Kecambah dan racikan telur rebus untuk mendukung penangkaran burung kenari

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Penangkaran burung kenari –Pakan termasuk salah satu elemen penting dalam penangkaran / breeding burung berkicau. Sekitar 70 persen biaya operasional penangkaran burung tersedot untuk membeli pakan / bahan pakan. Tetapi pakan juga menentukan produktivitas burung induk. Karena itu, setiap penangkar harus memperhatikan benar kualitas pakan yang diberikan kepada burung-burung induk.

penangkaran burung kenari
Pakan kecambah dan racikan telur rebus sangat mendukung penangkaran burung kenari.

Idealnya, burung kenari selalu mendapat pakan berkualitas sejak masih anakan hingga dewasa. Tetapi kita tak pernah tahu kualitas pakan yang dikonsumsi kenari, jika burung tersebut dibeli saat sudah dewasa dan masuk ke kandang breeding.

Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah segera memberikan pakan berkualitas begitu kenari mau dijodohkan atau disiapkan sebagai calon induk.

Setidaknya ada dua jenis pakan tambahan / extra fooding (EF) yang bisa diberikan agar kenari nantinya bisa menjadi induk yang produktif. Kedua pakan tersebut adalah kecambah dan racikan telur rebus.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

1. Cara membuat kecambah

Kecambah adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.

Salah satu jenis kecambah yang paling popular adalah taoge yang berasal dari biji kedelai. Untuk pakan kenari, Anda bisa menggunakan kecambah dari biji kedelai maupun biji-bijian lainnya seperti biji kacang hijau dan kuaci alias biji bunga matahari.

Kecambah mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral penting, sehingga sangat baik untuk burung kenari yang sedang diternak. Kandungan vitamin yang terdapat dalam kecambah antara lain vitamin A, B, dan E. Beberapa mineral penting juga dijumpai pada kecambah, terutama kalsium, kalium, dan magnesium.

Sebenarnya semua biji-bijian itu bisa dibuat kecambah. Hanya saja, biji yang banyak digunakan dalam mendukung penangkaran burung kenari adalah kedelai, kacang hijau, dan biji bunga matahari.

Berikut ini cara membuat kecambah dari biji-bijian.

  • Biji-bijian direndam dalam air matang / hangat selama semalam.
  • Esok paginya, biji disaring menggunakan saringan. Setelah itu langsung dibilas air bersih.
  • Tempatkan biji-bijian dalam wadah / nampan yang dilapisi kain atau jaring nilon. Aturlah agar biji-bijian tidak saling bertumpuk.
  • Simpan di tempat gelap, lembab, dan tidak terpapar cahaya matahari secara langsung.
  • Secara berkala, Anda bisa mencipratkan air pada biji-bijian sampai muncul kecambah.
  • Jika panjangnya sudah mencapai 0,5 – 1 cm, kecambah dapat langsung diberikan kepada kenari. Sebab dalam kondisi inilah kecambah memiliki kandungan nutrisi sangat tinggi.

2. Racikan telur rebus

Saat mengerami telurnya, kenari  membutuhkan pakan tambahan selain bji-bijian. Salah satunya adalah telur rebus, baik berupa telur ayam maupun puyuh.

Untuk mendukung penangkaran burung kenari, telur rebus tidak diberikan apa adanya, tetapi diolah dengan bahan lain menjadi racikan spesial.

Bahan baku yang digunakan berupa 1 butir telur ayam, sepotong roti tawar yang masih segar, madu (1/4 sendok teh), dan tumbukan tulang ikan kering / kulit kerang (1/4 sendok teh). Jika tidak ada tulang ikan kering / kulit kerang, Anda bisa menggunakan parutan tulang sotong.

Cara membuatnya, telur ayam direbus hingga matang. Kupas cangkangnya, kemudian telur dipotong-potong dalam ukuran kecil. Masukkan potongan telur rebus ke dalam blender, bersama bahan-bahan lainnya (roti tawar, madu, dan tumbukan ikan kering / kulit kerang / tulang sotong.

Semua bahan diblender sehingga menjadi butiran kecil-kecil, lalu diruang dalam wadah penyimpanan. Pakan racikan telur rebus ini bisa diberikan saat kenari mulai bertelur. Tetapi racikan ini juga bisa diberikan kepada anakan kenari / kenari muda untuk memacu pertumbuhannya.

3. Jangan pernah melupakan multivitamin

Burung kenari juga sangat membutuhkan vitamin dalam jumlah memadai dan cukup lengkap. Karena tak semuanya terkandung dalam pakan, disarankan menggunakan produk multivitamin seperti BirdVit.

Selain bermanfaat untuk dirinya sendiri, multivitamin juga akan membuat kenari bisa menghasilkan anakan-anakan yang sehat dan punya daya kekebalan tinggi terhadap penyakit.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.