Resep tepung daging agar cendet tampil makin garang

Selama ini, tepung daging lebih sering digunakan para peternak unggas seperti ayam dan itik. Meski begitu, manfaat tepung daging juga bisa dinikmari beberapa jenis burung kicauan, khususnya cendet. Kali ini, omkicau.com akan berbagai resep tepung daging sebagai pakan tambahan agar cendet tampil makin garang.

resep tepung daging
Burung cendet butuh pakan berprotein tinggi agar selalu aktif dan rajin bunyi.

Cendet dikenal sebagai burung yang sangat aktif, sekaligus burung predator alias pemangsa segala. Agar cendet tetap aktif dan rajin berkicau, dibutuhkan pakan berprotein tinggi, terutama protein hewani.

Untuk burung dalam piaraan manusia, protein hewani bisa didapatkan dari berbagai sumber, terutama jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan sebagainya.

Tepung daging pun termasuk protein hewani dan bisa diberikan kepada burung cendet. Kalau diberikan secara rutin, daya tahan dan mental tempur cendet bisa mengalami peningkatan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Proses pembuatan tepung daging sebenarnya mudah. Kita bisa mengolahnya dengan memanfaatkan tetelan / sisa-sisa daging yang masih menempel pada tulang. Daging tetelan ini umumnya bisa diperoleh dengan harga murah di tempat pemotongan hewan maupun pasar tradisional.

Berbeda dari pembuatan tepung daging yang pernah diulas omkicau.com di sini, kali ini tepung daging dibuat dari daging sapi maupun daging tetelan dengan takaran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

resep tepung daging
Proses pembuatan tepung daging untuk cendet.

Cara pembuatan / resep tepung daging untuk burung cendet

  1. Daging dikukus dalam panci (dengan nyala api sedang) selama beberapa menit. Pengukusan bertujuan agar daging menjadi lunak dan tidak liat, sehingga lebih mudah diproses pada tahap berikutnya.
  2. Selesai dikukus, daging dijemur di bawah sinar matahari selama 10 jam, atau sampai daging terasa lebih kering.
  3. Simpan daging dalam freezer selama kurang lebih 5 hari, sampai daging benar-benar membeku.
  4. Daging dijemur lagi di bawah sinar matahari selama beberapa jam, untuk membuang sisa-sisa air yang masih menempel. Setelah kering, daging digiling menggunakan blender hingga menjadi tepung.
  5. Tepung daging disimpan dalam wadah / toples yang tertutup rapat.
  6. Untuk menjaga agar tetap kering, Anda bisa meletakkan silica gel ke dalam toples tersebut.

Cara penyajian tepung daging untuk burung cendet

Tepung daging bisa diberikan kepada burung cendet dengan berbagai cara, yaitu

  • Mencampurkan 2 sendok teh tepung daging ke dalam cepuk berisi voer.
  • Mencampurkan 1 sendok teh tepung daging ke dalam cepuk berisi kroto.
  • Memberikan 1 cepuk kecil tepung daging pada pagi hari, setelah burung dikeluarkan untuk diembunkan.

Tepung daging juga bisa digunakan untuk melatih cendet bakalan yang belum mau makan voer. Caranya, 3 sendok teh tepung daging dicampur dengan 2 sendok teh voer halus.

Selain itu, tepung daging juga bisa diberikan sebagai gut load untuk jangkrik sebelum jangkrik diberikan kepada burung. Itulah resep tepung daging sebagai pakan tambahan agar cendet tampil lebih garang. Selamat mencoba.

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.