Arco BF Serang: 12 tahun cetak murai batu berkualitas. Apa rahasianya?

Di setiap blok maupun kawasan terdapat sejumlah penangkaran murai batu unggulan. Kalau di Jawa Barat ada SKL Bird Farm (Indramayu) milik Om Syamsul Saputro, di Banten ada Arco BF Serang milik Om Darlian yang berkongsi dengan Om Edi Kapuk.

Arco BF Serang
Arco BF Serang: Om Darlian di depan kandang pembesaran murai batu.

Arco BF Serang berdiri sejak tahun 2006, atau saat ini sudah berumur 12 tahun. Jumlah anakan yang dihasilkan pun lebih dari 1.300 ekor. Produknya sangat diminati, baik di kalangan pemain murai batu maupun breeder / penangkar dari berbagai daerah.

Banyak murai batu produksi Arco BF Serang yang moncer di lapangan, khususnya di tangan pembeli-pembelinya. Tidak mengherankan jika permintaan terus mengalir deras, bahkan calon pembeli harus rela antre alias indent terlebih dulu.

Apa rahasia Arco BF Serang sehingga stabil mencetak murai batu berkualitas? Kepada omkicau.com, Om Darlian tak berniat menyembunyikan rahasia kesuksesannya. Bahkan kepada beberapa pembeli yang kebetulan juga penangkar, Om Darlian kerap membeberkan tips sukses beternak murai batu.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Dua kunci kesuksesan Arco BF Serang

Sedikitnya ada dua kunci kesuksesan Arco BF Serang sehingga selalu stabil menghasilkan murai batu berkualitas. Berikut ini kedua kunci sukses beserta penjelasannya.

1. Kualitas materi induk jantan

Faktor ini sebenarnya sudah diketahui para penangkar murai batu lainnya. Sejak awal Arco BF Serang selalu menggunakan induk jantan pilihan, yaitu eks juara lapangan. Misalnya Golden Boy, Mataram, Raja Rimba, Teroris, Kudeta, Kaisar, Matahari, Angry Bird, Neymar, Jaguar, Siliwangi, Jarum, Zeus, dan lain-lain.

breeding murai batu
Trah murai batu Jaguar: Sudah berprestasi di tangan pembelinya.

Induk-induk tersebut sudah lama mengisi kandang Arco BF. Meski sekarang ada penambahan materi induk jantan, kriteria seleksinya tetap sama: pernah juara lomba. Saat ini Arco BF Serang memiliki 50 pasangan induk produktif.

Kendati murai batu jantan mencapai dewasa kelamin saat berumur 8 bulan-1 tahun, Arco BF Serang hanya memilih indukan yang sudah berumur lebih dari 2 tahun.

2. Memilih induk betina terbaik

Selain mengutamakan materi induk jantan, Arco BF Sering juga memperhatikan kualitas materi induk betina. Bahkan, kata Om Darlian, kualitas induk betina ini sangat menentukan kualitas anak-anaknya yang berkelamin jantan.

cara ternak murai batu
Salah satu induk betina pilihan di kandang Arco BF Serang.

Karena itu, setiap penangkar sebaiknya mengetahui silsilah induk betina yang digunakannya. Arco BF Serang, misalnya, saat ini sudah menggunakan 100% induk betina hasil ternak sendiri, sehingga tahu persis silsilahnya.

“Seluruh induk betina yang digunakan merupakan trah jawara. Otomatis anak-anaknya yang jantan pun mengalir darah jawara. Tinggal kita jodohkan dengan pejantan unggulan, sehingga hasilnya lebih maksimal,” jelas Om Darlian.

Murai batu betina sudah bisa berproduksi ketika berumur sekitar 8 bulan. Tapi Arco BF Serang hanya menggunakan induk betina jika sudah berumur lebih dari 1 tahun, agar organ reproduksinya benar-benar sempurna.

Saran Arco BF Serang kepada peternak pemula

Om Darlian menyarankan kepada calon peternak maupun peternak pemula agar berani tidak minder bersaing dengan peternak-peternak lainnya. Kuncinya ya mengutamakan dulu kualitas indukan, baik jantan maupun betina.

“Tidak cukup mengandalkan induk jantan eks juara saja. Induk betinanya juga harus dari trah pilihan, setidaknya mengalir darah juara,” tambahnya.

Menurut dia, lebih baik memilih induk betina dari peternak yang sudah terpercaya. Sebab silsilahnya lebih jelas. Jika menggunakan induk betina tangkapan hutan, kita tidak tahu persis silsilahnya. Malah yang sering muncul sekadar klaim berbau mitos.

Om Darlian pun sudah membuktikan ucapannya ini melalui kualitas anakan-anakan murai batu yang dihasilkannya. Produk murai batu Arco BF Serang kerap berprestasi di lapangan. Tak hanya di Banten saja, tapi juga di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, bahkan Sumatera.

penangkaran murai batu
Trotolan murai batu trah unggulan produksi Arco BF Serang.

Arco BF Sering secara berkala juga melakukan regenerasi materi indukan, guna mendapatkan anakan yang lebih baik lagi. Regenerasi dilakukan dengan menambah materi baru, sembari mengistirahatkan induk lama, atau saat menunggu induk lama merampungkan masa mabungnya.

“Kalau sudah tiga kali berproduksi, induk betina saya istirahatkan dulu, diganti induk betina lainnya. Saat itulah materi induk baru saya masukkan,” ujarnya.

Anakan murai batu dipanen saat berumur 1 minggu, untuk dibesarkan di kandang inkubator. Selama masa ini, anakan murai batu diperkenalkan dengan suara masteran dasar (isian cililin). Jika sudah tak dipelihara di inkubator, anakan murai batu ditempatkan di kandang khusus pembesaran dengan cara dikerodong.

ternak murai batu
Anakan murai batu pascapanen (umur 1 minggu).

Pada umur 1 bulan lebih, trotolan murai batu dimasukkan ke sangkar terpisah dan selalu dikerodong. Proses pelatihan makan voer dilanjutkan, sampai benar-benar ngevoer.

Mengenai harga trotolan murai batu produk Arco BF, Om Darlian tak mau menyebut angkanya. Tapi dari beberapa informasi yang diperoleh omkicau.com, harga anakan dari kandang favorit sekitar Rp 10 juta / ekor. Itupun calon pembeli harus indent sekitar 1-2 bulan.

Jika Anda datang sendiri ke penangkarannya, Om Darlian akan menyambutnya dengan senang hati. Tak hanya itu, dia juga siap memberikan pembekalan gratis mengenai perawatan anakan murai batu. Bahkan bagi peternak pemula yang membeli calon indukan dari Arco BF Serang, Om Darlian juga siap memberikan training singkat dan gratis. (d’one)

Breeding murai batu Arco BF Serang

Kontak Om Darlian:  WA 0896-9402-2889 | HP 0813-8459-6495 | 0877-7433-7288

Farm: Jalan Baladika I, Kp Guruguy (belakang masjid) RT 01 / 01, Taktakan, Serang, Banten.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.