mengatasinya, berikut ini penanganan cucak jengot yang main seruduk karena over birahi.

Sebagai burung peliharaan, cucak jenggot dikenal mudah naik birahinya. Pemberian pakan tambahan /extra fooding (EF) yang terlalu berlebihan maupun penjemuran yang terlalu lama bisa membuat birhinya memuncak. Tentu saja masih ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicunya.

Kalau kondisi birahi tak tersalurkan, maka cucak jenggot akan melampiaskannya dengan caranya sendiri. Misalnya mencabuti bulu, diam di dasar sangkar, atau justru main seradak-seruduk. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu rutin memandikannya setiap hari.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Ya, tidak cukup sekali saja, tapi burung perlu dimandikan beberapa kali sehari guna mengurangi kondisi birahinya. Bahkan jika dibutuhkan, terapi mandi malam bisa dilakukan untuk mempercepat proses pemulihannya. Namun agar penanganannya lebih efektif, selain mandi rutin, perlu dibarengi pula dengan pola perawatan berikut ini :

  • Menambah tenggeran dalam sangkarnya, sehingga cucak jenggot tidak terlalu sering menabrak jeruji sangkar ketika mendengar suara burung sejenis.
  • Mengurangi pakan tambahan (EF) terutama jangkrik.
  • Mengurangi durasi penjemuran.
  • Berikan seekor ulat bambu setiap pagi, selama 4 – 5 hari berturut-turut.
  • Melatih burung di kandang umbaran selama 20 – 30 menit, setiap 3 – 4 kali seminggu.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga kondisi dan mempercepat pemulihannya.

Dengan menggabungkan beberapa pola perawatan di atas, maka dalam waktu tidak terlalu lama, cucak jenggot yang semula gemar main seruduk akan berangsur-angsur pulih, dan kembali bertingkah normal, sehingga bisa membuat bangga pemiliknya saat beraksi di lapangan.

Untuk mengatasi burung cucak jenggot yang sering mencabuti bulunya sendiri karena over birahi, silakan buka lagi tulisan Om Kicau berikut ini:

Mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulu akibat over birahi

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.